Kamis, 17 Maret 2022

Nama Guru Mapel   :  Septyana Fori

Pelajaran                  :  IPA

Kelas                        :  9

Jam                          :   07.00 - 14.00                                 

                                 

IPA KELAS 9, Kamis 17 Maret 2022

 

Assalamualaikum wr wb

Anak-anak ibu yang sholeh dan sholeha apa kabarnya......baik ya, sudah mengerjakan sholat dhuha dan murojoah pagi ini...... Alhamdullilah. Baiklah anak-anak pertemuan kali ini ibu akan menberikan materi tentang Kisi-Kisi LUS-US silahkan kalian baca, tetap semangat dan jaga kesehatan terima kasih.

 

KISI-KISI SOAL LUS-US 2021-2022

 

    Sekolah                   : SMP

    Jumlah Soal             : 40 Butir

    Mata Pelajaran        : IPA

    Bentuk Soal/ tes      : Pilihan Ganda

   Alokasi Waktu         : 2 Jam

 

Kisi-Kisi Penulisan Soal

No

Kompetensi Dasar

IPK

Materi Pokok

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

7

8

1         

3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku).

Menentukan besaran Fisika dan satuan yang sesuai

Besaran dan Satuan

Disajikan tabel besaran dan satuan, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat

C1

PG

1

2         

3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati.

Mengidentifikasi hewan anggota mamalia

Klasifikasi Makhluk Hidup

Disajikan data jenis-jenis hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan anggota kelas mamalia

C1

PG

2

3         

3.3 Menjelaskan konsep campuran, zat dan contoh perubahannya dalam kehidupan sehari - hari.

Menganalisis jenis perubahan wujud zat

Klasifikasi materi dan perubahannya

Disajikan diagram perubahan wujud zat, peserta didik dapat menganalisis jenis perubahan wujud zat

C4

PG

3

4         

3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.

Menganalisis Konsep suhu, pemuaian, kalor dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 Suhu dan Pemuaian

Disajikan nilai skala suhu celcius, peserta didik dapat mengkorvesi ke skala yang lain (R, F atau Kelvin)

C3

PG

4

5         

3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel.

Menjelaskan fungsi organ tumbuhan

Sistem Organisasi Kehidupan

Disajikan gambar penampang akar tumbuhan, peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagaian yang ditunjukkan

C2

PG

5

6         

3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.

Memprediksi akibat punahnya komponen penyusun ekosistem

Interaksi antar makhluk hidup

Disajikan diagram jarring-jaring makanan, peserta didik dapat memprediksi akibat yang akan muncul dari punahnya salah satu komponen penyusun ekosistem

C3

PG

6

7         

3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem.

Mengkatagorikan jenis gas rumah yang dihasilkan dari aerosol

Perubahan Iklim

Disajikan gambar aerosol, peserta didik dapat mengkatagorikan jenis gas rumah kaca yang dihasilkan

C2

PG

7

8         

3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

Menjelaskan terjadinya pasang purnama

Tata Surya

Disajikan gambar posisi bulan saat mengelilingi bumi, peserta didik dapat menjelaskan terjadinya pasang purnama

C2

PG

8

9         

3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak.

Mengidentifikasi jenis tulang anggota gerak

Gerak pada Makhluk Hidup

Disajikan data jenis-jenis tulang, peserta didik dapat mengidentifikasi tulang penyusun anggota gerak

C3

PG

9

10     

3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup.

Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup.

Gerak

Menentukan percepatan pada benda jika massa benda ditambah/dikurangi dengan nilai tertentu

C2

PG

10

11     

3.3 Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia.

Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Pesawat Sederhana

Disajikan gambar tuas, peserta didik dapat menghitung besarnya keuntungan mekanik pada tuas

C3

PG

11

12     

3.4 Mendeskripsikan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan.

Mengaitkan jenis teknologi dengan jaringan dan organ pada tumbuhan

Struktur Tumbuhan

Disajikan gambar organ tumbuhan, peserta didik dapat mengaitkan jenis teknologi yang terinspirasi dari jaringan dan organ pada tumbuhan

C5

PG

12

13     

3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Memerinci jenis dan letak enzim serta fungsinya

System Pencernaan Makanan

Disajikan tabel enzim dan peranannya, peserta didik dapat memerinci jenis dan letak enzim

C5

PG

13

14     

3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan.

Mengidentifikasi jenis bahan tambahan makanan

Zat Aditif dalam Makanan

Disajikan data berbagai bahan tambahan makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis bahan tambahan makanan

C1

PG

14

15     

3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah.

15. Menentukan prosentase kenaikan detak jantung

 16. Mengurutkan peredaran darah besar dan kecil

System Peredaran Darah Manusia

15. Disajikan tabel hubungan antara aktivitas dengan jumlah detak jantung, peserta didik dapat menghitung besarnya prosentase kenaikan detak jantung

16. Disajikan gambar skema jantung dan pembuluh darah, peserta didik dapat mengurutkan peredaran darah besar dan kecil

C3

C3

 

PG

15

16

16     

3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari - hari.

Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari - hari.

Tekanan

Menghitung besarnya tekanan dengan rumus P

C3

PG

17

17     

3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan.

Mengaitkan hubungan antara data gejala penyakit dan cara penanggulangganya

System Pernafasan Manusia

Disajikan data gejala penyakit dan cara penaggulangannya, peserta didik dapat mengaitkannya

C4

PG

18

18     

3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi.

Menentukan jenis penyakit pada system ekskresi manusia

Sistem Ekskresi

Disajikan wacana gejala sakit pada seseorang , peserta didik dapat menentukan jenis penyakit yang diderita

C3

PG

19

19     

3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari - hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan.

Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari - hari

Getaran, gelombang dan Bunyi

Disajikan gambar gelombang longitudinal, peserta didik dapat menentukan banyaknya gelombang dengan tepat

C1

PG

20

20     

3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya.

Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya.

Cahaya

Menentukan jarak bayangan dan sifat bayangan, jika benda diletakkan di depan cermin cekung

C3

PG

21

21     

3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi.

22. Mengidentifikasi fungsi organ reproduksi wanita

23. Menganalisis jenis penyakit berdasarkan gejala yang dimunculkan

System Reproduksi Manusia

22. Disajikan gambar organ reproduksi wanita, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi organ yang di tunjukkan

23. Disajikan data gejala-gejala pada penyakit menular seksual, peserta didik dapat menganalisis jenis penyakitnya

C1

C4

PG

22

23

22     

3.2 Menganalisis penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan.

Mengidentifikasi proses metamorphosis pada serangga

Teknologi Reproduksi tumbuhan dan hewan

Disajikan gambar siklus hidup serangga, peserta didik dapat mengidentifikasi proses metamorfosis

C1

PG

24

23     

3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

25 Menentukan jenis genotif suatu tanaman

26. Menghitung jumlah organisme dengan genotif tertentu

Pewarisan Sifat

25. Disajikan bagan persilangan tanaman, peserta didik dapat menentukan jenis genotif tanaman

26. Disajikan data persilangan tumbuhan, peserta didik dapat menghitung jumlah organisme dengan genotif tertentu

 

C3

C3

PG

25

26

24     

3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari.

27. Menjelaskan konsep listrik statis

28. Menentukan jenis muatan listrIk dari induksi

29. Menghitung besarnya gaya tarik-menarik/tolak-menolak menggunakan hukum coulumb

Listrik Statis

27.   Disajikan gambar dua benda bermuatan listrik, peserta didik dapat menentukan arah aliran elektron

28.              28. Diberikan gambar induksi listrik, peserta didik dapat menentukan jenis muatan hasil induksi

29.   Diberikan data nilai muatan dan jaraknya, peserta didik dapat menghitung besarnya gaya tarik/gaya tolak (Coulomb)

C2

 

 

C3

 

 

C3

PG

27

 

 

 

28

 

 

 

29

25     

3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari - hari termasuk sumber energi listrik alternatif.

30. Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik,

31.  Menentukan besarnya energi dan daya listrik,

32.  Menganalisis jenis lampu hemat energi

 

Rangkaian Listrik

 

 

Energi dan Daya Listrik

 

Energi dan Daya Listrik

30.   Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta didik dapat menentukan besarnya hambatan pengganti

31.   Disajikan datan pemakaian alat-alat listrik, peserta didik dapat menentukan besarnya biaya rekening listrik pada rumah sederhana

32.   Disajikan data jenis lampu, peserta didik dapat menganalisis jenis lampu, yang hemat energi

C3

 

 

C3

 

C3

PG

30

 

 

 

31

 

32

26     

3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari - hari

33. Menentukan kutub-kutub magnet

34. Menjelaskan hal yang menyebabkan jarum galvanometer menyimpang

35.  Menentukan besarnya variable tertentu pada transformator

Kemagnetan

 

Induksi Elektromagnet

 

Transformator

 

33.   Disajikan gambar cara membuat magnet, peserta didik dapat menentukan kutubnya

34.   disajikan gambar galvanometer, peserta didik dapat menjelaskan mengapa jarum galvanometer dapat menyimpang

35.   Diberikan data variabel transformator, peserta didik dapat menghitung besarnya kuat arus sekunder

C3

 

C2

 

C3

PG

33

 

34

 

35

27     

3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia.

Menentukan pasangan antara produk bioteknologi dengan mikroorganisme yang sesuai

Bioteknologi

Disajikan data produk bioteknologi dan mikroorganisme yang berperan, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat

C3

PG

36

28     

3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion, molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan seharihari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia

Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion, molekul),

 

Partikel Zat

Peserta didik dapat menjelaskan konsep ion

C1

PG

37

29     

3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan.

Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah

Sifat Fisika dan Kimia Tanah

Peserta didik dapat menentukan sifat fisika suatu zat

C2

PG

38

30     

3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan.

 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan.

Produk teknologi

Diberikan wacana terkait energy alternative, peserta didik dapat menemukan peran tokoh dalam wacana tersebut

C2

PG

39

31     

3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis

Menyimpulkan hasil percobaan fotosintesis

Perubahan bentuk energi

Disajikan diagram percobaan fotosintesis, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan

C4

PG

40

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar