KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH 2024
Jenis Sekolah : SMP
Jumlah Soal : 40 Butir
Mata Pelajaran : IPA
Bentuk Soal/ tes : Pilihan Ganda
Alokasi Waktu : 2 Jam
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
Ket. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
1 |
Besaran dan Satuan |
Disajikan gambar suatu proses pengukuran, peserta didik dapat menetukan nilai, besaran dan satuan hasil pengukuran tersebut dengan benar |
PG |
1 |
|
2 |
Zat dan Perubahannya |
Disajikan diagram perubahan wujud zat, peserta didik dapat mengidentifkasi pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari dengan benar |
PG |
2 |
1MKKS |
3 |
Suhu dan Pemuaian |
Disajikan gambar mengenai proses muai panjang beberapa jenis logam yang diukur menggunakan Musschenbroek, peserta didik dapat membandingkan besar koefisien muai logam- logam tersebut dengan benar |
PG |
3 |
|
4 |
Kalor |
Disajikan tabel kalor jenis beberapa zat, berdasarkan tabel tersebut peserta didik dapat menentukan zat yang lebih cepat menyerap atau melepas kalor dengan benar |
PG |
4 |
2MKKS |
5 |
Energi |
Disajikan gambar aktivitas benda, peserta didik dapat menganalisis perubahan jenis energi yang terjadi pada benda tersebut dengan benar |
PG |
5 |
|
6 |
Tata Surya |
Disajikan gambar fenomena gerhana, peserta didik dapat menentukan jenis gerhana yang dimaksud dengan benar |
PG |
6 |
|
7 |
Gerak Benda |
Disajikan gambar gerak suatu benda melewati berbagai jenis lintasan, peserta didik dapat menentukan grafik hubungan jarak terhadap waktu (s-t) dari gerakan benda yang dimaksud dengan benar |
PG |
7 |
3MKKS |
8 |
Pesawat Sederhana |
Disajikan gambar benda yang penggunannya memanfaatkan prinsip kerja tuas, peserta didik dapat menetukan perbandingan lengan beban dan lengan kuasa benda tersebut dengan benar. |
PG |
8 |
4MKKS |
9 |
Tekanan |
Disajikan gambar mengenai penerapan hukum pascal pada pompa hidrolik, peserta didik dapat menentukan besar gaya yang diperlukan dengan benar |
PG |
9 |
|
10 |
Getaran dan Gelombang |
Disajikan ilustrasi sebuah pegas yang sedang melakukan getaran, peserta didik dapat menentukan frekuensi/periode dari getaran pegas tersebut dengan benar |
PG |
10 |
|
11 |
Bunyi |
Disajikan infografik mengenai rentang frekuensi suara beberapa makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar berdasarkan hasil analisis infografik tersebut |
PG |
11 |
5MKKS |
12 |
Cahaya |
Disajikan ilustrasi proses pembentukan bayangan suatu benda oleh lensa cekung/cembung, peserta didik dapat menentukan jarak bayangan atau sifat bayangan benda tersebut dengan benar |
PG |
12 |
|
13 |
Listrik Statis |
Disajikan ilustrasi gambar mengenai interaksi beberapa muatan yang saling berdekatan, peserta didik dapat menentukan jenis setiap muatan dengan benar |
PG |
13 |
|
14 |
Listrik Dinamis |
Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar berdasarkan hasil analisis gambar rangkaian listrik tersebut |
PG |
14 |
6MKKS |
15 |
Energi dan Daya Listrik |
Disajikan data pemakaian alat-alat listrik rumah tangga, peserta didik dapat menentukan estimasi besarnya biaya rekening listrik pada rumah tersebut |
PG |
15 |
|
16 |
Kemagnetan |
Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara tertentu, peserta didik dapat menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan magnet tersebut dengan benar. |
PG |
16 |
7MKKS |
17 |
Gaya Lorentz |
Disajikan gambar peristiwa mengenai gaya Lorentz, peserta didik dapat menentukan besar dan arah gaya Lorentz berdasarkan gambar tersebut dengan benar |
PG |
17 |
|
18 |
Atom, Ion dan Molekul |
Disajikan gambar suatu molekul unsur/senyawa, peserta didik dapat menentukan jumlah atom pada molekul tersebut dengan benar |
PG |
18 |
|
19 |
Tanah dan Kehidupan |
Disajikan teks bacaan mengenai tanah dan kehidupan, peserta didik dapat menentukan upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko buruk dari dampak pemanfaatan tanah dengan tepat |
PG |
19 |
|
20 |
Produk Teknologi Ramah Lingkungan |
Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan. |
PG |
20 |
8MKKS |
21 |
Klasifikasi Makhluk Hidup |
Disajikan gambar jenis-jenis hewan, siswa dapat mengidentifikasi hewan anggota kelas mamalia dengan benar |
PG |
21 |
|
22 |
Fotosintesis |
Disajikan diagram percobaan fotosintesis, peserta didik dapat memprediksi dengan tepat peristiwa yang akan terjadi akibat perlakuan tertentu |
PG |
22 |
9MKKS |
23 |
Sistem Organisasi Kehidupan |
Disajikan gambar penampang batang tumbuhan, peserta didik dapat mengkarakteristik-an jenis jaringan berdasarkan fungsi yang diterangkan (karakteristiknya) dengan benar |
PG |
23 |
|
24 |
Interaksi antar makhluk hidup |
Disajikan diagram jaring-jaring makanan, peserta didik dapat memprediksi akibat yang akan muncul dari punahnya salah satu komponen penyusun ekosistem dengan tepat |
PG |
24 |
10MKKS |
25 |
Pencemaran Lingkungan |
Disajikan grafik hubungan pertumbuhan penduduk dengan udara bersih, peserta didik dapat menganalisis hubungan antara kedua faktor tersebut dengan tepat |
PG |
25 |
11MKKS |
26 |
Perubahan Iklim |
Disajikan beberapa pernyataan mengenai kegiatan manusia, peserta didik dapat memprediksi dampak kegiatan manusia tersebut terhadap perubahan iklim |
PG |
26 |
|
27 |
Mitigasi Bencana |
Diberikan pernyataan/paragraf yang berkaitan dengan bencana, peserta didik dapat menentukan tindakan yang tepat dalam penanggulangan risiko ancaman bencana yang terjadi di daerahnya |
PG |
27 |
|
28 |
Gerak pada Makhluk Hidup |
Disajikan gambar aktivitas gerak organisme, peserta didik dapat mengklasifikasikan jenis gerak organismetersebut dengan benar |
PG |
28 |
12MKKS |
29 |
Gerak pada Manusia |
Disajikan data jenis-jenis tulang, peserta didik dapat mengidentifikasi tulang penyusun anggota gerak dengan tepat |
PG |
29 |
|
30 |
Struktur Jaringan Tumbuhan |
Disajikan gambar preparat batang dua jenis tumbuhan, peserta didik dapat menentukan jenis tumbuhan yang dimaksud |
PG |
30 |
|
31 |
System Pencernaan Makanan |
Disajikan tabel enzim dan peranannya, peserta didik dapat memerinci jenis dan letak enzim dengan benar |
PG |
31 |
|
32 |
Zat Aditif |
Disajikan data berbagai bahan tambahan makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis bahan tambahan makanan dengan benar |
PG |
32 |
13MKKS |
33 |
Zat Adiktif |
Disajikan beberapa pernyataan mengenai pengaruh zat adiktif, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang tepat mengenai pengaruh zat adiktif yang tergolong ke dalam jenis psikotropika. |
PG |
33 |
|
34 |
Sistem Peredaran Darah Manusia |
Disajikan gambar skema sistem peredaran darah manusia, peserta didik dapat menentukan urutan peredaran darah besar dan kecil dengan benar |
PG |
34 |
14MKKS |
35 |
Sistem Pernapasan Manusia |
Disajikan gambar percobaan mengenai pernafasan, peserta didik dapat memprediksi proses yang akan terjadi dengan tepat |
PG |
35 |
15MKKS |
36 |
Sistem Ekskresi |
Disajikan wacana gejala sakit pada seseorang, peserta didik dapat menentukan jenis penyakit yang diderita dengan tepat |
PG |
36 |
|
37 |
Sistem Reproduksi Manusia |
Disajikan gambar organ reproduksi wanita, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi organ yang ditunjukkan dengan benar. |
PG |
37 |
|
38 |
Reproduksi tumbuhan dan hewan |
Disajikan gambar siklus hidup serangga, peserta didik dapat mengidentifikasi proses metamorphosis dengan benar |
PG |
38 |
|
39 |
Pewarisan Sifat |
Disajikan data persilangan hewan, peserta didik dapat menghitung persentase hewan dengan fenotif tertentu |
PG |
39 |
|
40 |
Bioteknologi |
Disajikan data proses/kegiatan Bioteknologi, peserta didik dapat mengklasifikasikan jenis bioteknologi yang diterapkan dengan tepat |
PG |
40 |
16MKKS |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar