IPA KELAS 9, KAMIS 18 MARET 2021
KISI-KISI LATIHAN UJIAN SEKOLAH (LUS) TAHUN 2021
JENIS SEKOLAH : SMP/Mts
JUMLAH SOAL : 40
BENTUK SOAL : PG
PENYUSUN : TIM MGMP IPA
ALOKASI WAKTU
No |
Materi Klas |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Level |
No. soal |
|
1 |
|
2 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
1. |
7 |
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku) |
Pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan |
Diberikan gambar alat ukur massa, siswa dapat menentukan hasil pengukuran yang diminta |
L2 |
1. |
|
2. |
3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati |
Klasifikasi dikotom dan kunci determinasi |
Siswa dapat menentukan kunci determinasi dari data yang disajikan |
L2 |
2. |
|
|
3. |
3.4Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan |
Suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor dan penerapannya |
Diberikan data tentang pencampuran air yang berbeda suhu, siswa dapat menentukan suhu campuran |
L3 |
3. |
||
Diberikan fenomena perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menyebutkan contoh perpindahan kalor |
L1 |
4. |
|||||
4. |
3.6Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupanmulaidaritingkat sel sampaiorganisme dankomposisi utamapenyusunsel |
Sel sebagai Unit Struktural dan fungsional kehidupan |
Disajikan gambar sel hewan dan tumbuhan siswa dapat menyebutkan fungsi dari organela yang di tunjuk |
L1 |
5. |
|
|
5. |
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut |
Bentuk-bentuk saling ketergantungan |
Disajikan gambar Jaring-jaring makanan siswa dapat menjelaskan dengan benar akibat perburuan pada salah satu populasi. |
L1 |
6. |
|
|
6. |
3.8Menganalisisterjadinya pencemaran lingkungandandampaknya bagi ekosistem |
Pencemaran lingkungan |
Siswa dapat memberi saran yang paling tepat terhadap kasus yang disajikan. |
L3 |
7. |
|
|
7. |
3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem |
|
|
|
|
|
|
8. |
3.11 Menganalisissistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi |
sistem tata surya, rotasi danrevolusibumi, rotasidanrevolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi |
Diberikan contoh fenomena alam, siswa dapat menganalisis akibat revolusi bumi |
L2 |
8. |
|
|
1. |
8 |
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak |
Sistem gerak manusia
|
Disajkan gambar persendian siswa dapat menentukan arah gerakan sendi tersebut |
L2 |
9. |
|
2. |
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup |
gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda |
Disajikan data gerak sebuah kendaraan, siswa dapat mengalisis grafik gerak yang diminta |
L3 |
10. |
||
Disajikan pernyataanberkaitan dengan hukum Newton ke 2, siswa dapat menganalisis hubungan antara percepatan, massa dan gaya |
L3 |
11. |
|||||
3. |
3.3 Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia 3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
tekanan pada zat |
Disajikan gambar tuas, siswa dapat menentukan langkah yang diminta agar ruas tetap setimbang |
L3 |
12. |
||
Disajikan gambar tentang tekanan yang terjadi pada ikan dalam sebuah bejana, siswa dapat menentukan perbandingan tekanan yang terjadi |
L2 |
13. |
|||||
4. |
3.4 Mendeskripsikan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan |
Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Disajikan gambar penampang melintang suatu organ tumbuhan siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan yang ditunjuk |
L1 |
14. |
|
|
5. |
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan |
Struktur dan fungsi sistem pencernaan makanan pada manusia |
Disajikan gambar organ pencernaan siswa dapat menunjukkan gangguan pada salah satu organ dengan tepat sesuai kasus yang diuraikan |
L2 |
15. |
|
|
6. |
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan |
|
|
|
|
|
|
7. |
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah |
Peredaran darah pada manusia |
disajikan gambar sistem peredaran darah, Siswa dapat menjelaskan urutan peredaran darah yang diminta dengan benar |
L2 |
16. |
|
|
8. |
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
|
Disajikan data tekanan yang terjadi pada zat, siswa dapat menentukan factor yang menentukan besar kecilnya tekanan yang terjadi |
L1 |
17. |
|
|
9. |
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan |
Gangguan pada sistem pernafasan manusia |
Disajikan data ciri-ciri suatu penyakit siswa dapat menyimpulkan jenis penyakit pernafasan dengan benar berdasarkan ciri-ciri tersebut. |
L1 |
18. |
|
|
10. |
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi |
Struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia |
