Nama Guru : Septyana Fori
Pelajaran : IPA
Kelas : 8
Hari : Senin- Jum'at , 28 November - 2 Desember 2022
KISI-KISI PENULISAN SOAL PAS
Materi : 1. Sistem Gerak pada makhluk Hidup
2. Gerak pada benda
3. Pesawat sederhana
4. Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
5.Sistem pencernaan pada manusia
KD : 3.1 Mengidentifikasi fungsi rangka pada manusia
3.2 Menganalisis gerak lururs pada benda bergerak.
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mengidentifikasi struktur bunga dan fungsinya
3.5 Menganalisis
proses pencernaan yang terjadi pada setiap organ pencernaan
Assalamualaikum wr wb
Anak-anak ibu yang sholeh dan sholeha apa kabarnya......baik ya, sudah mengerjakan sholat dhuha dan murojoah pagi ini...... Alhamdullilah. Baiklah anak-anak pagi ini yang akan ibu sampaikan tentang memahami tentang Kisi-kisi PAS, Silahkan kalian baca kisi-kisi di bawah ini tetap semangat dan jaga kesehatan terima kasih.
KISI-KISI PENULISAN SOAL IPA
PAS SEMESTER GANJIL KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Jenjang sekolah : Sekolah Menengah Pertama
Jumlah soal : 40 BUTIR
Mata pelajaran : IPA
Bentuk Soal/tes : Pilihan ganda
Alokasi waktu : 120 menit
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1. |
Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak |
Mengidentifikasi fungsi rangka pada manusia |
Tulang |
Disajikan beberapa pernyataan terkait fungsi pada sistem gerak pada manusia, peserta didik dapat menentukan fungsi dari rangka |
C2 |
PG |
2 |
Mengelompokkan jenis tulang pada manusia berdasarkan ukuran dan bentuknya |
Tulang |
Ditampilkan gambar tulang , peserta didik dapat mengelompokan tulang berdasarkan bentuk dan fungsinya |
C2 |
PG |
4 |
||
Mengidentifikasi jenis sendi pada manusia |
sendi |
Ditampilkan gambar aktivitas seseorang, peserta didik dapat menganalisis sendi yang bekerja pada saat melakukan aktivitas tersebut |
C4 |
PG |
1 |
||
Mengidentifikasi jenis dna struktur otot pada manusia |
otot |
Disajikan data hasil pengamatan struktur suatu preparat, peserta didik dapat mengidentifikasi organ yang memiliki struktutur yang sama dengan yang diamati |
C3 |
PG |
3 |
||
Mengidentifikasi berbagai gangguan pada sistem gerak manusia |
Penyakit pada sistem gerak |
Disajikan data dan gambar mengenai ciri-ciri gangguan pada anggota gerak, peserta didik menganalis jenis gangguan tersebut
|
C3 |
PG |
5 |
||
Menganalisis upaya menjaga kesehatan sistem gerak |
Upaya menjaga kesehatan sistem gerak |
Disajikan gambar poster untuk menjaga kesehatan anggota gerak, peserta didik dapat menyebutkan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan sistem anggota gerak
|
C2 |
PG |
6 |
||
Menganalisis berbagai gerak pada hewan di darat |
Gerak pada hewan |
Disajikan beberapa data hasil analisis gerak pada hewan didarat, peserta didik dapat menganalsis perbedaan kecepatan gerak hewan didarat |
C4 |
PG |
7 |
||
Mengidentifiksan struktur anggota gerak hewan |
Gerak pada hewan |
Disajikan gambar beberapa hewan di darat, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan struktur tubuh anggota gerak hewan |
C2 |
PG |
8 |
||
Menjelaksan macam-macam gerak pada tubuhan |
Gerak tumbuhan |
Disajikan gambar salah satu tanaman, peserta didik mengidentifikasi jenis gerak yang terjadi pada tumbuhan tersebut |
C2 |
PG |
9 |
||
Disajikan hasil pengamatan gerakan salah satu organ pada tanaman, peserta didik dapat menyimpulkan jenis gerak pada organ tanaman tersebut |
C2 |
PG |
10 |
||||
2 |
Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup |
Mengidentifikasi macam gerak lururs |
GLB dan GLBB |
Disajikan salah satu data hasil percobaan tentang gerak, peserta didik dapat menyimpulkan macam gerak yang dihasilkan oleh data tersebut |
C2 |
PG |
11 |
Menganalisis gerak lururs pada benda bergerak |
GLB dan GLBBB |
Disajikan grafik dan data hasil pengamatan dari kompetisi balap sepeda, peserta didik dapat menarik kesimpulan berdasarkan data dan grafik yang disajikan |
C4 |
PG |
13 |
||
Menghitung kecepatan |
GLB dan GLBB |
Disajikan data kecepatan terbang bururng. Peserta didik dapat menghitung waktu seekor bururng menangakap mangsanya
|
C4 |
PG |
12 |
||
Mengidentifikasi penerapan hukum newton dalam kehidupan sehari- hari |
Hukum Newton |
Disajikan beberapa pernyataan peristiwa dalam kehidupan, peserta didik dapat menyimpulkan peristiwa yang disajikan kedalam hukum newton |
C3 |
PG |
14 |
||
Disajikan suatu peristiwa dan gambar suatu aktivitas dalm kehidupan, peserta didik dapat menyimpulkan peristiwa yang disajikan ke dalam hukum newton |
C3 |
PG |
16 |
||||
Menganalisis pengaruh gaya terhadap gerak benda |
Menghitung gaya |
Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menyimpulkan pengaruh gaya terhadap gerak benda |
C3 |
PG |
15 |
||
Disajikan sebuah informasi mengenai berat benda dibumi akibat pengaruh gravitasi bumi, peserta didik dapat menghitung berat benda akibat pengaruh gravitasi di bulan |
C3 |
PG |
17 |
||||
Disajikan gambar dengan gaya yang bekerja pada benda tersebut, peserta didik dapat menghitung percepatan yang terjadi pada benda |
C3 |
PG |
18 |
||||
3 |
Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapnnya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia |
Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari |
Jenis-jenis pesawat sederhana |
Disajikan gambar suatu peralatan dan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis pesawat sederhana pada peralatan tersebut |
C2 |
PG |
19, 20, 21, 23 |
Menjelaskan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan seari-hari |
Menghitung besar gaya dan keuntungan mekanis pada pesawat sederhana |
Disajikan fenomena beserta gambar yang menggunakan pesawat sederhana, peserta didik dapat menghitung besar gaya yang di butuhkan |
C2 |
PG |
22 dan 25 |
||
Disajikan suatu gambar pesawat sederhana, peserta didik dapat menentukan keuntungan mekanis dari pesawat sederhana tersebut |
C2 |
PG |
24 |
||||
Mengidentifikasi pesawat sederhana pada kerja otot dan struktur rangka manusia |
Mekanisme kerja otot dan rangka manusia |
Disajikan suatu gambar dan aktivitas manusia yang melibatkan kerja otot dan struktur rangka, peserta didik dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang bekerja pada aktivitas tersebut |
C3 |
PG |
26 |
||
4 |
Mendeskripsikan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan |
Mengidentifikasi struktur bunga dan fungsinya |
Jaringan pada organ bunga |
Disajikan gambar putik bunga, peserta didik dapat menentukann struktur dan fungsi dari putik |
C2 |
PG |
27 |
Mengidentifikasi jaringan penyusun akar |
Jaringan pada akar |
Disajikan gambar potongan melintang akar, peserta didik dapat menentukan jenis tumbuhan yang memiliki akar tersebut |
C3 |
PG |
28 |
||
Mendeskripsikan jaringan penyusun batang |
Jaringan pada batang |
Disajikan suatu fenomena dan gambar melintang batang, peserta didik dapat mendeskripsikan fungsi dari jaringan dan pertumbuhan yang terjadi |
C4 |
PG |
29 |
||
Mendskripsikan jaringan penyusun daun |
Jaringan pada daun |
Disajikan gambar struktur jaringan daun, peserta didik dapat menunjukan fungsi dari salah satu jaringan pada daun |
C2 |
PG |
30 |
||
Mendeskripsikan teknologi yang terinpirasi oleh struktur tumbuhan |
Teknologi yang terinspirasi dari struktur tumbuahan |
Disajikan gambar suatu teknologi yang terinspisai dari struktur tumbuhan, peserta didik dapat menentukan dan mendeskripsikan bagian struktur tumbuhan yang menginspirasi teknologi tersebut |
C4 |
PG |
31 |
||
5 |
Menganalisis sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan |
Mengidentifikasi pencernaan mekanik dan kimiwai |
Pencernaan mekanik dan kimiawi |
Disajikan suatu pernyataan tentang pencernaan mekanik dan kimiawi di salah satu organ pencernaan, peserta didik dapat menentukan enzim yang terlibat dalam proses pencernaan kimiawi pada organ tersebut |
C2 |
PG |
32 |
Menganalisis proses pencernaan yang terjadi pada setiap organ pencernaan |
Organ pencernaan |
Disajikan gambar organ pencernaan serta data proses pencernaan yang terjadi pada setiap organ, peserta didik dapat mengelompokkan proses pencernaan yang terjadi pada organ yang ditunjuk dengan benar |
C2 |
PG |
33 |
||
Organ pencernaan |
Disajikan gambar organ pencernaan, serta menu makanan pagi seseorang, Peserta didik dapat menganalisis proses pencernaan yang terlibat dalam mencerna kandungan makanan |
C4 |
PG |
35 |
|||
Mengidentifikasi kandungan zat gizi pada makanan |
Zat Gizi pada makanan |
Disajikan grafik kandungan gizi susu pada hewan ternak, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan gizi tertinggi pada hewan ternak |
C4 |
PG |
34 |
||
Mendeskripsikan berbagai gangguan penyakita pada sistem pencernaan dan upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan |
Gangguan dan penyakit dan sistem pencernaan |
Disajikan suatu fenomena penyakit, peserta didik dapat mendeskripsikan jenis penyakit dan upaya yang dpat dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut |
C3 |
PG |
36 |
||
6 |
Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan |
Menyelidiki pewarna alami dan buatan |
Macam-macam zat aditif |
Disajikan wacana penggunaan pewarna dalam makanan, peserta didik dapat menjelaskan kandungan yang terdapat pada pewarna alami |
C2 |
PG |
37 |
Menyebutkan jenis-jenis zat aditif |
Disajikan beberapa gambar bahan-bahan makanan, peserta didik dapat menyebutkan bahan-bahan yang termasuk ke dalam zat aditif
|
C2 |
PG |
38 |
|||
Menjelaskan dampak penggunaan zat adiktif bagi kesehatan |
Zat adiktif |
Disajikan data pengaruh zat adiktif bagi kesehatan, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri psikis terhadap pengguna salah satu zat adiktif |
C2 |
PG |
39 |
||
Menjelaskan beberapa upaya untuk menjaga diri dari bahaya narkoba |
Upaya pencegahan Narkotika |
Disajikan beberapa data perilaku baik dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menjelaskan perilaku yang dapat menghindarkan diri dari dampak negatif narkoba |
C3 |
PG |
40 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar