Rabu, 22 Juli 2020

Spermatogenesis,Oogenesis, dan Siklus Menstruasi
IPA kelas 9, Rabu 22 Juli 2020

Apa itu siklus menstruasi? Siklus menstruasi adalah perubahan yang terjadi di tubuh wanita setiap bulan sebagai usaha untuk mempersiapkan kehamilan.
Setiap bulannya, ovarium (indung telur) melepaskan sel telur. Proses ini dinamakan dengan ovulasi. Di waktu yang sama, terjadi perubahan hormon di tubuh wanita untuk menebalkan dinding uterus (rahim) demi mempersiapkan kehamilan.
Jika ovulasi telah terjadi dan sel telur tidak dibuahi sperma, sebagian lapisan dinding rahim akan luruh dan keluar melalui vagina.

Proses inilah yang biasa kita sebut dengan menstruasi atau haid. Seperti apa siklus menstruasi yang normal?
Sebenarnya, kriteria siklus menstruasi yang normal bisa berbeda pada tiap wanita. Namun, secara umum, Anda dapat menggunakan acuan di bawah ini untuk memahami siklus menstruasi yang semestinya.

1. Dari segi waktu Hari pertama siklus menstruasi dihitung dari hari pertama Anda terakhir kali mengalami menstruasi. Lalu, hari terakhir siklus, dihitung dari hari pertama menstruasi Anda berikutnya. Rata-rata, siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari.
Namun, siklus menstruasi yang berlangsung selama 21-35 hari, juga masih masuk dalam jangka waktu normal. Melihat perbedaannya yang begitu jauh, tidak heran jika kriteria siklus menstruasi yang normal antarwanita pun bisa jauh berbeda. Berbagai hal dapat memengaruhi panjangnya siklus menstruasi seorang wanita.
Salah satunya adalah usia. Selama tahun pertama hingga tahun kedua setelah seorang wanita mulai mengalami menstruasi, periode siklus menstruasinya cenderung lebih panjang. Lalu, seiring bertambahnya usia, lama-kelamaan wanita akan mengalami siklus menstruasi yang lebih pendek dan teratur.
Selain itu, penggunaan alat kontrasepsi, seperti pil KB dan spiral, bisa memengaruhi siklus menstruasi. Lamanya seorang wanita mengalami menstruasi juga dapat berbeda-beda.
Kebanyakan wanita mengalami menstruasi selama tiga hingga lima hari. Namun, menstruasi yang terjadi dalam 2 hingga 7 hari, masih dianggap normal.

2. Volume darah menstruasi Rata-rata, seorang wanita akan mengeluarkan darah sebanyak 15 hingga 90 ml saat menstruasi. Konsistensi darah yang keluar pun bisa sedikit cair atau sedikit kental disertai adanya gumpalan-gumpalan darah. Tidak hanya berwarna merah gelap, darah menstruasi yang keluar pun ada yang berwarna sedikit kecoklatan atau merah muda.

3. Gejala yang dialami Beberapa gejala yang umumnya akan muncul saat sudah akan masuk fase menstruasi antara lain: Perut terasa tidak enak Suasana hati menjadi lebih buruk Muncul jerawat Muncul rasa sakit atau kram pada area perut bagian bawah dan punggung Lebih sering lapar Gangguan tidur

Tugas: jelaskan tentang siklus menstruasi
Kirim ke WA ibu ya mksh

20 komentar:

  1. Terimakasih Bu
    -Nabilla Syahiya 9C

    BalasHapus
  2. Ok Bu terimakasih
    Aurora Zahrani F 9c

    BalasHapus
  3. Terimakasih buk
    M Rizki Pratama 9c

    BalasHapus
  4. Terima kasih Bu
    -sasta humayra 9c

    BalasHapus
  5. Terimakasih Bu
    -M.Fauzan oktriananda 9C

    BalasHapus
  6. Terimakasih bu
    Amanda Shafa T 9C

    BalasHapus
  7. Terima kasih bu
    —Saskia Salsabila 9C

    BalasHapus
  8. Terima kasih materinya
    M.farid nur Rasyid 9c

    BalasHapus
  9. Terimakasih Bu
    Rasya Indi r.9c

    BalasHapus
  10. Terimakasih bu
    -Clarisma Hana Aulia 9C

    BalasHapus
  11. Terimakasih ibu
    -Muhammad Tri Zaeri 9c

    BalasHapus
  12. Terimakasih bu atas materinya
    -Dhea Rachma A. 9C

    BalasHapus
  13. Terimakasih bu atas materinya
    M faiq akbar 9c

    BalasHapus
  14. Terimakasih Bu atas materinya
    -Alwahid Alfareza S. 9C

    BalasHapus
  15. Terimakasih bu atas materinya
    Rafi Ahmad b 9c

    BalasHapus
  16. Terima kasih bu atas materinya
    Muhammad vasech aljabbar 9c

    BalasHapus
  17. Ananda Neyza SYACHPUTRA 9c
    Terimakasih Bu

    BalasHapus
  18. Terima kasih Bu atas materinya
    -M.Dzaky Taruna 9c

    BalasHapus
  19. Terima kasih Bu atas materinya
    M.reza rifansyah 9c

    BalasHapus
  20. Terima kasih bu atas materinya
    -zeta rama efendi8c

    BalasHapus