Disajikan gambar organ ekskresi siswa dapat menjelaskan fungsi dari bagian yang ditunjuk |
L1 |
19. |
|
|
11. |
3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan |
konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
|
|
12. |
3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya |
sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya |
Diberikan contoh cermin cekung, siswa dapat menyebutkan sifat bayangan yang dibentuk |
L1 |
20. |
|
|
1. |
9 |
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi |
Organ reproduksi manusia
|
Disajikan gambar organ reprodusi siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk |
L1
|
21. |
|
Spermatogenesis
|
Siswa dapat menentukan tahapan pembelahan sel pada tahapan proses pembentukan sperma
|
L1
|
22. |
||||
Penyakit pada sistem Reproduksi |
Siswa dapat menyimpulkan jenis penyakit reproduksi dari data yang disajikan |
L2 |
23. |
||||
2. |
3.2 Menganalisis penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan |
|
|
|
|
|
|
3. |
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup |
Materi Genetik
|
Siswa dapat menentukan gamet yang terbentuk dari data table yang diberikan
|
L2
|
24. |
||
Persilangan Monohibrid
|
Diberikan data tentang gamet, siswa dapat menentukan jumlah gamet yang terbentuk dengan benar
|
L2
|
25. |
||||
Pewarisan Sifat dalam pemuliaan tanaman
|
Ditunjukkan bagan persilangan dihibrid siswa dapat menentukan genotip F1 sebagai bibit unggul dengan benar.
|
L2 |
26. |
||||
4. |
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari. |
konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari melalui generator vande graff. |
Diberikan gambar fenomena anak tentang peristiwa listrik statis, siswa dapat menentuka proses yang terbentuk pada peristiwa tersebut dengan benar |
L2 |
27. |
||
Diberikan peristiwa perpindahan elektron siswa dapat menyimpulkan pernyataan yang benar |
L2 |
28. |
|||||
5. |
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif. |
rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif |
Diberikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan besaran yang diminta dengan benar |
L2 |
29. |
||
Diberikan contoh perubahan energi pada suatu benda yang sedang digunakan dalam praktikum, siswa dapat menentukan urutan perubahan energi. |
L3 |
30. |
|||||
6. |
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari. |
kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari. |
Diberikan gambar cara membuat magnet , siswa dapat menentukan jenis kutub magnet dengan benar |
L2 |
31. |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar sebuah transformator siswa dapat menentukan besaran yang diminta dengan benar |
L3 |
32. |
|
|
7. |
3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia |
Bioteknologi pangan
|
Siswa dapat menentukan dengan benar penerapan bioteknologi untuk meningkatkan produksi pangan dari pernyataan yang disampaikan.
|
L2
|
33. |
||
Bioteknologi Kesehatan
|
Siswa dapat menentukan salah satu manfaat produk bioteknologi bagi kesehatan dari pernyataan yang disampaikan. |
L2
|
34. |
||||
Diberikan beberapa peralatan listrik, siswa dapat menentukan jenis alat listrik yang memanfaatkan elektromagnet |
Diberikan beberapa contoh alat-alat produk teknologi, siswa dapat menentukan alat yang memanfaatkan induksi elektromagnetik |
L1 |
35. |
||||
8. |
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion, molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan seharihari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia |
konsep partikel materi (atom, ion, molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan seharihari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia |
Disajikan data tentang bahan bahan yang menyusun suatu benda, siswa dapat menentukan jenis golongan bahan tersebut dengan benar |
L2 |
36. |
||
Disajikan lambang suatu unsur, Siswa dapat menghitung jumlah electron dengan benar |
L2 |
37. |
|||||
38. |
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan |
sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan. |
Diberikan sifat fisika dan kimia, siswa dapat menentukan sifat fisika suatu zat. |
L1 |
38. |
||
Peran tanah bagi kehidupan |
Siswa dapat menentukan peran tanah dengan benar dari pernyataan yang disediakan |
L2 |
39. |
||||
39. |
3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan |
proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan |
Siswa dapat menyebutkan salah satu istilah untuk energi alternatif dari pernyataan yg disampaikan. |
L1 |
40. |
|
Karakteristik Soal Pada Level Kognitif
L1 = Pengetahuan dan Pemahaman (C1, C2)
L2 = Aplikasi (C3)
L3 = Penalaran (C4, C5, C6)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar