Selasa, 16 Maret 2021


IPA KELAS 9, SELASA 16 MARET 2021

 

KISI-KISI LATIHAN UJIAN SEKOLAH (LUS) TAHUN 2021

JENIS SEKOLAH                 : SMP/Mts

JUMLAH SOAL                   : 40

BENTUK SOAL                    : PG

PENYUSUN                         : TIM MGMP IPA

ALOKASI WAKTU             

 

No

Materi Klas

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator  Soal

Level

No.

soal

 

1

 

2

4

5

6

7

 

1.

7

3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku)

Pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan

Diberikan gambar alat ukur massa, siswa dapat menentukan hasil pengukuran yang diminta

L2

1.        

 

2.

3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan  karakteristik yang diamati

Klasifikasi dikotom dan kunci determinasi

Siswa dapat menentukan kunci determinasi dari data yang disajikan

L2

2.        

 

3.

3.4Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan

Suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor dan penerapannya

Diberikan data tentang pencampuran air yang berbeda suhu, siswa dapat menentukan suhu campuran

L3

3.        


Diberikan fenomena perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menyebutkan contoh perpindahan kalor

L1

4.        


4.

3.6Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupanmulaidaritingkat sel sampaiorganisme dankomposisi utamapenyusunsel

Sel sebagai Unit Struktural dan fungsional kehidupan

Disajikan gambar sel  hewan dan tumbuhan siswa dapat menyebutkan fungsi dari organela yang di tunjuk

L1

5.        

 

5.

3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut

Bentuk-bentuk saling ketergantungan

Disajikan gambar Jaring-jaring makanan  siswa dapat menjelaskan dengan benar akibat perburuan pada salah satu populasi.

L1

6.        

 

6.

3.8Menganalisisterjadinya pencemaran lingkungandandampaknya bagi ekosistem

Pencemaran lingkungan

Siswa dapat memberi  saran yang paling tepat terhadap kasus yang disajikan.

L3

7.        

 

7.

3.9  Menganalisis  perubahan  iklim  dan dampaknya bagi ekosistem

 

 

 

 

 

8.

3.11 Menganalisissistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

sistem tata surya, rotasi danrevolusibumi, rotasidanrevolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

Diberikan contoh fenomena alam, siswa dapat menganalisis akibat revolusi bumi

L2

8.        

 

1.        

8

3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak

Sistem gerak manusia

 

Disajkan gambar persendian siswa dapat menentukan arah gerakan sendi tersebut

L2

9.        

 

2.        

3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup

gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda

Disajikan data gerak sebuah kendaraan, siswa dapat mengalisis grafik gerak yang diminta

L3

10.    


Disajikan pernyataanberkaitan dengan  hukum Newton ke 2, siswa dapat menganalisis hubungan antara percepatan, massa dan gaya

L3

11.    


3.        

3.3 Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia

3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia

 

tekanan pada zat

Disajikan gambar tuas, siswa dapat menentukan langkah yang diminta agar ruas tetap setimbang

L3

12.    


Disajikan gambar tentang tekanan yang terjadi pada ikan dalam sebuah bejana, siswa dapat menentukan perbandingan tekanan yang terjadi

L2

13.    


4.        

3.4 Mendeskripsikan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan

Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

 

Disajikan gambar penampang melintang suatu organ tumbuhan siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan yang ditunjuk

L1

14.    

 

5.        

3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan

Struktur dan fungsi  sistem pencernaan makanan pada manusia

Disajikan gambar organ pencernaan siswa dapat menunjukkan gangguan pada salah satu organ dengan tepat sesuai kasus yang diuraikan 

L2

15.    

 

6.        

3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan

 

 

 

 

 

7.        

3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah

Peredaran darah pada manusia

disajikan gambar sistem peredaran darah, Siswa dapat menjelaskan urutan peredaran darah yang diminta dengan benar

L2

16.    

 

8.        

3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Disajikan data tekanan yang terjadi pada zat, siswa dapat menentukan factor yang menentukan besar kecilnya tekanan yang terjadi

L1

17.    

 

9.        

3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan

Gangguan pada sistem pernafasan manusia

Disajikan data ciri-ciri suatu penyakit  siswa dapat menyimpulkan  jenis penyakit  pernafasan dengan benar berdasarkan ciri-ciri tersebut.

L1

18.    

 

10.    

3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi

Struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia

Disajikan gambar organ ekskresi siswa dapat menjelaskan fungsi  dari bagian yang ditunjuk

L1

19.    

 

11.    

3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan

konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

12.    

3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya

sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya

Diberikan contoh cermin cekung, siswa dapat menyebutkan sifat bayangan yang dibentuk

L1

20.    

 

1.        

 

 

 

9

3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi

Organ reproduksi manusia

 

 

Disajikan gambar organ reprodusi siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk

L1

 

 

21.    


Spermatogenesis

 

 

 

 

 

Siswa dapat menentukan tahapan pembelahan sel pada tahapan  proses pembentukan sperma

 

 

L1

 

 

 

22.    


Penyakit pada sistem Reproduksi

 

Siswa dapat menyimpulkan jenis penyakit reproduksi dari data yang disajikan

 

L2

23.    


2.        

3.2 Menganalisis penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan

 

 

 

 

 

3.        

3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Materi Genetik

 

 

Siswa dapat menentukan gamet yang terbentuk dari data table yang diberikan

 

L2

 

 

24.    


 

Persilangan Monohibrid

 

 

 

 

Diberikan data tentang gamet, siswa dapat menentukan jumlah gamet yang terbentuk dengan benar

 

 

L2

 

 

 

25.    


 

Pewarisan Sifat 

dalam pemuliaan tanaman

 

 

Ditunjukkan bagan persilangan dihibrid siswa dapat menentukan genotip F1 sebagai bibit unggul dengan benar.

 

 

 

L2

26.    


4.        

3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari.

konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari melalui generator vande graff.

Diberikan gambar fenomena anak tentang peristiwa listrik statis, siswa dapat menentuka proses yang terbentuk pada peristiwa tersebut dengan benar

L2

27.    


Diberikan peristiwa perpindahan elektron siswa dapat menyimpulkan pernyataan yang benar

L2

28.    


5.        

3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif.

rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif

Diberikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan besaran yang diminta dengan benar

L2

29.    


Diberikan contoh perubahan energi pada suatu benda yang sedang digunakan dalam praktikum, siswa dapat menentukan urutan perubahan energi.

L3

30.    



6.        

3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari.

kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari.

Diberikan gambar cara membuat magnet , siswa dapat menentukan jenis kutub magnet dengan benar

L2

31.    

 

 

 

 

Disajikan gambar sebuah transformator siswa dapat menentukan besaran yang diminta dengan benar

L3

32.    

 

7.        

3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia

Bioteknologi pangan 

 

 

 

 

Siswa dapat menentukan dengan benar penerapan bioteknologi untuk meningkatkan produksi pangan dari pernyataan yang disampaikan.

 

L2

 

 

 

 

33.    


Bioteknologi Kesehatan

 

 

 

 

Siswa dapat menentukan  salah  satu manfaat produk bioteknologi bagi kesehatan dari pernyataan yang disampaikan.

L2

 

34.    


Diberikan beberapa peralatan listrik, siswa dapat menentukan jenis alat listrik yang memanfaatkan elektromagnet

Diberikan beberapa contoh alat-alat produk teknologi, siswa dapat menentukan alat yang memanfaatkan induksi elektromagnetik

L1

35.    


8.        

3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion, molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan seharihari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia

konsep partikel materi (atom, ion, molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan seharihari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia

Disajikan data tentang bahan bahan yang menyusun suatu benda, siswa dapat menentukan jenis golongan bahan tersebut dengan benar

L2

36.    


Disajikan lambang suatu unsur, Siswa dapat menghitung jumlah electron dengan benar

L2

37.    


38.    

3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan

sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan.

Diberikan sifat fisika dan kimia, siswa dapat menentukan sifat fisika  suatu zat.

L1

38.    


 

 

Peran tanah bagi kehidupan

 

Siswa dapat menentukan peran tanah dengan benar dari pernyataan yang disediakan

L2

39.    


39.    

3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan

proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan

Siswa dapat menyebutkan salah satu istilah untuk energi alternatif dari pernyataan yg disampaikan.

L1

40.    

 

 

Karakteristik Soal Pada Level Kognitif

L1 = Pengetahuan dan Pemahaman (C1, C2)

L2 = Aplikasi (C3)

L3 = Penalaran (C4, C5, C6)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar