Senin, 12 Februari 2024

GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN DAN PENCEGAHANNYA

Gangguan Sistem Pernapasan Manusia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gangguan Sistem Pernapasan Manusia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/30/120000469/gangguan-sistem-pernapasan-manusia?page=all#.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Gangguan Sistem Pernapasan Manusia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gangguan Sistem Pernapasan Manusia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/30/120000469/gangguan-sistem-pernapasan-manusia?page=all#.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

MAPEL   :  IPA

KELAS    : 8

MATERI   : GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN DAN PENCEGAHANNYA

PERTEMUAN   : KE 3  DARI 3

GURU PENGAMPU   : SEPTYANA FORI

WAKTU PEMBELAJARAN   : SENIN, 12  FEBRUARI  2024

KD :   3.8  Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada   

                  pernpasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan

TUJUAN   :  Siswa diharapkan mampu:  

                     1. Memahami dan mengidentifikasi organ pernapasan pada manusia

                     2. Memahami mekanisme pernapasan pada manusia

                     3. Memahami berbagai gangguan pernapasan pada manusia

                    4. Menjelaskan upaya menjaga kesehatan pernapasan pada manusia

 

APERSEPSI  : - Organ penapasan manusia dimulai dari hidung, tenggorokan dan paru-paru

                         - pernapasan dibagi menjadi dua yaitu pernapasan dada dan perut


MATERI    


Pneumonia - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

Penyakit pada Sistem Pernapasan 

Penyakit sistem pernapasan merupakan istilah yang digunakan untuk beberapa jenis kelainan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini, seperti faktor genetik, lingkungan, adanya infeksi, dan alergi.


Secara umum, penyakit yang menyerang sistem pernapasan dapat bersifat akut dan kronis. Penyakit yang bersifat akut biasanya terjadi secara tiba-tiba dan memburuk dengan cepat.
Sementara penyakit yang bersifat kronis berkembang secara bertahap dan menjadi semakin buruk seiring waktu. Untuk mengetahui lebih jelas macam-macam penyakit pada sistem pernapasan, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Macam-Macam Penyakit pada Sistem Pernapasan

Penyakit pada sistem pernapasan umumnya memengaruhi saluran napas yang membawa oksigen dan gas lain ke dalam dan ke luar paru-paru. Kondisi ini biasanya menyebabkan penyempitan atau penyumbatan saluran pernapasan. 
 

Faringitis

Faringitis adalah peradangan pada faring, sehingga timbul rasa nyeri pada waktu menelan makanan ataupun kerongkongan terasa kering. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dan dapat juga terjadi karena terlalu banyak merokok.

Pneumonia

Pneumonia adalah peradangan paru-paru di mana alveolus biasanya berisi cairan dan eritrosit yang berlebihan. Jenis pneumonia yang umum adalah pneumonia bakteri.
Penyakit ini dimulai dengan infeksi dalam alveolus, yaitu membran paru-paru mengalami peradangan dan berlubang-lubang sehingga cairan dan eritrosit masuk ke dalam alveolus.
Dengan demikian, alveolus terinfeksi oleh cairan dan eritrosit. Infeksi disebarkan oleh bakteri dari satu alveolus ke alveolus lain hingga dapat meluas ke seluruh lobus bahkan seluruh paru-paru.

Asma

Asma adalah penyakit kronis yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan, sehingga menyebabkan sesak napas. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh hipersensitivitas saluran napas terhadap paparan alergen.
 

Flu

Flu adalah gangguan pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Kondisi ini terjadi ketika virus nginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru.
Virus ini dapat menyebar melalui udara, benda yang telah terkontaminasi, maupun kontak fisik secara langsung dengan penderita flu.
 

Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada pada dinding saluran bronkus, yaitu pipa yang menyalurkan udara dari tenggorokan menuju paru-paru. Penderita bronkitis biasanya akan mengalami batuk yang disertai lendir kental dan dapat berubah warna.

Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah penyakit keganasan akibat pertumbuhan sel-sel yang abnormal dan tidak terkendali di dalam paru-paru. Kondisi ini berpotensi menyebabkan pertumbuhan sel yang menyebar ke jaringan tubuh lainnya, sehingga memicu komplikasi serius.
 

Dipteri

Dipteri adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diptherial. Kondisi ini dapat menimbulkan penyumbatan pada rongga faring (faringitis) maupun laring (laringitis) oleh lendir yang dihasilkan bakteri tersebut.

Laringitis

Laringitis adalah gangguan pernapasan yang menyerang laring atau pita suara. Peradangan yang terjadi biasanya disebabkan oleh penggunaan pita suara berlebihan, iritasi, atau infeksi pada laring. Kondisi ini ditandai dengan sakit tenggorokan, batuk, demam, suara serak, hingga kehilangan suara.
 

Cara Menjaga Organ Pernapasan Agar Tetap Sehat

Bernapas mempunyai peran penting untuk keberlangsungan hidup manusia, sehingga organ pernapasan harus dijaga dengan mengubah pola gaya hidup menjadi lebih sehat. Ada beberapa cara yang bisa teman-teman terapkan untuk menjaga kesehatan paru-paru dan organ pernapasan lainnya diantaranya: 

1. Olahraga secara rutin dan teratur


Rutin berolahraga dapat menjaga kesehatan paru-paru dan melancarkan sirkulasi peredaran darah sehingga oksigen yang disalurkan ke otak dan ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar.

2. Mengkonsumsi makanan sehat, bergizi, dan seimbang

 Teman-teman bisa mengganti pola makan kalian dengan menu sehat dan bergizi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein (daging, telur, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai), sayur dan buah (brokoli, kale,apel, pisang, alpukat), susu dan olahannya.

3. Menghindari asap rokok

Asap rokok sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai penyakit, terutama pada organ pernapasan. Dimana toksin yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan kinerja paru-paru menjadi tidak optimal sehingga muncul berbagai penyakit seperti infeksi pernapasan (bronkitis dan pneumonia), asma, dan batuk.

4. Rajin mencuci tangan agar terhindar dari bakteri dan virus

  Rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun dapat menghindarkan teman-teman dari bakteri, virus, dan kotoran yang dapat menyebabkan penyakit. 

5. Menghindari polusi udara

Penggunaan masker bisa menjadi solusi untuk teman-teman dalam meminimalisir masuknya debu dan kotoran ke organ pernapasan terutama saat teman-teman berkendara menggunakan sepeda motor dan berjalan kaki. 

6. Istirahat yang cukup

Waktu tidur yang cukup sekitar 6-8 jam per hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, menurunkan risiko penyakit seperti jantung, ginjal, diabetes dan penyakit kronis lainnya. 

7. Menjaga kebersihan lingkungan


Menjaga kebersihan lingkungan merupakan hal yang penting karena berpengaruh pada udara di sekitar kita yang akan kita hirup. Dengan menjaga kebersihan, akan menghindarkan kita dari kuman dan penyakit lainnya.

 

 

EVALUASI

Setelah kalian membaca materi diatas, jawablah pertanyaan dibawah ini

Sebutkan penyakit-penyakit pada sistem pernapasan dan bagaimana cara pencegahannya

dikerjakan di buku latihan dan dikumpul


KESIMPULAN

- Penyakit sistem pernapasan merupakan istilah yang digunakan untuk beberapa jenis kelainan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini, seperti faktor genetik, lingkungan, adanya infeksi, dan alergi.


 
 
 
 

 

 

 

 
 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar