Nama Guru Mapel : Septyana Fori
Pelajaran : IPA
Kelas : 9A
9E
Jam : 08.30 - 09.30
10.40 - 11.40
LISTRIK DINAMIS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
IPA KELAS 9, Senin 29 November 2021
Anak-anak ibu yang sholeh dan sholeha apa kabarnya......baik ya, sudah mengerjakan sholat dhuha dan murojoah pagi ini...... Alhamdullilah. Baiklah anak-anak pertemuan kali ini ibu akan menberikan Kisi-kisi PAS , tetap semangat dan jaga kesehatan terima kasih.
KISI – KISI SOAL
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
JenjangSekolah : SMP/MTs
JumlahSoal : 40 Soal
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : IX / Ganjil
BentukSoal/Tes : Pilihan ganda
Alokasi Waktu : 120 Menit
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Level Soal |
Nomor Soal |
1 |
3.1 Menghubungkan system reproduksi pada manusia dan gangguan pada system reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi |
Reproduksi sel |
Diberikan beberapa pernyataan. Siswa mampu menjelaskan tujuan reproduksi sel. |
L1 |
1 |
Reproduksi sel |
Diberikan gambar proses pembelahan sel. Siswa mampu menjelaskan tahap pembelahan sel |
L1 |
2 |
||
Organ reproduksi manusia |
Disajikan gambar struktur organ reproduksi manusia. Siswa mampu menjelaskan fungsi organ yang dimaksud. |
L1 |
3 |
||
Gametogenesis |
Disajikan gambar proses pembentukan gamet. Siswa mampu menjelaskan tahapan pada proses tersebut. |
L1 |
4 |
||
Hormon reproduksi manusia |
Siswa mampu menjelaskan fungsi hormone-hormon reproduksi manusia. |
L1 |
5 |
||
Penyakit pada system reproduks imanusia |
Diberikan beberapa pernyataan. Siswa mampu menganalisis penyakit pada system reproduksi berdasarkan pernyataan. |
L2 |
6 |
||
2 |
3.2 Menganalisis penerapan teknologi pada system reproduksi tumbuhan dan hewan |
Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan |
Diberikan informasi sisngkat tentang perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan. Siswa mampu mengidentifikasi perkembabiakan yang sesuai dengan jenis tumbuhannya . |
L2 |
7 |
Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan |
Diberikan informasi singkat tentang cara perkembangbiakan tumbuhan. Siswa mampu menganalisis penyebab terjadinya perkembangbiakan yang dimaksud. |
L3 |
8 |
||
Strukstur bunga |
Disajikan gambar bunga lengkap. Siswa dapat menunjukkan bagian – bagian bunga. |
L1 |
9 |
||
Penyerbukan tumbuhan |
Disajikan gambar bunga. Siswa mampu menganalisis jenis penyerbukan pada bunga tersebut. |
L2 |
10 |
||
Pembuahan tumbuhan |
Disajikan struktur intelnal bunga. Siswa mampu menjelaskan proses pembuahan pada tumbuhan. |
L1 |
11 |
||
|
|
Teknologi reproduksi pada tumbuhan |
Disajikan teks singkat tentang teknolog ireproduksi tumbuhan. Siswa mampu memilih teknologi yang tepat untuk dikembangkan . |
L3 |
12 |
|
|
Teknologi reproduksi pada tumbuhan |
Disajikan gambar. Sisw amampu menjelaskan prosedur penerapan teknologi reproduksi pada tumbuhan. |
L2 |
13 |
|
|
Daur hidup sporophyta |
Disajikan bagan. Siswa mampu menjelaskan proses daur hidup tumbuhan sporophyta. |
L2 |
14 |
|
|
Teknologi reproduksi pada hewan |
Diberikan informasi singkat tentang teknologi reproduksi pada hewan. Siswa mampu memilih teknologi yang tepat untuk digunakan berdasarkan teks. |
L3 |
15 |
|
|
Pembuahan pada hewan |
Diberikan informasi tentang cara pembuahan yang terjadi pada beberapahewan. Siswa mampu memprediksi cara pembuahan hewan yang tepat berdasarkan data pada teks. |
L2 |
16 |
3 |
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup |
Istilah-istilah pada persilangan |
Diberikan beberapa pernyataan tentang gen.Siswa mampu menentukan sifat gen yang dimaksud. |
L1 |
17 |
DNA dan RNA |
Diberikan informas isingkat. Siswa mampu menjelaskan konsep pewarisan sifat. |
L2 |
18 |
||
Persilangan monohibid |
Disajikan gambar silsilah keturunan pada hewan. Siswa mampu menganalisis sifat induk hewan berdasarkan silsilah tersebut. |
L2 |
19 |
||
Persilangan intermediet |
Diberikan informas isingkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi kemungkinan keturunan dari persilangan terssebut. |
L2 |
20 |
||
Persilangan dihibrid |
Diberikan informasi singka ttentang persilangan. Siswa mampu memprediksi kemungkinan keturunan dar ipersilangan terssebut. |
L2 |
21 |
||
Persilangan dihibrid |
Diberikan informasi singka ttentang persilangan. Siswa mampu memprediksi genotif bibit unggul dari persiangan tersebut. |
L2 |
22 |
||
Adaptasi mahluk hidup |
Diberikan beberapa pernyataan tentang mahluk hidup. Siswa mampu menentukan adaptasi mahluk hidup. |
L1 |
23 |
||
4 |
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari |
Muatan atom |
Disajikan gamba rstruktur atom. Siswa mampu menentukan jenis muatan atom. |
L1 |
24 |
Muatan listrik |
Diberikan informasi singkat tentang sifat benda. Siswa mampu menentukan muatan benda berdasarkan sifatnya. |
L2 |
25 |
||
Muatan listrik |
Diberikan gambar percobaan muatan listrik. Siswa mampu menganalisis hubungan perpindahan muatan listrik dengan sifat muatan benda. |
L2 |
26 |
||
Muatan listrik |
Disajikan gambar benda bermuatan listrik. Siswa mampu menentukan arah aliran muatan-muatan listriknya. |
L1 |
27 |
||
Gaya Coulomb |
Diberikan data. Siswa mampu menghitung gaya Coulomb berdasarkan data |
L2 |
28 |
||
Gaya Coulomb |
Diberikan gambar dua benda bermuatan. Siswa mampu menghitun ggaya yang terjadi jika jarak benda dirubah. |
L2 |
29 |
||
Beda potensial listrik |
Diberikan beberapa gambar grafik. Siswa mampu menghubungkan konsep bedapotensial dan kuat arus listrik menggunakan grafik |
L2 |
30 |
||
5 |
3.5 Menerapkan konse prangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energy listrik dalam kehidupan sehari-har itermasuk sumber energy listrik alternatif |
Tegangan listrik |
Diberikan informasi tentang rangkaian tertutup. Siswa mampu menghitung tegangan pada rangkaian listrik. |
L2 |
31 |
Perubahan energi |
Disajikan gambar rangkaian listrik. Siswa mampu menyimpulkan perubahan energi yang terjadi. |
L2 |
32 |
||
Rangkaian listrik |
Diberikan gambar rangkaian listrik. Sisw amampu menganalisis pengaruh pemasangan sakelar pada rangkaian tersebut. |
L2 |
33 |
||
Energi dan dayalistrik |
Diberikan data pemakaian listrik. Siswamam pumenghitung biaya pemakaian listrik. |
L2 |
34 |
||
Sumber energi alternative. |
Siswa mampu mengidentifikasi sumber energy terbarukan. |
L1 |
35 |
||
SOAL BERBASIS AN/AKM |
|||||
6 |
3.1 Menghubungkan system reproduksi pada manusia dan gangguan pada system reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi |
Menstruasi |
Disajikan teks informasi dan gambar siklus menstruasi. Siswa mampu memprediksi waktu terjadinya menstruasi. |
L3 |
36 |
7 |
3.2 Menganalisis penerapan teknologi pada system reproduksi tumbuhan dan hewan |
Teknologi reproduksi pada tumbuhan |
Diberikan teks informasi. Siswa mampu menemukan konsep dasar penerapan teknologi reproduksi pada tumbuhan. |
L2 |
37 |
8 |
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup |
Persilangan dihibrid |
Disajikan diagram hasil persilangan. Siswa mampu menghitung jumlah hasil persilangan berdasarkan data pada diagram. |
L3 |
38 |
9 |
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari |
Loncatan muatan listrik |
Diberikan artike ltentang gejala alam. Siswa mampu menjelaskan konsep listrik pada gejala alam yang dimaksud. |
39 |
|
10 |
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energy listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumbe renergi listrik alternatif |
Energi dan daya listrik |
Disajikan grafik persentase kapasitas baterai yang diisi sebagai fungsi waktu. Siswa mampu menghitung energy listrik terpakai dalam kurun waktu tertentu. |
L3 |
40 |
Bandarlampung, 1 November 2021
PenyusunSoal,
Joni Firdaus, S.Pd.
NIP 198506122010011017
Assalamualaikum Bu, terimakasih atas kisi kisinya
BalasHapusNi Nyoman Jingga Widiathama Putri 9A
assalamualaikum bu, terimakasi atas kisi kisinya
BalasHapusAudita Gea Salsabillah 9A
assalamu'alaikum, terima kasih bu kisi-kisinya
BalasHapus-Vakhroh Ardelia 9A
Assalamualaikum Bu terimakasih atas kisi kisi nya
BalasHapusAhmad Fauzan Harahap 9A
Assalamualaikum trimakasih bu atas kisi kisinya
BalasHapusMagjun 9A
assalamualaikum bu terima kasih atas kisi kisinya
BalasHapusmuhammad dafa setiawan 9A
Assalamualaikum Bu terimakasih atas kisi-kisinya
BalasHapusMuhammad Satria Fadhil 9A
~Irsyad 9E
BalasHapusTerimakasih atas kisi kisi nya Bu
terimakasih Bu
BalasHapusWijayanti 9e
terimakasih bu
BalasHapusAnnika 9E
Terima kasih bu
BalasHapusaurelia damayanti 9e
Assalamualaikum bu terimakasih
BalasHapusAzman 9E
assalamualaikum bu
BalasHapusFadhila 9E