Senin, 04 April 2022

Nama Guru Mapel   :  Septyana Fori

Pelajaran                  :  IPA

Kelas                        :  9

Jam                           :  1 - 9

                                                                 

LATIHAN S0AL-SOAL US


IPA KELAS 9, Senin 4 April 2022

 

TUJUAN :  Siswa dapat mengerti contoh-contoh soal US

 

Assalamualaikum wr wb 

Anak-anak ibu yang sholeh dan sholeha apa kabarnya......baik ya, sudah mengerjaka sholat dhuha dan murojoah pagi ini...... Alhamdullilah. Baiklah anak-anak pagi ini ibu akan memberikan contoh-contoh soal US dan pembahasannya . Silahkan kalian pahami contoh soal di bawah ini tetap semangat dan jaga kesehatan terima kasih.

 

Soal-Soal Latihan Ujian Sekolah

 

Topik : Klasifikasi Makhluk Hidup

Sub Topik : Ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup

Indikator : Peserta didik mampu mengklasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae dan mamalia.

1. Berikut ini merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh kelompok Protista adalah…

A. prokariotik

B. eukariotik

C. makroskopis

D. multiseluler

Kunci : B

Pembahasan:

Kelompok Protista yang memiliki ciri-ciri selnya memiliki membran inti (eukariotik), mikroskopis, bersel tunggal (uniseluler) yang mampu berkembang biak. Beberapa contoh kelompok Protista adalah Amoeba, Euglena, Paramecium, Saprolegnia.


Topik : Interaksi Antar Makhluk Hidup

Sub Topik : Gejala alam biotik dan abiotik

Indikator : Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri – ciri makhluk abiotik dan biotik yang ada di lingkungan sekitar

2. Perhatikan pernyatan di bawah ini!

  1. Peka terhadap rangsang.
  2. Membutuhkan nutrisi.
  3. Bergerak.
  4. Tumbuh dan berkembang.
  5. Bereproduksi.

Pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri makhluk biotik adalah nomor…

A. 1 dan 2

B. 2, 3, dan 4

C. 2 dan 5

D. semua benar

Kunci:  D

Pembahasan:

Makhluk biotik memliki ciri-ciri yang berbeda dengan abiotik. Ciri-ciri biotik adalah bernapas, peka terhadap rangsang, membutuhkan makanan atau nutrisi, bergerak bebas maupun terbatas, tumbuh dan berkembang dan berkembang biak atau bereproduksi.


Topik : Interaksi Antar Makhluk Hidup

Sub Topik :Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan

Indikator : Peserta didik mampu memahami pola-pola interaksi dalam ekosistem (rantai makanan, jaring- jaring makanan dan simbiosis)

3. Perhatikan dengan cermat gambar jaring-jaring makanan dibawah ini!

 

Berdasarkan gambar diatas, pernyataan yang paling tepat adalah…

A. rumput dan pohon berperan sebagai dekomposer

B. rumput dan pohon berperan sebagai produsen

C. rumput sebagai dekomposer dan pohon sebagai produsen

D. rumput sebagai produsen dan pohon sebagai dekomposer

Kunci : B

Pembahasan:

Suatu organisme selalu bergantung pada organisme yang lain dan lingkungannya. Saling ketergantungan ini akan membentuk suatu pola interaksi. Apabila pola interaksi antar komponen biotik dan abiotik ini terganggu maka akan terjadi ketidakteraturan dalam ekosistem tersebut. Pada jaring-jaring makanan di atas, rumput dan pohon merupakan produsen. Kedua organisme tersebut mampu membuat makanan sendiri melalui peristiwa fotosintesis. Selain itu, semua organisme di dalam jaring-jaring makanan apabila mati akan diuraikan oleh pengurai. Contoh organisme pengurai adalah bakteri dan fungi.


Topik : Interaksi Antar Makhluk Hidup

Sub Topik :Kepadatan populasi manusia

Indikator : Peserta didik mampu memprediksi dampak yang terjadi akibat dari kepadatan populasi manusia

4. Grafik yang paling tepat untuk menunjukan hubungan perubahan jumlah penduduk dengan kualitas udara bersih di bumi adalah…

 

 

Kunci: D

Pembahasan:

  • Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk yang mendiami suatu tempat per satuan luas daerah tersebut. Peningkatan jumlah penduduk menyebabkan beberapa hal berikut:
  • peningkatan kebutuhan hidup
  • ruang gerak menjadi sangat terbatas
  • peningkatan pencemaran udara, tanah, dan air karena bertambahnya kawasan industri dan peningkatan penggunaan alat transportasi
  • ketersediaan udara dan air besih semakin menipis


Topik : Pencemaran Lingkungan

Sub Topik : Pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

Indikator : Peserta didik mampu menganalisis prosedur pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

5. Pencemaran lingkungan akibat membuang sampah sembarangan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Bentuk usaha untuk menanggulangi masalah tersebut adalah dengan cara

A. menimbun sampah plastik di dalam tanah

B. mengolah sampah organik untuk pupuk kompos

C. mengolah sampah anorganik untuk makanan ternak

D. membuang sampah ke selokan agar tidak menumpuk

Kunci: B

Pembahasan:

Salah satu usaha menanggulangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah adalah dengan cara melakukan daur ulang sampah. Sampah anorganik didaur ulang menjadi barang-barang yang lebih berguna dan memiliki nilai lebih. Sedangkan sampah organic seperti daun dan ranting pohon dapat diolah menjadi pupuk kompos.


Topik : Sistem Gerak

Sub Topik : Mekanisme sistem organ

Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan mekanisme sistem gerak

 

6. Otot merupakan penggerak bagian-bagian tubuh. Otot yang berperan dalam pergerakan seperti gambar di atas adalah…

A. polos dan rangka

B. trisep dan jantung

C. jantung dan bisep

D. bisep dan trisep

Kunci: D

Pembahasan:

Gambar diatas merupakan gambar otot bisep dan trisep. Letak otot bisep terdapat di bagian lengan atas sedangkan otot trisep terdapat di sepanjang lengan. Kedua otot tersebut bekerja berlawanan dan berperan dalam gerak melipat dan meluruskan tangan. Ketika tangan melipat, diameter lengan akan membesar yang disebabkan kontraksi otot bisep dan relaksasi otot trisep. Dan sebaliknya ketika tangan diluruskan kembali, diameter lengan akan kembali ke ukuran semula yang disebabkan oleh relaksasi otot bisep dan kontraksi otot trisep.


Topik : Bioteknologi

Sub Topik : Penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia

Indikator : Peserta didik mampu memberi contoh penerapan dari bioteknologi pagan bagi kehidupan

7. Tempe merupakan produk pangan hasil fermentasi. Fermentasi ini dilakukan dengan bantuan jamur…

A. Saccharomyces cerevisiae

B. Aspergillus wentii

C. Rhizopus oryzae

D. Oryza sativa

Kunci:  C

Pembahasan:

Bioteknologi adalah pemanfaatan bahan yang diperoleh dari makhluk hidup untuk menghasilkan suatu produk atau jasa yang bermanfaat bagi manusia dengan bantuan agen biologi. Bioteknologi dibagi menjadi 2 jenis yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Bioteknologi konvensional hanya menggunakan mikroorganisme (jamur dan bakteri) untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia. Contohnya dalam pembuatan tempe. Tempe dibuat dari bahan baku kacang kedelai dengan bantuan jamur Rhizopus oryzae dan Rhizopus oligosporus.


Topik : Pewarisan Sifat

Sub Topik : Pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkan kesejahteraan manusia

Indikator : Peserta didik mampu menentukan manfaat dari penerapan pewarisan sifat pada tumbuhan dan hewan

8. Jenis ayam berikut ini yang merupakan hasil persilangan beberapa jenis ayam unggul dari berbagai negara adalah ayam….

A. jago

B. hutan

C. broiler

D. kampung

Kunci: C

Pembahasan:

Pewarisan sifat berperan penting dalam pemuliaan hewan, yaitu menghasilkan hewan ternak berkualitas tinggi. Contoh hasil pewarisan sifat adalah unggas yang mampu menghasilkan banyak telur atau sapi dengan kualitas susu dan daging yang baik. Ayam broiler atau ayam potong yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia saat ini merupakan hasil persilangan beberapa jenis ayam unggul dari berbagai negara. Ayam ini menghasilkan banyak daging, memiliki daging yang lebih lezat, dan mampu menghasilkan telur dengan baik.


Topik : Objek Ilmu Alam dan Pengamatannya

Sub Topik : Besaran dan satuan

Indikator : Peserta didik mampu menentukan besaran pokok

Berikut ini yang merupakan contoh besaran turunan adalah…

A. waktu

B. kuat arus

C. kecepatan

D. jumlah zat

Kunci: C

Pembahasan:

Segala sesuatu yang diukur disebut besaran. Dalam kegiatan pengukuran perlu menggunakan satuan baku atau satuan yang disepakati bersama. Terdapat dua jenis besaran, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Berikut ini yang merupakan besaran pokok adalah panjang, massa, waktu, kuat arus, suhu, jumlah zat, dan intensitas cahaya. Kecepatan merupakan besaran turunan dari besaran panjang dan waktu. Jadi pilihan jawaban yang paling tepat adalah C.


Topik : Unsur, Senyawa, dan Campuran

Sub Topik : Zat dan perubahannya

Indikator : Peserta didik mampu membedakan perubahan fisika dan kimia

10. Berikut ini merupakan contoh perubahan fisika adalah….

A. besi menjadi berkarat

B. es menjadi cair

C. kayu menjadi arang

D. CO2 dipecah menjadi O2

Kunci: B

Pembahasan:

Perubahan fisika adalah perubahan zat yang tidak disertai dengan terbentuknya zat baru sedangkan perubahan kimia adalah perubahan zat yang dapat menghasilkan zat baru. Contoh perubahan fisika antara lain menguap, mengembun, mencair, membeku, menyublim, melarut, serta perubahan bentuk. Contoh perubahan kimia benda adalah proses pembakaran kayu. Kayu sebelum dibakar mengandung serat selulosa, tetapi setelah dibakar berubah menjadi arang atau karbon. Contoh lain dari perubahan kimia yang sering terjadi di alam adalah proses perkaratan besi. Besi sebelum berkarat adalah unsur Fe, tetapi besi setelah berkarat berubah menjadi senyawa Fe2O3.



 

Silahkan kalian pamahi contoh-contoh soal diatas 

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr Wb

 

 

14 komentar:

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ibu
    Okei terimakasih banyak atas materi nya 🙏🏻
    - Anisa Putri 9 A
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Bu terimakasih atas materinya
    Ahmad Fauzan Harahap 9A

    BalasHapus
  3. assalamualaikum Bu terimakasih materinya-aline 9a

    BalasHapus
  4. assalamualaikum bu, terimakasi atas materinya
    Audita Gea Salsabillah 9A

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Bu terimakasih atas materi nya
    Diranda Aprilia 9A

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum bu terimakasih atas soal soalnya

    Diajeng Ayu Wulan 9A

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum,terimakasih bu
    Rafli 9A

    BalasHapus
  8. assalamualaikum bu trimakasih-tazkia 9A

    BalasHapus
  9. assalamualaikum bu, terimakasih
    Alfarin Azzura 9A

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum Bu terimakasih
    TEGAR assharul 9A

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum bu, terimakasih atas materinya
    Abiyyu 9A

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum, Terimakasih bu
    -Annisa devina 9a

    BalasHapus
  13. assalamualaikum, terima kasih bu
    -aggy nazwa alika 9A

    BalasHapus
  14. assalamualaikum, terima kasih bu
    -Vakhroh Ardelia 9A

    BalasHapus