Rabu, 18 Maret 2020

Contoh contoh soal Ipa kelas 9, Rabu 18 Maret 2920 18. Topik: Suhu dan Kalor Sub Topik: Pemuaian zat Indikator: Peserta didik mampu mengidentifikasi perkiraan bentuk keping bimetal setelah dipanaskan berdasarkan koefisien muai panjang Jika terdapat dua jenis logam saling menempel yaitu tembaga dan besi dengan koefisien muai masing-masing adalah 17 x 10-6 /ºC dan 12 x 10-6 /ºC. Maka yang akan terjadi jika keping bimetal tersebut didinginkan adalah…. A. Melengkung ke arah logam tembaga B. Melengkung ke arah logam besi C. Melengkung ke arah logam besi dan tembaga D. Logam tidak berubah setelah dipanaskan Kunci: A Pembahasan: Pilihan yang paling tepat adalah A. Bimetal merupakan dua keping logam yang memiliki koefisien muai panjang yang berbeda dan saling menempel. Jika bimetal dipanaskan maka bimetal akan melengkung ke arah logam yang memiliki koefisien muai lebih kecil. Sebaliknya, jika bimetal didinginkan maka bimetal akan melengkung ke arah logam yang memiliki koefisien muai lebih besar. Koefisien muai tembaga lebih besar dibandingkan dengan besi, jadi ketika didinginkan keping tersebut akan melengkung ke arah logam tembaga. separator 19. Topik: Tekanan Zat Sub Topik: Tekanan Indikator: Peserta didik mampu menghitung besaran fisis terkait konsep tekanan pada zat padat dan tekanan hidrostatis Diketahui gaya yang bekerja pada sebuah balok besar adalah 500 N. Tekanan yang dialami jika luas penampang balok terebut adalah 2 m2 adalah…. A. 2.5 N/ m2 B. 25 N/ m2 C. 250 N/ m2 D. 2500 N/ m2 Kunci: C Pembahasan: Diketahui : F = 500 N, A = 2 m2 Ditanyakan : P? Maka : P = F/A P = 500/2 P = 250 Keterangan: P : Tekanan (N/m2) F: Gaya (N) A : Luas penampang (m2) Jadi pilihan jawaban yang paling tepat adalah C. separator 20. Topik: Sistem Tata surya Sub Topik: Tata surya Indikator: Peserta didik mampu menyebutkan akibat dari rotasi dan revolusi bumi. Perhatikan pernyataan berikut ini! Gerak semu harian matahari Pergantian siang dan malam Terjadinya gerhana bulan Fotoperiode Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan peristiwa yang diakibatkan oleh rotasi dan revolusi bumi adalah…. A. 1 dan 2 B. 1, 2, dan 3 C. 1, 2, dan 4 D. Semua jawaban benar Kunci: C Pembahasan: Pilihan jawaban yang paling tepat adalah C. Berikut ini merupakan beberapa peristiwa yang diakibatkan rotasi dan revolusi bumi di antaranya a) gerak semu harian matahari, b) pergantian siang dan malam, c) perbedaan waktu berbagai tempat di muka bumi, d) perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi, e) fotoperiode.

68 komentar:

  1. Bu saya Aryo Bagaskoro dari 9H sudah baca

    BalasHapus
  2. Bu saya Selvi varadila 9H sudah baca

    BalasHapus
  3. Buk saya tansila 9h sudah membaca:)

    BalasHapus
  4. Saya Fadhilah aksa 9h Alhamdulillah udh baca

    BalasHapus
  5. Saya Rasyad aditya 9H sudah baca bu

    BalasHapus
  6. Saya Fadhilah aksa 9h Alhamdulillah udh baca

    BalasHapus
  7. Saya Fadhilah aksa Alhamdulillah sudah baca

    BalasHapus
  8. Saya m faridz maulana kelas 9H sudah membaca bu

    BalasHapus
  9. Bu saya Rafa Muhammad Rayhan 9h sudah baca

    BalasHapus
  10. Bu saya Zaniar Aurora Berlian dari kelas 9h sudah baca

    BalasHapus
  11. Bu saya sabila balqis kelas 9h sudah baca

    BalasHapus
  12. Bu,saya Amanda kelas 9H sdh membaca

    BalasHapus
  13. Bu saya alifah khoirunisa kelas 9h sudah baca

    BalasHapus
  14. Bu,saya Nadya Afiifah Putri kls 9H sudah baca

    BalasHapus
  15. Bu,saya M.Davin kelas 9h sudah baca

    BalasHapus
  16. Bu, saya AMMAR FAISHAL kelas 9D sudah baca

    BalasHapus
  17. Bu saya saphira nava edrea kelas 9h sudah baca

    BalasHapus
  18. Bu saya rifki adam tastian kelas 9h sudah baca

    BalasHapus
  19. Bu saya devita anjelina alza kls 9H sudah baca bu

    BalasHapus
  20. Saya Ranti 9g sudah baca bu

    BalasHapus
  21. Bu saya sisil 9d Sudah baca

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Bu saya m fadila kelas 9h hadir sudah baca

    BalasHapus
  24. Bu saya natasyah Amanda kls 9h sudah membaca

    BalasHapus
  25. Saya aliya emira putri 9h sdh membaca bu

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Saya adrian maulana kelas 9D sudah baca

    BalasHapus
  28. Saya Tri febrianto kelas 9D sudah baca

    BalasHapus
  29. Saya Rezha khoirunnisa 9f sudah baca buu

    BalasHapus
  30. Saya chitra pinasvita Maharani kelas 9 D sudah baca Bu udah ngerjain tugas nya juga 😀

    BalasHapus
  31. Saya Fakih Ashari 9F sudah baca

    BalasHapus
  32. saya alfito Ilham Firmansyah dari 9 h sudah membaca dan mengerjakan tugas

    BalasHapus
  33. Sya Hainun Putri Kencana kelas 9F sdh baca

    BalasHapus
  34. Sya nabilla zaizafun 9F sedang mengerjakan

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Saya annisa nurul aina 9g lgi ngernain bu

    BalasHapus
  38. Saya putri ersa mmaharani 9g lagi dibaca bu

    BalasHapus
  39. Bu saya hervina sari 9g sudah baca

    BalasHapus
  40. Sya fita apriApriy sudah baca bu

    BalasHapus
  41. Sya Zahra bakdani kls 9D sudah mengerjakan

    BalasHapus
  42. Sya muhammad irfan 9d sudah baca dan ngerjan

    BalasHapus
  43. Saya fezi dari kelas 9g sudah baca

    BalasHapus
  44. Arini m salsabila 9g sudahh bacaa

    BalasHapus
  45. Sya Faisa Ananta Widya 9D sudah baca

    BalasHapus
  46. Saya Gita Arthajunia 9D sudah baca

    BalasHapus
  47. Saya Naya Farikhah 9G sudah baca bu

    BalasHapus
  48. Saya ayu 9D sudah membaca nya bu

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Saya resya sabila 9d sudah mengerjakannya bu

    BalasHapus
  51. Saya dela khoirunisa 9d sdh mengerjakan

    BalasHapus
  52. Saya m.irfan fanani 9h sudah membaca

    BalasHapus
  53. Saya GAGAH ARIFA 9D Sudah membaca

    BalasHapus