MAPEL : IPA
KELAS : 9
GURU PENGAMPU : SEPTYANA FORI, S.P
WAKTU : Senin - Jum'at, 13 - 18 Maret 2023
KISI-KISI PENULISAN SOAL LUS 2023
Jenis Sekolah : SMP
Kurikulum : Kurikulum 2013
Jumlah Soal : 40 Butir
Mata Pelajaran : IPA
Bentuk Soal/ tes : Pilihan Ganda
Alokasi Waktu : 2 Jam
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
1 |
Besaran dan Satuan |
Disajikan gambar suatu kegiatan pengukuran, peserta didik dapat menentukan nilai besaran dan satuan hasil pengukuran tersebut dengan benar |
PG |
1 |
|
2 |
Zat dan Perubahannya |
Disajikan diagram perubahan wujud zat, peserta didik dapat menganalisis jenis perubahan wujud zat |
PG |
2 |
|
3 |
Suhu dan Pemuaian |
Disajikan gambar alat rumah tangga yang memanfaatkan prinsip kerja keping bimetal, peserta didik dapat menganalisis fenomena pemuaian pada keping bimetal tersebut |
PG |
3 |
|
4 |
Kalor |
Peserta didik mampu menjelaskan konsep termoregulasi sebagai mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh |
PG |
4 |
|
5 |
Energi |
Disajikan peristiwa/pernyataan tentang energi, Peserta didik dapat menganalisis hubungan kecepatan dengan energi kinetic |
PG |
5 |
|
6 |
Tata Surya |
Disajikan gambar posisi bulan saat mengelilingi bumi, peserta didik dapat menentukan posisi terjadinya pasang perbani dengan benar. |
PG |
6 |
|
7 |
Gerak Benda |
Disajikan gambar benda bermassa dan memiliki percepatan, peserta didik dapat menghitung besar gaya yang dibutuhkan untuk menggerakkan benda tersebut dengan benar. |
PG |
7 |
|
8 |
Pesawat Sederhana |
Disajikan pernyataan terkait kerja otot dan rangka, peserta didik dapat menentukan jenis penerapan prinsip pesawat sederhana yang sesuai |
PG |
8 |
|
9 |
Tekanan |
Disajikan sebuah pernyataan/peristiwa yang berkaitan dengan tekanan pada zat padat, Peserta didik dapat menghitung besar tekanan yang terjadi. |
PG |
9 |
|
10 |
Getaran dan Gelombang |
Disajikan gambar gelombang transversal, peserta didik dapat menentukan nilai dari variabel-variabel gelombang tersebut dengan benar. |
PG |
10 |
|
11 |
Bunyi |
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang berhubungan dengan terjadinya peristiwa resonansi |
PG |
11 |
|
12 |
Cahaya |
disajikan gambar sebuah benda diletakkan didepan cermin cekung, Peserta didik dapat menentukan jarak bayangan dan sifat bayangan, yang terjadi dengan benar. |
PG |
12 |
|
13 |
Listrik Statis |
Diberikan data benda bermuatan listrik dan jaraknya, peserta didik dapat menghitung besarnya gaya tarik/gaya tolak (gaya coulomb) yang terjadi pada benda tersebut. |
PG |
13 |
|
14 |
Listrik Dinamis |
Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta didik dapat menentukan besarnya hambatan pengganti rangkaian tersebut. |
PG |
14 |
|
15 |
Energi dan Daya Listrik |
Disajikan data pemakaian alat-alat listrik dalam rumah tangga, peserta didik dapat menentukan besarnya biaya rekening listrik yang harus dibayar. |
PG |
15 |
|
16 |
Kemagnetan |
Disajikan gambar cara membuat magnet, peserta didik dapat menentukan kutub-kutubnya. |
PG |
16 |
|
17 |
Gaya Lorentz |
Diberikan gambar/pernyataan yang berkaitan dengan gaya Lorentz, peserta didik dapat menentukan besar dan arah gaya Lorentz dengan benar |
PG |
17 |
|
18 |
Atom, Ion dan Molekul |
Peserta didik dapat menjelaskan teori atom modern dengan benar |
PG |
18 |
|
19 |
Tanah dan Kehidupan |
Disajikan pernyataan mengenai kegiatan manusia terkait penggunaan tanah, peserta didik dapat menentukan dampak buruk yang terjadi bagi keberlangsungan kehidupan dengan tepat. |
PG |
19 |
|
20 |
Produk Teknologi Ramah Lingkungan |
Disajikan Paragraf yang berkaitan dengan produk teknologi, peserta didik dapat menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan. |
PG |
20 |
|
21 |
Klasifikasi Makhluk Hidup |
Disajikan gambar kunci dikotomi suatu organisme, peserta didik dapat menentukan kunci dikotomi yang tepat |
PG |
21 |
|
22 |
Fotosintesis |
Disajikan diagram percobaan fotosintesis, peserta didik dapat memprediksi peristiwa yang akan terjadi akibat perlakuan tertentu |
PG |
22 |
|
23 |
Sistem Organisasi Kehidupan |
Disajikan gambar penampang batang tumbuhan, peserta didik dapat menentukan jenis jaringan berdasarkan fungsi yang diterangkan (karakteristiknya) |
PG |
23 |
|
24 |
Interaksi antar makhluk hidup |
Disajikan diagram jaring-jaring makanan, peserta didik dapat memprediksi akibat yang akan muncul dari punahnya salah satu komponen penyusun ekosistem |
PG |
24 |
|
25 |
Pencemaran Lingkungan |
Disajikan grafik hubungan pertumbuhan penduduk dengan pencemaran lingkungan, peserta didik dapat menganalisis hubungkan antara kedua faktor tersebut |
PG |
25 |
|
26 |
Perubahan Iklim |
Disajikan beberapa pernyataan mengenai kegiatan manusia, peserta didik dapat menganalisis dampak kegiatan manusia tersebut terhadap perubahan iklim |
PG |
26 |
|
27 |
Mitigasi Bencana |
Diberikan pernyataan/paragraf yang berkaitan dengan bencana, peserta didik dapat menentukan tindakan yang tepat dalam penanggulangan risiko ancaman bencana yang terjadi (di daerahnya) |
PG |
27 |
|
28 |
Gerak Pada Makhluk Hidup |
Disajikan data aktivitas gerak berbagai organisme, peserta didik dapat mengklasifikasikan jenis gerak dari suatu organism |
PG |
28 |
|
29 |
Gerak pada Manusia |
Disajikan data jenis-jenis tulang, peserta didik dapat mengidentifikasi tulang penyusun anggota gerak |
PG |
29 |
|
30 |
Struktur Jaringan Tumbuhan |
Disajikan gambar preparat batang dua jenis tumbuhan, peserta didik dapat menentukan jenis tumbuhan yang dimaksud. |
PG |
30 |
|
31 |
System Pencernaan Makanan |
Disajikan tabel enzim dan peranannya, peserta didik dapat menentukan jenis dan letak enzim |
PG |
31 |
|
32 |
Zat Aditif |
Disajikan data berbagai bahan tambahan makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis bahan tambahan makanan |
PG |
32 |
|
33 |
Zat Adiktif |
Disajikan beberapa pernyataan mengenai pengaruh zat adiktif, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang tepat mengenai pengaruh zat adiktif yang tergolong ke dalam jenis psikotropika. |
PG |
33 |
|
34 |
Sistem Peredaran Darah Manusia |
Disajikan gambar skema jantung dan pembuluh darah, peserta didik dapat menentukan urutan peredaran darah besar dan kecil dengan benar |
PG |
34 |
|
35 |
Sistem Pernapasan Manusia |
Disajikan gambar percobaan pernafasan, peserta didik dapat memprediksi proses yang akan terjadi |
PG |
35 |
|
36 |
Sistem Ekskresi |
Disajikan wacana gejala sakit pada seseorang, peserta didik dapat menentukan jenis penyakit yang diderita |
PG |
36 |
|
37 |
Sistem Reproduksi Manusia |
Disajikan gambar organ reproduksi wanita, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi organ yang ditunjukkan dengan benar. |
PG |
37 |
|
38 |
Teknologi Reproduksi tumbuhan dan hewan |
Disajikan gambar siklus hidup serangga, peserta didik dapat mengidentifikasi proses metamorphosis dengan benar |
PG |
38 |
|
39 |
Pewarisan Sifat |
Disajikan data persilangan hewan, peserta didik dapat menghitung persentase hewan dengan fenotif tertentu |
PG |
39 |
|
40 |
Bioteknologi |
Disajikan data proses/kegiatan Bioteknologi, peserta didik dapat mengklasifikasikan jenis bioteknologi yang diterapkan |
PG |
40 |
|
Terima kasih
Wassalamuallaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar