Senin, 23 Maret 2020

Materi satuan Ipa kelas 9, Senin 23 Maret 2020 Bacalah materi satuan dibawah ini, setelah itu buatlah 5 soal dan jawabannya tentang materi satuan. Dikerjakan di kertas selembar diberi nama dan kelas Satuan Panjang Satuan panjang menurut SI adalah meter (disingkat m). Satuan ini didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh dalam perjalanan cahaya di ruang hampa ( vakum) selama (1/299.792.458) detik. Standar panjang internasional pertama kali dibuat adalah sebuah batang yang terbuat dari campuran platina iridium yang disebut meter standar. Batang meter tersebut disimpan oleh Organisasi Internasional Timbangan dan Ukuran di Sevres , dekat Paris. Satu meter didefinisikan jarak antara dua goresan pada meter standar yang bersuhu 0° C. Pada tahun 1960 standar satuan panjang diubah lagi. Satu meter didefinisikan sebagai 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom -atom Krypton -86 pada suatu lucutan listrik di ruang hampa. Pada tahun 1983, definisi satu meter diubah lagi. Definisi satu meter yang baru adalah jarak yang ditemapih cahaya dalam ruang hampa selama (1/299.792.458) detik. 2. Satuan Massa Massa menyatakan banyaknya zat yang dikandung oleh sutau benda. Massa benda selalu sama dimanapun benda itu berada. Satuan SI untuk massa benda adalah Kilogram (Kg). Satu kilogram standar adalah massa sebuah silinder platina iridium yang disimpan di Sevres dekat Paris. Dengan meniru kilogram standar, dibuatlah standar sekunder. Stadar sekunder ini kemudian disebarkan ke badan metrologi diberbagai negara. Massa dapat ditentukan dengan menggunakan neraca berlengan sama. 3. Satuan Waktu Standar satuan waktu adalah sekon (detik). Sekon didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan oleh atom Caesium -133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali. Waktu standar ini disebut juga jam atom karena ditentukan dari getaran atom caesium. 4. Satuan Kuat Arus Standar arus listrik adalah ampere (disingkat A). Satu amper didefinisikan sebagai arus tetap, yang dipertahankan untuk tetap mengalir pada dua batang penghantar sejajardengan panjang tak terhingga, dengan luas penampang dapat diabaikan dan terpisah sejauh satu meter dalam ruang hampa, sehingga menghasilkan gaya antara kedua batang penghantar sebesar 2 x 10 ¯³ N/m 5. Satuan Suhu Suhu memiliki satuan internasionalKelvin (disingkat K). Kelvin dijadikan satuan standar karena pada skala o° K molekul suatu zat tidak akan bergetar dan berotasi. Dan setiap kenaikan 1 K berarti suhu mengalami kenaikan 1/273,16 ยบ C. 6. Satuan internasional cahaya Satuan intensitas cahaya adalah candela (Cd) adalah besaran yang menyatakan daya yang dipancarkan suatu sumber cahaya pada arah tertentu per satuan sudut. Pengukuran intensitas cahaya media optika dan fotometri sebesar 1 candela sama dengan intensitas sebuah sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekwensi 540 x 10 pangkat 12 Hz dan memiliki intensitas pancaran 1/683 watt per steradian pada arah tertentu. 7. Satuan Jumlah Zat Jumlah zat memiliki satuan Internasional mol. Istilah mol diperkirakan berasal dari kata bahasa Jerman yaitu molekul.Satu mol didefinisikan sebagai jumlah zat suatu sistem yang mengandung “entitas elementer”( atom, molekul, ion, elektron) sebanyak atom – atom yang berada dalam 12 gram atom karbon -12. sehingga : Satu mol besi mengandung sejumlah atom yang sama banyaknya dengan satu mol emas Satu mol benzena mengandung sejumlah molekul yang sama banyaknya dengan satu mol air Jumlah atom dalam satu mol besi sama dengan jumlah molekul dalam satu mol air.

26 komentar:

  1. Assalamualaikum bu nana
    Saya runi cantika,kelas 9E
    Sudah membaca dan sedang mengerjakan tugas dari bu nana

    BalasHapus
  2. Saya hervina sari 9g sudah baca dan sedang mengerjakan bu

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Bu Saya Fitria Putri Ramadhani 9C sudah membaca dan sedang mengerjakan

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Bu saya Andika Pratama dari kelas 9C sudah membaca dan sedang mengerjakan

    BalasHapus
  5. Saya aprisca amelia 9g sudah baca dan sedang mengerjakan bu

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Bu Saya Raden Leo Three Pawaka Dari Kelas 9C Sudah Membaca Dan Sedang Mengerjakan

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum bu ini fita Apriyanti sudah baca dan sedang mengerjakan

    BalasHapus
  8. Saya Ranti 9g sedang mengerjakan bu

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Ayuwandira9g sdg mmbaca &mengrjkan

    BalasHapus
  11. nanila Zahra arasi 9G sedang mengerjakan

    BalasHapus
  12. RafifFebriyan 9G sudah mengarjakan tugas ini

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum bu saya zahwa natasya hamzah 9c sedang mengerjakan

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh Bu Nana,saya Linggar klas 9c sedang mengerjakan tugas ini

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum Bu Nana saya Vika Ayunda kls 9E sedang mengerjakan

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum bu saya RakaRaditya kls 9c sedang mengerjakan bu

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum bu saya arini 9g sudah baca dn sedang mengerjakan

    BalasHapus
  19. Saya annisa nurul aina lgi ngerjain bu

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum Bu Apryana kls 9g sdh mengerjakan dan sdh ngirim ke wa ibu

    BalasHapus
  21. Saya adellia kls 9c sedang mengerjakan

    BalasHapus
  22. Saya nadya liantina sudah membaca dan sedang mengerjakan tugas dari ibu :)

    BalasHapus
  23. assalamualaikum bu saya fatih kelas 9c sudah membaca dan sudah mengerjakan

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum bu saya yeni 9c sudah membaca dan mengerjakan bu

    BalasHapus