Kamis, 22 Agustus 2024

ORGAN DAN SISTEM ORGAN

Mata pelajaran             : IPA

Fase/Kelas                   : D / VIII 

Materi                          :ORGAN DAN SISTEM ORGAN

Pertemuan                    : 7

Guru Pengampu          : SEPTYANA FORI

Waktu Pembelajran     :KAMIS, 22 AGUSTUS 2024


Capaian Pembelajaran :

Peserta didik mampu memahami perbedaan organ dan sistem organ pada manusia


Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat memahami perbedaan organ dan sistem organ pada manusia


Alhamdulilah hari ini, kita bisa bertemu dalam pembelajaran IPA . Semoga dalam proses pembelajaran kita diberikan kemudahan dalam pemahaman amin …

Sebelum memasuki materi hari ini,  tak lupa ibu ingatkan untuk melaksanakan sholat dhuha dan marojaah .

Sel merupaka unit terkecil dalam kehidupan

Bagian-bagian dari sel: vakuola, badan golgi, retikulum endoplasma, dan plastida


Materi Pembelajaran 

Organ dan Sistem Organ

 

Pengertian Organ dan Sistem Organ
 

Perbedaan organ dan sistem organ dapat dilihat dari penyusunnya. Organ terdiri atas kumpulan jaringan sedangkan sistem organ terdiri atas beberapa organ . Organ merupakan kumpulan beberapa jaringan yang memiliki fungsi tertentu. Contohnya yaitu jantung tersusun atas jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan darah.

table jaringan organ dan organ penyusun sistem organ - Brainly.co.id 

Mengenal 21 Sistem Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya 

Organ sendiri merupakan kumpulan jaringan yang mempunyai satu fungsi atau lebih. Berdasarkan sisi letaknya, organ tubuh terbagi menjadi dua, yaitu organ dalam dan organ luar. Organ dalam tubuh terdiri dari jantung, ginjal, lambung dan usus. Sedangkan untuk organ luar tubuh adalah hidung dan kulit.

Dari berbagai jenis organ tubuh manusia tersebut saling bekerja sama dan membentuk suatu sistem organ pada tubuh manusia. Apabila salah satu organ tidak berfungsi dengan baik, maka akan berdampak pada organ tubuh lainnya.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga fungsi sistem organ agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

1. Sistem Indra

 Sistem Indra Manusia | Karedok.Net

Pancaindra atau biasa disebut sistem indra pada manusia yang terdiri dari 5 indra. Pancaindra tersebut terdiri dari mata, telinga, hidung, lidah dan kulit. Semuanya mempunyai fungsi masing – masing. Mata berfungsi untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium bau, lidah untuk mengecap rasa, dan kulit sebagai indra peraba.

Kulit itu sendiri merupakan bagian dari sistem integumen, yaitu sistem yang menutupi organ dalam tubuh. Selain sebagai indra peraba, kulit juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari mikroorganisme dan bahan kimia berbahaya, mengatur suhu tubuh serta menjaga tubuh agar tidak terlalu cepat kehilangan cairan.

2. Sistem Kardiovaskular

 Urutan Sistem Peredaran Darah Besar - Gramedia Literasi

Sistem kardiovaskular atau biasa disebut sistem peredaran darah. Sistem kardiovaskuler terdiri dari jantung (kardio) dan pembuluh darah (vascular). Sistem ini bertanggung jawab dalam memastikan sirkulasi darah agar berjalan dengan lancar, yaitu dengan memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh sehingga sering disebut sistem transportasi.

Darah sendiri sebagai sarana transportasi bagi oksigen, nutrisi, dan zat penting lain seperti hormone untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Selain itu darah yang bertugas untuk membawa zat beracun seperti karbon dioksida agar dapat dikeluarkan dari tubuh. Sistem peredaran darah pada tubuh manusia yaitu jantung dan pembuluh darah.

3. Sistem Pernapasan

 Sistem Pernapasan Manusia: Pengertian, Proses, Organ dan Bagian-bagiannya -  Gramedia Literasi

Salah satu sistem organ yang mempunyai peran vital bagi kelangsungan hidup manusia adalah sistem pernapasan. Sistem ini berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara yang dihirup serta mengeluarkan karbon dioksida sebagai sisa metabolism dari dalam tubuh.

Organ sistem pernapasan sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu organ sistem pernapasan atas dan bawah. Organ sistem pernapasan bagian atas meliputi rongga hidung, sinus, faring dan jaring. Untuk organ sistem pernapasan bagian bawah itu sendiri meliputi trakea, bronkus, diafragma dan paru – paru.

Di sistem pernapasan terjadi respirasi yang merupakan proses pertukaran gas organisme dan lingkungan. Oksigen sebagai kebutuhan utama saat bernafas, selain itu juga dibutuhkan untuk pembakaran atau oksidasi makanan seperti gula atau glukosa. Proses ini membantu menghasilkan energi untuk aktivitas sehari – hari seperti pertumbuhan, menjaga suhu tubuh, pembakaran sel somatic dan kontraksi otot.

4. Sistem Pencernaan

CARTA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA IPA BIOLOGI SMA. | E-Katalog 5.0

Setiap manusia membutuhkan makanan dari tumbuhan dan hewan. Makanan yang masuk ke dalam perut dan dicerna atau dipecah menjadi bagian atau molekul yang lebih kecil dan sederhana. Proses ini akan berlangsung di sistem pencernaan. Makanan diserap oleh saluran pencernaan dan diedarkan ke seluruh tubuh dalam bentuk molekul kecil.

Sistem pencernaan ini memungkinkan tubuh untuk dapat menerima makanan, kemudian diolah menjadi nutrisi serta energi yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Proses metabolisme makanan akan menjadi energy serta nutrisi yang melibatkan sistem pencernaan terdiri dari beberapa organ seperti mulut, kerongkongan, lambung, hati, pancreas, usus, dan anus.

Dalam sistem pencernaan, pulping dibagi menjadi dua yaitu pulping mekanik dan pulping kimia. Pencernaan mekanis sebagai proses mengubah makanan dari kasar menjadi kecil atau halus. Proses ini berlangsung pada gigi di dalam mulut.

Pencernaan kimiawi merupakan proses yang menggunakan enzim untuk mengubah makanan dari zat kompleks menjadi zat yang lebih sederhana yaitu terjadi di mulut, lambung dan usus. Enzim ini mengandung zat kimia yang diproduksi tubuh untuk mendorong reaksi kimia makanan di dalam tubuh.

tubuh.

Organ tubuh manusia

Sumber: Kompas.com

Organ – organ tubuh manusia yang terlibat dalam sistem pencernaan sebagai berikut.

a. Mulut

Proses pencernaan makanan dimulai di mana makanan masuk ke mulut dan rongga mulut di mulai di saluran pencernaan. Pencemaran mekanis dan kimiawi terjadi di mulut. Organ yang bekerja di dalam mulut seperti lidah, gigi serta kelenjar ludah. Yang berperan dalam pencernaan mekanik makanan dengan mengunyah yaitu lidah dan gigi.

b. Kerongkongan

Makanan yang dicerna di mulut akan dikirim ke kerongkongan. Kerongkongan mempunyai bentuk seperti selang ataupun tabung air dengan panjang sekitar 2530 cm. hal ini dimulai dari dada, di belakang leher, belakang faring serta di belakang jantung dan akan berakhir di perut melalui septum rongga tubuh di depan tulang belakang.

c, Lambung

Lambung sebagai saluran pencernaan yang mengembang seperti kantung, terletak di bagian atas rongga perut kiri dan sebagian ditutupi oleh hati dan limpa. Bentuk lambung seperti huruf J.

d. Hati

Hati mempunyai letak di bawah septum rongga tubuh dan mengisi sebagian besar bagian atas rongga perut kanan. Hati sendiri menghasilkan empedu dan terkumpul di kantong empedu.

e. Pankreas

Pankreas terletak di dinding posterior abdomen dan sisi kiri limpa. Ujungnya ada di loop duodenum. Saluran pankreas ini mengarah ke duodenum bersama dengan saluran empedu.

f. Usus Halus

Usus halus merupakan tabung berbentuk dengan memiliki diameter sekitar 2,5 cm. Saat diregangkan, usus halus dapat mencapai panjang sekitar 6 meter.

g. Usus Besar

Usus halus dapat menyerap zat makanan. Zat yang tidak dapat diserap di dorong ke dalam usus besar.

h. Anus

Bagian bawah dari sumbu usus akhirnya mengarah ke saluran anus yang kemudian mengeluarkan feses.

7. Sistem Saraf  

 Fungsi Dendrit dan Akson pada Sistem Saraf, Kenali Perbedaannya - Hot  Liputan6.com

Sistem saraf terdiri dari semua sel saraf di tubuh, baik saraf sensorik maupun saraf motorik. Sistem saraf ini memungkinkan manusia untuk merasakan, memahami serta memberi respons terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, sistem saraf juga mempunyai peran dalam tubuh untuk bergerak bersama dengan sistem muskuloskeletal.

 

EVALUASI

Setelah kalian membaca materi diatas silahkan menjawab pertanyaan dibawah ini 

- Jelaskan tentang Organ dan sebutkan macam-macam Organ

Dikerjakan dibuku latihan dan dikumpulkan


KESIMPULAN

- Organ terdiri atas kumpulan jaringan sedangkan sistem organ terdiri atas beberapa organ

- Organ merupakan kumpulan beberapa jaringan yang memiliki fungsi tertentu. Contohnya yaitu jantung tersusun atas jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan darah.

- Pancaindra tersebut terdiri dari mata, telinga, hidung, lidah dan kulit.

- Salah satu sistem organ yang mempunyai peran vital bagi kelangsungan hidup manusia adalah sistem pernapasan. Sistem ini berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara yang dihirup serta mengeluarkan karbon dioksida sebagai sisa metabolism dari dalam tubuh.

 

REFERENSI 

-https://www.gramedia.com/literasi/organ-tubuh-manusia/ 

-https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_indra 

-https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/modul-ajar-2023

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar