Jumat, 31 Mei 2024

KISI-KISI PAT IPA KELAS 8

MAPEL   :  IPA

KELAS    : 8

GURU PENGAMPU   : SEPTYANA FORI

 

KISI-KISI SOAL PAT 2024

 

 

Jenis Sekolah               :  SMP

Kelas                           :  VIII (delapan)

Jumlah Soal                 :  40 Butir

Mata Pelajaran            :  IPA

Bentuk Soal/ tes          :  Pilihan Ganda

Alokasi Waktu            :  120 menit

Kurikulum                   :  2013

 

 

No

Materi Pokok

Indikator Soal

Bentuk Soal

1

2

3

4

1         

Getaran dan Gelombang

Disajikan gambar bandul sederhana, peserta didik dapat menentukan jumlah getaran pada gerakan bandul dengan benar.

PG

2         

Getaran dan Gelombang

Peserta didik dapat menentukan frekuensi/periode dari getaran tersebut dengan benar

PG

3         

Getaran dan Gelombang

Disajikan data hasil percobaan, peserta didik dapat menentukan frekuensi dan periode berdasarkan data tersebut dengan benar.

PG

4         

Getaran dan Gelombang

Disajikan gambar dan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan macam-macam gelombang dengan benar

PG

5         

Getaran dan Gelombang

Disajikan grafik waktu yang dibutuhkan untuk menempuh panjang gelombang tertentu, peserta didik dapat menghitung cepat rambat gelombang dengan benar

PG

6         

Getaran dan Gelombang

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan frekuensi gelombang yang dapat dikeluarkan dan diterima oleh salah satu jenis hewan dengan benar.

PG

7         

Getaran dan Gelombang

Disajikan gambar dan data cepat rambat bunyi, waktu yang diterima oleh sinyal. Peserta didik dapat menghitung kedalaman laut menggunakan prinsip pemantulan bunyi dengan benar.

PG

8         

Getaran dan Gelombang

Disajikan teks informasi tentang gelombang, peserta didik dapat menentukan informasi yang tepat berdasarkan teks dengan benar.

PG

9         

Cahaya dan Alat Optik

Disajikan teks bacaan tentang percobaan cahaya, peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat cahaya dengan benar.

PG

10     

Cahaya dan Alat Optik

Disajikan gambar dan teks bacaan tentang sebuah peristiswa, peserta didik dapat menjelaskan penyebab peristiwa yang terjadi dikaitkan dengan konsep cahaya dengan benar.

PG

11     

Cahaya dan Alat Optik

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan perjalanan cahaya pada mata hingga terbentuk bayangan pada benda dengan benar.

PG

12     

Cahaya dan Alat Optik

Disajikan gambar pemantulan cahaya pada cermin datar, peserta didik dapat menentukan sudut yang dibentuk pada proses pemantulan cahaya dengan benar.

PG

13     

Cahaya dan Alat Optik

Peserta didik dapat menentukan sifat bayangan yang dapat dibentuk oleh cermin cekung dengan benar.

PG

14     

Cahaya dan Alat Optik

Peserta didik dapat menentukan sifat bayangan cermin cembung  dengan benar.

PG

15     

Cahaya dan Alat Optik

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan jenis gangguan pada indera penglihatan dan solusi mengatasinya dengan benar.

PG

16     

Cahaya dan Alat Optik

Disajikan teks informasi tentang alat optik, peserta didik dapat  menentukan informasi yang tepat berdasarkan teks dengan benar

PG

17

 

Tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan tabel data hasil percobaan tekanan pada berbagai zat padat, peserta didik dapat menentukan benda yang memiliki tekanan yang paling besar dengan benar

PG

18

Tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan data kedalaman benda, massa jenis, dan konstanta gravitasi. Peserta didik dapat menghitung tekanan hidrostatik dengan benar

PG

19

Tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan gambar mengenai penerapan hukum pascal pada pompa hidrolik, peserta didik dapat menentukan besar gaya yang diperlukan dengan benar

PG

20

Tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan ilustrasi gambar, peserta didik dapat menjelaskan konsep sebuah benda terapung, melayang, tenggelam menggunakan hukum Archimedes dengan benar.

PG

21

Tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan tabel data ketinggian suatu tempat dan tekanan udara, peserta didik dapat menjelaskan hubungan tekanan udara dan ketinggian  dengan benar

PG

22

Tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menjelaskan tentang aplikasi konsep tekanan dengan pengangkutan air dan nutrisi pada tumbuhan dengan benar

PG

23

Tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Peserta didik dapat menjelaskan aplikasi konsep tekanan darah pada sistem peredaran darah manusia dengan benar.

PG

24

Tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan teks, peserta didik dapat menjelaskan aplikasi konsep tekanan gas pada proses pernapasan manusia dengan benar.

PG

25

Sistem Pernapasan Manusia

Disajikan gambar organ pernapasan manusia, peserta didik dapat menyebutkan nama organ tersebut dengan benar

PG

26

Sistem Pernapasan Manusia

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menjelaskan struktur dan fungsi salah satu organ pernapasan manusia dengan benar.

PG

27

Sistem Pernapasan Manusia

Disajikan gambar organ pernapasan manusia, peserta didik dapat menjelaskan fungsi organ tersebut dengan benar

PG

28

Sistem Pernapasan Manusia

Peserta didik dapat menjelaskan mekanisme pernapasan dengan benar.

PG

29

Sistem Pernapasan Manusia

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan faktor apa saja yang mempengaruhi frekuensi pernapasan manusia dengan benar.

PG

30

Sistem Pernapasan Manusia

Disajikan tabel data hasil pengamatan, peserta didik dapat menentukan  jenis volume pernapasan pada manusia dan jumlah volumenya dengan benar.

PG

31

Sistem Pernapasan Manusia

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan salah satu jenis gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia dengan benar

PG

32

Sistem Pernapasan Manusia

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan upaya dalam menjaga kesehatan sistem pernapasan pada manusia dengan benar.

PG

33

Sistem Ekskresi Manusia

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan organ yang termasuk ke dalam sistem ekskresi pada manusia dengan benar

PG

34

Sistem Ekskresi Manusia

Peserta didik dapat menentukan struktur dan fungsi bagian dari organ ginjal dengan benar.

PG

35

Sistem Ekskresi Manusia

Disajikan gambar sistem dalam pembentukan urine, peserta didik dapat menentukan fungsi bagian pada gambar dengan benar.

PG

36

Sistem Ekskresi Manusia

Peserta didik dapat menjelaskan proses pembentukan urine dengan benar.

PG

37

Sistem Ekskresi Manusia

Disajikan gambar struktur anatomi kulit, peserta didik dapat menjelaskan fungsi salah satu bagian pada gambar dengan benar.

PG

38

Sistem Ekskresi Manusia

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menjelaskan hasil sisa metabolisme yang dikeluarkan oleh hati dengan benar.

PG

39

Sistem Ekskresi Manusia

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan salah satu jenis gangguan/penyakit pada sistem ekskresi manusia dengan benar

PG

40

Sistem Ekskresi Manusia

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan upaya dalam menjaga kesehatan sistem ekskresi pada manusia dengan benar.

PG

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar