Senin, 14 Oktober 2019

Energi kinetik
IPA kelas 9, Senin 14 Oktober 2019

A. PENGERTIAN ENERGI KINETIK

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena gerak yang dilakukan atau dialaminya. Kata kinetik berasal dari bahasa Yunani yaitu kinetikos yang artinya bergerak. Maka dari itu, semua benda yang bergerak, sudah pasti memiliki energi kinetik. Energi kinetik disebut juga dengan energi gerak.
Energi kinetik dipengaruhi oleh massa dan kecepatan suatu benda saat bergerak. Massa disimbolkan dengan huruf m, sedangkan kecepatan disimbolkan dengan huruf v. Besarnya energi berbanding lurus dengan besarnya massa dan besarnya kecepatan suatu benda ketika bergerak.
Benda yang massa dan kecepatannya besar, pasti memiliki energi kinetik yang besar ketika bergerak. Begitu juga sebaliknya, benda yang massa dan kecepatannya kecil, energi kinetiknya juga kecil.
Contoh energi kinetik adalah ketika seseorang memukul shuttlecock pada permainan badminton dengan tujuan agar shuttlecock terbang ke arah lawan. Contoh yang lain adalah ketika Anda melempar batu. Batu yang Anda lemparkan akan melaju dengan kecepatan tertentu, yang menyebabkannya memiliki energi. Energi dapat Anda lihat ketika batu ini menabrak sasaran yang dikenainya.

B. RUMUS ENERGI KINETIK

Energi kinetik dipengaruhi oleh massa (m) dan kecepatan (v) suatu benda. Jika suatu benda dengan massa m bergerak dengan kecepatan v, maka dapat dikatakan benda tersebut memiliki energi kinetik sebesar:
Ek = 1/2 . mv2
Keterangan:
Ek : Energi Kinetik
m : massa benda
v : kecepatan benda



Tidak ada komentar:

Posting Komentar