Nama Guru Mapel : Septyana Fori
Pelajaran : IPA
Kelas
: 9
Jam : 07.00 - 14.00
IPA KELAS 9, Kamis 17 Maret 2022
Assalamualaikum wr wb
Anak-anak ibu yang sholeh dan
sholeha apa kabarnya......baik ya, sudah mengerjakan sholat dhuha dan murojoah
pagi ini...... Alhamdullilah. Baiklah anak-anak pertemuan kali ini ibu akan
menberikan materi tentang Kisi-Kisi LUS-US silahkan kalian baca, tetap semangat dan jaga kesehatan terima kasih.
KISI-KISI SOAL LUS-US 2021-2022
Sekolah : SMP
Jumlah Soal : 40 Butir
Mata Pelajaran : IPA
Bentuk Soal/ tes : Pilihan Ganda
Alokasi Waktu : 2 Jam
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1 |
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku). |
Menentukan besaran Fisika dan satuan yang sesuai |
Besaran dan Satuan |
Disajikan tabel besaran dan satuan, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat |
C1 |
PG |
1 |
2 |
3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati. |
Mengidentifikasi hewan anggota mamalia |
Klasifikasi Makhluk Hidup |
Disajikan data jenis-jenis hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan anggota kelas mamalia |
C1 |
PG |
2 |
3 |
3.3 Menjelaskan konsep campuran, zat dan contoh perubahannya dalam kehidupan sehari - hari. |
Menganalisis jenis perubahan wujud zat |
Klasifikasi materi dan perubahannya |
Disajikan diagram perubahan wujud zat, peserta didik dapat menganalisis jenis perubahan wujud zat |
C4 |
PG |
3 |
4 |
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan. |
Menganalisis Konsep suhu, pemuaian, kalor dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Suhu dan Pemuaian |
Disajikan nilai skala suhu celcius, peserta didik dapat mengkorvesi ke skala yang lain (R, F atau Kelvin) |
C3 |
PG |
4 |
5 |
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel. |
Menjelaskan fungsi organ tumbuhan |
Sistem Organisasi Kehidupan |
Disajikan gambar penampang akar tumbuhan, peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagaian yang ditunjukkan |
C2 |
PG |
5 |
6 |
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut. |
Memprediksi akibat punahnya komponen penyusun ekosistem |
Interaksi antar makhluk hidup |
Disajikan diagram jarring-jaring makanan, peserta didik dapat memprediksi akibat yang akan muncul dari punahnya salah satu komponen penyusun ekosistem |
C3 |
PG |
6 |
7 |
3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem. |
Mengkatagorikan jenis gas rumah yang dihasilkan dari aerosol |
Perubahan Iklim |
Disajikan gambar aerosol, peserta didik dapat mengkatagorikan jenis gas rumah kaca yang dihasilkan |
C2 |
PG |
7 |
8 |
3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi |
Menjelaskan terjadinya pasang purnama |
Tata Surya |
Disajikan gambar posisi bulan saat mengelilingi bumi, peserta didik dapat menjelaskan terjadinya pasang purnama |
C2 |
PG |
8 |
9 |
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak. |
Mengidentifikasi jenis tulang anggota gerak |
Gerak pada Makhluk Hidup |
Disajikan data jenis-jenis tulang, peserta didik dapat mengidentifikasi tulang penyusun anggota gerak |
C3 |
PG |
9 |
10 |
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup. |
Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup. |
Gerak |
Menentukan percepatan pada benda jika massa benda ditambah/dikurangi dengan nilai tertentu |
C2 |
PG |
10 |
11 |
3.3 Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia. |
Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Pesawat Sederhana |
Disajikan gambar tuas, peserta didik dapat menghitung besarnya keuntungan mekanik pada tuas |
C3 |
PG |
11 |
12 |
3.4 Mendeskripsikan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan. |
Mengaitkan jenis teknologi dengan jaringan dan organ pada tumbuhan |
Struktur Tumbuhan |
Disajikan gambar organ tumbuhan, peserta didik dapat mengaitkan jenis teknologi yang terinspirasi dari jaringan dan organ pada tumbuhan |
C5 |
PG |
12 |
13 |
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan. |
Memerinci jenis dan letak enzim serta fungsinya |
System Pencernaan Makanan |
Disajikan tabel enzim dan peranannya, peserta didik dapat memerinci jenis dan letak enzim |
C5 |
PG |
13 |
14 |
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan. |
Mengidentifikasi jenis bahan tambahan makanan |
Zat Aditif dalam Makanan |
Disajikan data berbagai bahan tambahan makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis bahan tambahan makanan |
C1 |
PG |
14 |
15 |
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah. |
15. Menentukan prosentase kenaikan detak jantung 16. Mengurutkan peredaran darah besar dan kecil |
System Peredaran Darah Manusia |
15. Disajikan tabel hubungan antara aktivitas dengan jumlah detak jantung, peserta didik dapat menghitung besarnya prosentase kenaikan detak jantung 16. Disajikan gambar skema jantung dan pembuluh darah, peserta didik dapat mengurutkan peredaran darah besar dan kecil |
C3 C3
|
PG |
15 16 |
16 |
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari - hari. |
Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari - hari. |
Tekanan |
Menghitung besarnya tekanan dengan rumus P |
C3 |
PG |
17 |
17 |
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan. |
Mengaitkan hubungan antara data gejala penyakit dan cara penanggulangganya |
System Pernafasan Manusia |
Disajikan data gejala penyakit dan cara penaggulangannya, peserta didik dapat mengaitkannya |
C4 |
PG |
18 |
18 |
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi. |
Menentukan jenis penyakit pada system ekskresi manusia |
Sistem Ekskresi |
Disajikan wacana gejala sakit pada seseorang , peserta didik dapat menentukan jenis penyakit yang diderita |
C3 |
PG |
19 |
19 |
3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari - hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan. |
Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari - hari |
Getaran, gelombang dan Bunyi |
Disajikan gambar gelombang longitudinal, peserta didik dapat menentukan banyaknya gelombang dengan tepat |
C1 |
PG |
20 |
20 |
3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya. |
Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya. |
Cahaya |
Menentukan jarak bayangan dan sifat bayangan, jika benda diletakkan di depan cermin cekung |
C3 |
PG |
21 |
21 |
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi. |
22. Mengidentifikasi fungsi organ reproduksi wanita 23. Menganalisis jenis penyakit berdasarkan gejala yang dimunculkan |
System Reproduksi Manusia |
22. Disajikan gambar organ reproduksi wanita, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi organ yang di tunjukkan 23. Disajikan data gejala-gejala pada penyakit menular seksual, peserta didik dapat menganalisis jenis penyakitnya |
C1 C4 |
PG |
22 23 |
22 |
3.2 Menganalisis penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan. |
Mengidentifikasi proses metamorphosis pada serangga |
Teknologi Reproduksi tumbuhan dan hewan |
Disajikan gambar siklus hidup serangga, peserta didik dapat mengidentifikasi proses metamorfosis |
C1 |
PG |
24 |
23 |
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup |
25 Menentukan jenis genotif suatu tanaman 26. Menghitung jumlah organisme dengan genotif tertentu |
Pewarisan Sifat |
25. Disajikan bagan persilangan tanaman, peserta didik dapat menentukan jenis genotif tanaman 26. Disajikan data persilangan tumbuhan, peserta didik dapat menghitung jumlah organisme dengan genotif tertentu
|
C3 C3 |
PG |
25 26 |
24 |
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari. |
27. Menjelaskan konsep listrik statis 28. Menentukan jenis muatan listrIk dari induksi 29. Menghitung besarnya gaya tarik-menarik/tolak-menolak menggunakan hukum coulumb |
Listrik Statis |
27. Disajikan gambar dua benda bermuatan listrik, peserta didik dapat menentukan arah aliran elektron 28. 28. Diberikan gambar induksi listrik, peserta didik dapat menentukan jenis muatan hasil induksi 29. Diberikan data nilai muatan dan jaraknya, peserta didik dapat menghitung besarnya gaya tarik/gaya tolak (Coulomb) |
C2
C3
C3 |
PG |
27
28
29 |
25 |
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari - hari termasuk sumber energi listrik alternatif. |
30. Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik, 31. Menentukan besarnya energi dan daya listrik, 32. Menganalisis jenis lampu hemat energi
|
Rangkaian Listrik
Energi dan Daya Listrik
Energi dan Daya Listrik |
30. Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta didik dapat menentukan besarnya hambatan pengganti 31. Disajikan datan pemakaian alat-alat listrik, peserta didik dapat menentukan besarnya biaya rekening listrik pada rumah sederhana 32. Disajikan data jenis lampu, peserta didik dapat menganalisis jenis lampu, yang hemat energi |
C3
C3
C3 |
PG |
30
31
32 |
26 |
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari - hari |
33. Menentukan kutub-kutub magnet 34. Menjelaskan hal yang menyebabkan jarum galvanometer menyimpang 35. Menentukan besarnya variable tertentu pada transformator |
Kemagnetan
Induksi Elektromagnet
Transformator
|
33. Disajikan gambar cara membuat magnet, peserta didik dapat menentukan kutubnya 34. disajikan gambar galvanometer, peserta didik dapat menjelaskan mengapa jarum galvanometer dapat menyimpang 35. Diberikan data variabel transformator, peserta didik dapat menghitung besarnya kuat arus sekunder |
C3
C2
C3 |
PG |
33
34
35 |
27 |
3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia. |
Menentukan pasangan antara produk bioteknologi dengan mikroorganisme yang sesuai |
Bioteknologi |
Disajikan data produk bioteknologi dan mikroorganisme yang berperan, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat |
C3 |
PG |
36 |
28 |
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion, molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan seharihari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia |
Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion, molekul),
|
Partikel Zat |
Peserta didik dapat menjelaskan konsep ion |
C1 |
PG |
37 |
29 |
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan. |
Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah |
Sifat Fisika dan Kimia Tanah |
Peserta didik dapat menentukan sifat fisika suatu zat |
C2 |
PG |
38 |
30 |
3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan. |
Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan. |
Produk teknologi |
Diberikan wacana terkait energy alternative, peserta didik dapat menemukan peran tokoh dalam wacana tersebut |
C2 |
PG |
39 |
31 |
3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis |
Menyimpulkan hasil percobaan fotosintesis |
Perubahan bentuk energi |
Disajikan diagram percobaan fotosintesis, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan |
C4 |
PG |
40 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar