KISI-KISI US IPA KELAS 9
IPA KELAS 9, SELASA 27 APRIL 2021
Assalamualaikum wr wb
Anak-anak ibu yang sholeh dan sholeha apa kabarnya......baik ya, sudah mengerjakan sholat dhuha dan murojoah pagi ini...... Alhamdullilah. Baiklah anak-anak pagi ini materi yang akan ibu sampaikan tentang kisi-kisi US . Silahkan kalian baca bawah ini tetap semangat dan jaga kesehatan terima kasih.
KISI-KISI PENULISAN SOAL US TAHUN 2021
JENIS SEKOLAH : SMP
JUMLAH SOAL : 40
BENTUK SOAL : PG
PENYUSUN : SABAR WASPANDI
No |
Materi Klas |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Level |
No. soal |
|
1 |
|
2 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
1. |
7 |
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku) |
Pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan |
Diberikan gambar mistar, siswa dapat menentukan panjang suatu benda |
L2 |
1. |
|
2. |
3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati |
Klasifikasi dikotom dan kunci determinasi |
Siswa dapat menentukan kunci determinasi dari data yang disajikan |
L2 |
2. |
|
|
3. |
3.4Menganalisiskonsepsuhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilansuhutubuhpada manusiadan hewan |
Suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor dan penerapannya |
Diberikan grafik pemanasan air, siswa dapat menunjukkan saat air tidak mengalami perubahan suhu |
L1 |
3. |
||
Diberikan fenomena perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menyebutkan contoh perpindahan kalor |
L1 |
4. |
|||||
4. |
3.6Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupanmulaidaritingkat sel sampaiorganisme dankomposisi utamapenyusunsel |
Sel sebagai Unit Struktural dan fungsional kehidupan |
Disajikan gambar sel siswa dapat menyebutkan fungsi dari organela yang di tunjuk |
L1 |
5. |
|
|
5. |
3.7 Menganalisisinteraksiantara makhluk hidupdanlingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut |
Bentuk-bentuk saling ketergantungan |
Disajikan gambar Jaring-jaring makanan siswa dapat menjelaskan dengan benar akibat perburuan pada salah satu populasi. |
L1 |
6. |
|
|
6. |
3.8Menganalisisterjadinya pencemaran lingkungandandampaknya bagi ekosistem |
Pencemaran lingkungan |
Siswa dapat memberi saran yang paling tepat terhadap kasus yang disajikan. |
L3 |
7. |
|
|
7. |
3.11 Menganalisissistem tata surya, rotasi danrevolusibumi, rotasidanrevolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi |
sistem tata surya, rotasi danrevolusibumi, rotasidanrevolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi |
Diberikan contoh fenomena alam, siswa dapat menganalisis akibat rotasi bumi |
L2 |
8. |
|
|
1. |
8 |
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak |
Sistem gerak manusia
|
Disajkan gambar persendian siswa dapat menentukan arah gerakan sendi tersebut |
L2 |
9. |
|
2. |
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup |
gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda |
Disajikan gambar, siswa dapat mengalisis gerak lurus berubah beraturan |
L3 |
10. |
||
Disajikan rumus hukum Newton ke 2, siswa dapat menganalisis hubungan antara percepatan, massa dan gaya |
L3 |
11. |
|||||
3. |
3.3 Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia |
konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia |
Disajikan data variabel tuas, siswa dapat menghitung Gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban |
L2 |
12. |
||
Disajikan data keuntungan menggunakan pesawat sederhana, siswa dapat menentukan pernyataan yang tidak tepat |
L2 |
13. |
|||||
4. |
3.4 Mendeskripsikan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan |
Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Disajikan gambar penampang melintang suatu organ tumbuhan siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan yang ditunjuk |
L1 |
14. |
|
|
5. |
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan |
Struktur dan fungsi sistem pencernaan makanan pada manusia |
Disajikan gambar organ pencernaan siswa dapat menunjukkan gangguan pada salah satu organ dengan tepat sesuai kasus yang diuraikan |
L2 |
15. |
|
|
6. |
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah |
Peredaran darah pada manusia |
Siswa dapat menjelaskan urutan peredaran darah dengan benar dari data yang disajikan |
L2 |
16. |
|
|
7. |
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Disajikan gambar Bentuk konstruksi bendungan, siswa dapat menentukan bentuk yang tepat sesuai konsep tekanan |
L1 |
17. |
|
|
8. |
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan |
Gangguan pada sistem pernafasan manusia |
Disajikan data ciri-ciri suatu penyakit siswa dapat menyimpulkan jenis penyakit pernafasan dengan benar berdasarkan ciri-ciri tersebut. |
L1 |
18. |
|
|
9. |
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi |
Struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia |
Disajikan gambar organ ekskresi siswa dapat menjelaskan fungsi dari bagian yang ditunjuk |
L1 |
19. |
|
|
10. |
3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya |
sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya |
Diberikan contoh cermin cembung, siswa dapat menyebutkan sifat bayangan yang dibentuk |
L1 |
20. |
|
|
1. |
9 |
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi |
Organ reproduksi manusia
|
Disajikan gambar organ reprodusi siswa dapat menjelaskan nama bagian yang ditunjuk |
L1
|
21. |
|
Spermatogenesis
|
Siswa dapat menyebutkan sifat kromosom pada tahapan proses pembentukan sperma
|
L1
|
22. |
||||
Penyakit pada sistem Reproduksi |
Siswa dapat menyimpulkan jenis penyakit reproduksi dari data yang disajikan
|
L2 |
23. |
||||
2. |
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup |
Materi Genetik
|
Siswa dapat menjelaskan persamaan antara materi genetik
|
L2
|
24. |
||
Persilangan Monohibrid
|
Disampaikan kasus persilangan monohibrid siswa dapat menentukan pernyataan yang benar.
|
L2
|
25. |
||||
Pewarisan Sifat dalam pemuliaan tanaman
|
Ditunjukkan bagan persilangan dihibrid siswa dapat menentukan genotip F1 sebagai bibit unggul dengan benar.
|
L2 |
26. |
||||
3. |
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari. |
konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari melalui generator vande graff. |
Diberikan gambar fenomena anak memegang generator Van de Graff, siswa Menjelaskan konsep prinsip kerja Generator tsb.. |
L2 |
27. |
||
Diberikan peristiwa perpindahan elektron dari kaca dengan sutera, siswa dapat menentukan jenis muatan pada kaca |
L2 |
28. |
|||||
4. |
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif. |
rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif |
Diberikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat membandingkan besarnya hambatan total dari rangkaian. |
L2 |
29. |
||
Diberikan contoh perubahan energi pada senter yang menyala, siswa dapat menentukan urutan perubahan energi. |
L3 |
30. |
|||||
5. |
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari. |
kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari. |
Diberikan gambar cara membuat magnet dengan cara gosokkan, siswa dapat menentukan jenis kutub magnet. |
L2 |
31. |
|
|
|
|
|
Diberikan masalah campuran pasir dan serbuk besi, siswa dapat menganalisis cara memisahkannya |
L3 |
32. |
|
|
6. |
3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia |
Bioteknologi pangan
|
Siswa dapat menentukan dengan benar penerapan bioteknologi untuk meningkatkan produksi pangan dari pernyataan yang disampaikan.
|
L2
|
33. |
||
Bioteknologi Kesehatan
|
Siswa dapat menentukan salah satu manfaat produk bioteknologi bagi kesehatan dari pernyataan yang disampaikan. |
L2
|
34. |
||||
Diberikan beberapa peralatan listrik, siswa dapat menentukan jenis alat listrik yang memanfaatkan elektromagnet |
Diberikan beberapa contoh alat-alat produk teknologi, siswa dapat menentukan alat yang memanfaatkan elektromagnetik |
L1 |
35. |
||||
7. |
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion, molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan seharihari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia |
konsep partikel materi (atom, ion, molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan seharihari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia |
Disajikan bahan yang paling sesuai untuk bahan pembuat peralatan memasak adalah... |
L2 |
36. |
||
Disajikan lambang unsur Litium, Siswa dapat menghitung jumlah netronnya |
L2 |
37. |
|||||
38. |
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan |
sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan. |
Diberikan sifat fisika dan kimia, siswa dapat menentukan sifat fisika suatu zat. |
L1 |
38. |
||
Peran tanah bagi kehidupan |
Siswa dapat menentukan peran tanah dengan benar dari pernyataan yang disediakan |
L2 |
39. |
||||
39. |
3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan |
proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan |
Siswa dapat menyebutkan salah satu istilah untuk energi alternatif dari pernyataan yg disampaikan. |
L1 |
40. |
|
Karakteristik Soal Pada Level Kognitif
L1 = Pengetahuan dan Pemahaman (C1, C2)
L2 = Aplikasi (C3)
L3 = Penalaran (C4, C5, C6)
Terimakasih Bu
BalasHapusSalsabila 9E
terima kasih bu
BalasHapusklara rahma 9e
terimakasih bu
BalasHapusfarida febrian f 9E
BalasHapusterimakasih bu
Aina niken r 9E
Baik bu terima kasih
BalasHapusAthallah Rafif A 9e
Terima kasih Bu
BalasHapusAnnisa Lutfiah cessaria 9E
terimakasih bu
BalasHapusadara elma 9d
Terima kasih Bu
BalasHapusNajwa Azzukhrufiah
Kelas 9D
Terimakasih bu
BalasHapusNeza agnesia 9D
terimakasih bu
BalasHapussalsabilah puspa 9d
Terima kasih Bu
BalasHapusDaffa satria reffandi 9d