KISI-KISI PAS IPA
KELAS 9, SENIN 30 NOVEMBER 2020
KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL SMP/MTs KOTA BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS / SEMESTER : IX / GANJIL
KURIKULUM : K-13 (MASA PANDEMI COVID-19)
BENTUK SOAL : PILIHAN JAMAK
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK/SUB |
INDIKATOR SOAL |
NOMOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi |
Pembelahan Sel |
Diberikan gambar proses pembelahan sel. Siswa mampu mengurutkan tahapan pembelahan sel. |
1 |
L1 |
Pembelahan Sel |
Diberikan pilihan jawaban berupa beberapa pernyataan. Siswa mampu menentukan perbedaan pembelahan sel. |
2 |
L1 |
|
Organ reproduksi manusia |
Disajikan gambar struktur organ reproduksi manusia. Siswa mampu menjlaskan fungsi organ yang dimaksud. |
3 |
L1 |
|
Gametogenesis |
Disajikan gambar proses pembentukan gamet. Siswa mampu menjelaskan tahapan pada proses tersebut. |
4 |
L1 |
|
Menstruasi |
Disajikan grafik perubahan hormon pada proses menstruasi. Siswa mampu menganalisis pengaruh perubahan hormon terhadap fase-fase menstruasi. |
5 |
L2 |
|
Kehamilan |
Diberikan pilihan jawaban. Siswa mampu menjelaskan fungsi membran-membran kehamilan . |
6 |
L1 |
|
Penyakit pada sistem reproduksi manusia |
Diberikan tabel data penyakit pada sistem reproduksi manusia dan penyebabnya. Siswa mampu mencocokkan nama penyakit dan penyebabnya. |
7 |
L1 |
|
Menganalisis penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan. |
Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan |
Disajikan wacana tentang perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan. Siswa mampu mengidentifikasi perkembabiakan yang sesuai dengan jenis tumbuhannya . |
8 |
L2 |
Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan |
Disajikan teks singkat tentang cara perkembangbiakan tumbuhan. Siswa mampu menganalisis penyebab terjadinya perkembangbiakan yang dimaksud. |
9 |
L3 |
|
Struktur Bunga |
Disajikan gambar bunga lengkap. Siswa dapat membedakan fungsi bagian – bagian bunga. |
10 |
L1 |
|
Penyerbukan tumbuhan |
Disajikan gambar bunga. Siswa mampu menganalisis jenis penyerbukan pada bunga tersebut. |
11 |
L2 |
|
Pembuahan tumbuhan |
Disajikan struktur intelnal bunga. Siswa mampu menjelaskan proses pembuahan pada tumbuhan. |
12 |
L2 |
|
Teknologi reproduksi pada tumbuhan |
Disajikan teks singkat tentang teknologi reproduksi tumbuhan. Siswa mampu memilih teknologi yang tepat untuk dikembangkan . |
13 |
L3 |
|
Penyerbukan tumbuhan |
Disajikan gambar tumbuhan. Siswa mampu menentukan perantara penyerbukan pada tumbuhan tersebut. |
14 |
L2 |
|
Daur hidup tumbuhan paku |
Diberikan pilihan jawaban. Siswa mampu menjelaskan proses daur hidup tumbuhan sporophyta. |
15 |
L1 |
|
Teknologi reproduksi pada hewan |
Diberikan teks tentang teknologi reproduksi pada hewan. Siswa mampu memilih teknologi yang tepat untuk digunakan berdasarkan teks. |
16 |
L3 |
|
Metamorfosis |
Diberikan tabel kelompok beberapa hewan. Siswa mampu mengidentifikasi metamorfosis yang terjadi pada kelompok hewan tersebut. |
17 |
L1 |
|
Pembuahan pada hewan |
Diberikan teks tentang cara pembuahan yang terjadi pada beberapa hewan. Siswa mampu menganalisis hewan yang tepat berdasarkan data pada teks. |
18 |
L2 |
|
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup |
Istilah-istilah pada persilangan |
Diberikan beberapa pernyataan tentang gen. Siswa mampu menentukan sifat gen yang dimaksud. |
19 |
L1 |
Persilangan monohibrid |
Disajikan gambar tentang silsilah keturunan pada hewan. Siswa mampu menganalisis sifat induk hewan berdasarkan silsilah tersebut. |
20 |
L1 |
|
Persilangan dihibrid |
Diberikan teks singkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi kemungkinan keturunan dari persilangan terssebut. |
21 |
L2 |
|
Persilangan dihibrid |
Diberikan teks singkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi kemungkinan keturunan dari persilangan terssebut. |
22 |
L2 |
|
Persilangan dihibrid |
Diberikan teks singkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi genotif bibit unggul dari persiangan tersebut. |
23 |
L2 |
|
Persilangan dihibrid |
Diberikan teks singkat tentang persilangan. Siswa mampu memprediksi jumlah keturunan persilangan yang dimaksud. |
24 |
L2 |
|
Adaptasi mahluk hidup |
Diberikan beberapa pernyataan tentang mahluk hidup. Siswa mampu menentukan adaptasi mahluk hidup. |
25 |
L1 |
|
Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Partikel atom |
Diberikan gambar struktur atom. Siswa mampu menentukan komponen partikel atom. |
26 |
L1 |
Muatan listrik |
Diberikan gambar elektroskop. Siswa mampu menunjukkan proses pemisahan muatan menggunakan elektroskop. |
27 |
L1 |
|
Muatan listrik |
Diberikan gambar benda. Siswa mampu menentukan muatan benda berdasarkan sifatnya. |
28 |
L2 |
|
Muatan listrik |
Diberikan gambar percobaan muatan listrik. Siswa mampu menganalisis hubungan perpindahan muatan listrik dengan sifat muatan benda. |
29 |
L2 |
|
Muatan listrik |
Disajikan gambar benda bermuatan listrik. Siswa mampu menentukan arah aliran muatan-muatan listriknya. |
30 |
L1 |
|
Medan listrik |
Disajikan gambar pilihan jawaban. Siswa mampu menunjukkan arah medan listrik pada benda bermuatan listrik. |
31 |
L1 |
|
Gaya Coulomb |
Diberikan data. Siswa mampu menghitung gaya Coulomb berdasarkan data |
32 |
L2 |
|
Gaya Coulomb |
Diberikan gambar dua benda bermuatan. Siswa mampu menghitung gaya yang terjadi jika jarak benda dirubah. |
33 |
L2 |
|
Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif. |
Tegangan listrik |
Diberikan teks tentang rangkaian tertutup. Siswa mampu menghitung tegangan pada rangkaian listrik. |
34 |
L2 |
Kelistrikan pada saraf |
Disajikan gambar skema sel saraf. Siswa mampu menentukan gambar yang tepat dengan aktivitas yang terjadi. |
35 |
L2 |
|
Rangkaian listrik |
Diberikan gambar rangkaian listrik. Siswa mampu menghitung tegangan pada rangkaian. |
36 |
L2 |
|
Rangkaian listrik |
Disajikan gambar pilihan jawaban. Siswa mampu menentukan pemasangan rangkaian listrik yang tepat. |
37 |
L2 |
|
Rangkaian listrik |
Diberikan gambar rangkaian listrik. Siswa mampu menganalisis pengaruh pemasangan sakelar pada rangkaian tersebut. |
38 |
L2 |
|
Daya listrik |
Diberikan gambar rangkaian listrik. Siswa mampu menghitung besarnya daya listrik pada rangkaian |
39 |
L2 |
|
Energi listrik |
Diberikan data pemakaian listrik. Siswa mampu menghitung biaya pemakaian listrik. |
40 |
L2 |
Untuk soal no 41-50 kisi-kisi masih sama, terima kasih
Terimakasih Bu
BalasHapus-Nabilla Syahiya 9C
Terima kasih Bu
BalasHapus-sasta humayra 9c
terimakasih bu
BalasHapusanissa ellen 9c
Terimakasih bu
BalasHapusYoga Dwi Saputra 9C
Terimakasih bu
BalasHapus-Clarisma Hana Aulia 9C
Terima kasih bu atas materinya
BalasHapusMuhammad vasech aljabbar 9c
Terimakasih Bu
BalasHapusRasya Indi r.9c
Terimakasih bu
BalasHapusAlyaa Raisya Rahmadhani
Terimakasih bu
BalasHapus-Alisa Awaliyah 9C
Baik bu terimaksih
BalasHapus-muhammad Tri Zaeri 9c
Terima kasih Bu
BalasHapus-Muhammad Fathi Farhat 9c
Terimakasih bu
BalasHapusRafi ahmad b 9c