Selasa, 01 Oktober 2019

Beda potensial

Beda potensial
IPA kelas 9, Selasa 1 Oktober 2019

Pengertian Beda Potensial Beserta Rumus

Selanjutnya terdapat pengertian beda potensial beserta rumus beda potensial. Dalam sebuah rangkaian listrik akan terjadi aliran jika elektron mengalami perpindahan dari tempat potensial rendah menuju tempat potensial tinggi. Arus listrik tersebut terjadi akibat perpindahan elektron namun arah gerak elektron berkebalikan dengan arah arus listrik. Maka dari itu diperoleh arah arus listrik yaitu dari tempat yang memiliki potensial tinggi menuju tempat yang memiliki potensial rendah. Beda potensial atau voltase atau tegangan listrik memiliki lambang huruf V. Beda potensial merupakan selisih dua titik antar potensial dalam sebuah penghantar. Jika salah salah satu titik dinamakan titik A maka memiliki besar potensial VA dan titik lain bernama titik B maka besar potensialnya dilambangkan VB. Maka diperoleh rumus beda potensial dari titik A dan B yaitu 

Beda potensial dapat timbul apabila kedua titik dalam penghantar dihubungkan dengan sumber tegangan. Sumber tegangan ini dapat mengalirkan elektron dengan besar yang berbeda beda tergantung kemampuannya. Tegangan tersebut dapat diukur menggunakan alat khusus. Alat yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik atau beda potensial bernama Voltmeter. Berikut contoh rangkaian beda potensial menggunakan voltmeter:
Rangkaian Beda Potensial
Perbedaan besar aliran listrik tergantung jumlah potensialnya misalnya aliran listrik diibaratkan sebagai air maka semakin tinggi asal air tersebut maka semakin deras pula air yang jatuh. Beda potensial memiliki satuan SI yaitu Volt. Tegangan listrik dapat diukur menggunakan Voltmeter jika dihubungkan secara seri atau pararel dengan lampu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar