Jumat, 08 Mei 2020

Pesantren Ramadhan Sholat Berjamaah Kelas 9, jum’at 8 Mei 2020 Kedudukan shalat dalam Islam sangat tinggi dengan ibadah lainnya. ‎ Shalat merupakan rukun Islam yang paling utama setelah dua kalimat syahadat. Hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, ''Islam dibangun atas lima perkara, yaitu bersaksi tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT dan bersaksi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan melaksanakan haji ke Baitullah.'' Allah SWT sangat mencela orang yang melalaikan dan bermalas-malas melaksanakan ibadah shalat. , surat Al-Ma'un ayat 4-5 yang artinya, ''Celakalah orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dalam shalatnya dan Allah memuji orang yang mengerjakan shalat (dengan khusyu`), bahkan Allah membanggakan orang yang menunaikan serta memerintahkan keluarganya agar juga melaksanakannya.'' Shalat adalah tiang Agama, Agama Islam tidaklah tegak kecuali dengan shalat. Dalam hadits Mu’adz disebutkan,‎ ''Pokok perkara adalah Islam, tiangnya adalah shalat, dan puncak perkaranya adalah jihad.” Shalat adalah amalan yang pertama kali akan dihisab pada diri seorang hamba. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi." Hadis riwayat Abu Daud. kedudukan ibadah shalat yang lebih tinggi shalat termasuk diantara wasiat terakhir Nabi Muhammad SAW bagi umat Islam, seperti yang dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha. “Jagalah shalat, jagalah shalat dan budak-budak kalian.” (HR. Ibnu Majah). Shalat adalah perkara terakhir yang hilang dari manusia, jika shalat telah hilang, hilang pula agama secara keseluruhan.‎ Rasulullah SAW bersabda, ''Tali ikatan Islam akan putus seutas demi seutas. Setiap kali terputus, manusia bergantung pada tali berikutnya. Yang paling awal terputus adalah hukumnya, dan yang terakhir adalah shalat.” (HR. Ahmad). Pertanyaan 1. Tuliskan rukun islam yang wajib kita ketahui ? 2. Jelaskan mengapa kedudukan shalat lebih tinggi dari ibadah lainnya ? Kirim ke blog ini mksh

4 komentar:

  1. Vika Ayunda 9E

    1)-mengucap syahadat
    -shalat Fardu
    -berpuasa
    -zakat
    -haji

    2)Shalat adalah tiang Agama, Agama Islam tidaklah tegak kecuali dengan shalat.Dalam hadits Mu’adz disebutkan,‎ ''Pokok perkara adalah Islam, tiangnya adalah shalat, dan puncak perkaranya adalah jihad.” Shalat adalah amalan yang pertama kali akan dihisab pada diri seorang hamba.

    BalasHapus
  2. Jagad Raya 9E

    1. -mengucapkan 2 kalimat syahadat
    -Shalat
    -Puasa
    -Zakat
    -Haji

    2.Karna Shalat merupakan rukun Islam yang paling utama setelah dua kalimat syahadat, dan shalat adalah amalan yang pertama kali akan dihisab pada diri seorang hamba.

    BalasHapus
  3. Nayza Azzira 9E

    1.{Rukun Islam yang wajib diketahui}
    [Ada 5]:
    •mengucapkan 2 kalimat syahadat
    •shalat 5 waktu
    •berpuasa
    •zakat
    •naik haji bila mampu

    2.Sebab orang yang mendirikan shalat, berarti dia meyakini satu-satunya Tuhan yang wajib dan berhak disembah di jagat raya ini hanyalah Allah Ta’ala. Tidak ada shalat, dan bukan shalat namanya jika ada penyembahan lain selain kepada Allah. Nah,selain itu shalat jugalah yang menentukan seseorang selamat atau tidaknya di akhirat nanti

    BalasHapus
  4. fajar kurniawan 9e
    1.-mengucapkan syahadat
    -shalat
    -puasa
    -zakat
    -haji


    2.shalat adalah penghubung yang paling kuat antara seorang hamba dengan Rabbnya. Taka da ikatan yang kuat bagi seorang hamba kepada Tuhannya selain dari shalat.

    BalasHapus