Rabu, 14 Februari 2024

GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN DAN PENCEGAHANNYA

MAPEL   :  IPA

KELAS    : 8

MATERI   : GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN DAN PENCEGAHANNYA

PERTEMUAN   : KE 3  DARI 3

GURU PENGAMPU   : SEPTYANA FORI

WAKTU PEMBELAJARAN   : RABU, 14  FEBRUARI  2024

KD :   3.8  Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada   

                  pernpasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan

TUJUAN   :  Siswa diharapkan mampu:  

                     1. Memahami dan mengidentifikasi organ pernapasan pada manusia

                     2. Memahami mekanisme pernapasan pada manusia

                     3. Memahami berbagai gangguan pernapasan pada manusia

                    4. Menjelaskan upaya menjaga kesehatan pernapasan pada manusia

 

APERSEPSI  : - Organ penapasan manusia dimulai dari hidung, tenggorokan dan paru-paru

                         - pernapasan dibagi menjadi dua yaitu pernapasan dada dan perut


MATERI    


Pneumonia - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

Penyakit pada Sistem Pernapasan 

Penyakit sistem pernapasan merupakan istilah yang digunakan untuk beberapa jenis kelainan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini, seperti faktor genetik, lingkungan, adanya infeksi, dan alergi.


Secara umum, penyakit yang menyerang sistem pernapasan dapat bersifat akut dan kronis. Penyakit yang bersifat akut biasanya terjadi secara tiba-tiba dan memburuk dengan cepat.
Sementara penyakit yang bersifat kronis berkembang secara bertahap dan menjadi semakin buruk seiring waktu. Untuk mengetahui lebih jelas macam-macam penyakit pada sistem pernapasan, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Macam-Macam Penyakit pada Sistem Pernapasan

Penyakit pada sistem pernapasan umumnya memengaruhi saluran napas yang membawa oksigen dan gas lain ke dalam dan ke luar paru-paru. Kondisi ini biasanya menyebabkan penyempitan atau penyumbatan saluran pernapasan. 
 

Faringitis

Faringitis adalah peradangan pada faring, sehingga timbul rasa nyeri pada waktu menelan makanan ataupun kerongkongan terasa kering. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dan dapat juga terjadi karena terlalu banyak merokok.

Pneumonia

Pneumonia adalah peradangan paru-paru di mana alveolus biasanya berisi cairan dan eritrosit yang berlebihan. Jenis pneumonia yang umum adalah pneumonia bakteri.
Penyakit ini dimulai dengan infeksi dalam alveolus, yaitu membran paru-paru mengalami peradangan dan berlubang-lubang sehingga cairan dan eritrosit masuk ke dalam alveolus.
Dengan demikian, alveolus terinfeksi oleh cairan dan eritrosit. Infeksi disebarkan oleh bakteri dari satu alveolus ke alveolus lain hingga dapat meluas ke seluruh lobus bahkan seluruh paru-paru.

Asma

Asma adalah penyakit kronis yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan, sehingga menyebabkan sesak napas. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh hipersensitivitas saluran napas terhadap paparan alergen.
 

Flu

Flu adalah gangguan pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Kondisi ini terjadi ketika virus nginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru.
Virus ini dapat menyebar melalui udara, benda yang telah terkontaminasi, maupun kontak fisik secara langsung dengan penderita flu.
 

Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada pada dinding saluran bronkus, yaitu pipa yang menyalurkan udara dari tenggorokan menuju paru-paru. Penderita bronkitis biasanya akan mengalami batuk yang disertai lendir kental dan dapat berubah warna.

Sarkoidosis

Sarkoidosis adalah penyakit yang disebabkan oleh perkembangan sel-sel granuloma yang menimbulkan peradangan dalam tubuh. Sel-sel tersebut dapat menyerang beberapa bagian tubuh, termasuk paru-paru. Biasanya, penderita akan mengalami sesak napas, mengi, batuk kering, dan nyeri dada.
 

Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah penyakit keganasan akibat pertumbuhan sel-sel yang abnormal dan tidak terkendali di dalam paru-paru. Kondisi ini berpotensi menyebabkan pertumbuhan sel yang menyebar ke jaringan tubuh lainnya, sehingga memicu komplikasi serius.
 

Dipteri

Dipteri adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diptherial. Kondisi ini dapat menimbulkan penyumbatan pada rongga faring (faringitis) maupun laring (laringitis) oleh lendir yang dihasilkan bakteri tersebut.

Laringitis

Laringitis adalah gangguan pernapasan yang menyerang laring atau pita suara. Peradangan yang terjadi biasanya disebabkan oleh penggunaan pita suara berlebihan, iritasi, atau infeksi pada laring. Kondisi ini ditandai dengan sakit tenggorokan, batuk, demam, suara serak, hingga kehilangan suara.
 

Bagaimana Agar Terhindar dari Penyakit pada Sistem Pernapasan?

Sistem pernapasan harus dijaga dengan baik agar terhindar dari penyakit yang dapat mengganggu organ-organ pernapasan. Untuk menghindari dari serangan penyakit pada sistem pernapasan, simak beberapa tips untuk mencegah timbulnya gangguan pernapasan.
 
1. Rajin Berolahraga
Dalam buku berjudul Sehat dan Bugar Secara Alami karya Sri Haryanto S. Nugroho, olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, olahraga juga dapat melatih otot-otot sistem pernapasan agar bekerja dengan baik.
 
2. Mengonsumsi Makanan Sehat
Selain menjaga kesehatan sistem pernapasan dari luar, manusia juga membutuhkan makanan-makanan yang sehat agar dapat menjaga organ pernapasan. Contohnya dengan mengonsumsi sayur bayam yang memilki khasiat yang baik untuk rongga pernapasan.
 
3. Perbanyak Minum Air Putih
Dengan memperbanyak mengonsumsi air putih, sistem pernapasan manusia akan lebih lancar karena air putih bekerja untuk mengurangi lendir-lendir yang berada di sekitaran organ paru-paru.
 
4. Mencuci Tangan
Setelah melakukan aktivitas yang memungkinkan kontak dengan orang lain, seseorang perlu mencuci tangannya untuk menghindari kontaminasi virus dan bakteri dari luar. 
Apalagi biasanya, penyakit sistem pernapasan terjadi akibat virus yang masuk dari luar tubuh. Untuk itu mencuci tangan sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan tubuh.
 
5. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar
Dalam penelitian Pengembangan Komik Sains Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Sistem Pernapasan di SMP yang disusun oleh Gandi Adi Nugroho, kebersihan lingkungan akan membuat bakteri-bakteri yang tidak baik bagi tubuh berkurang.
 
6. Hindari Polusi
Untuk mencegah terjadinya gangguan pada sistem pernapasan, sebaiknya menghidari tempat-tempat yang berpolusi tinggi, seperti jalan raya yang penuh dengan asap kendaraan atau area pabrik.
 
7. Menggunakan Masker
Apabila seseorang harus ke suatu tempat dengan sangat berasap dan berdebu, sebaiknya masker digunakan agar mencegah debu-debu kasar serta asap ke dalam tubuh. Masker akan melindungi hidung sebagai saluran pernapasan pertama dan juga mulut.
 
8. Berhenti Merokok
Merokok merupakan salah satu aktivitas yang berbahaya bagi tubuh manusia, terlebih untuk organ paru-paru. Herbal Penyembuh Gangguan Sistem Pernapasan karya Joko Suryo menyebutkan bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit sistem pernapasan seperti kanker paru-paru muncul.
 
9. Tidak Mengonsumsi Alkohol
Alkohol dapat berpotensi untuk merusak paru-paru dan sistem pernapasan lainnya. Selain itu, alkohol juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga mudah terserang virus. Akibatnya, penyakit seperti pneumonia dan TBC (tuberkulosis) dapat menyerang.
 
10. Melakukan Vaksinasi
Vaksinasi dilakukan agar dapat membangun sistem kekebalan tubuh agar seseorang tak rentan untuk diserang virus dan bakteri. Namun, sebelum melakukan vaksinasi, alangkah baiknya untuk memeriksakan kondisi kesehatan tubuh terlebih dahulu.
 
 

EVALUASI

Setelah kalian membaca materi diatas, jawablah pertanyaan dibawah ini

Jelaskan tentang mekanisme pernapasan dada dan perut

dikerjakan di buku latihan dan dikumpul


KESIMPULAN

- sistem pernapasan berfungsi untuk proses bernapas

- mekanisme pernepasan

  Mulai dari udara dihirup masuk ke mulut atau hidung, lanjut ke faring, laring, dan trakea, dan 

  menuju paru-paru. Kemudian udara dikeluarkan kembali dalam bentuk karbon dioksida 

  melalui jalur yang sama.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar