KEMAGNETAN
IPA KELAS 9, SELASA 19 JANUARI 2021
KD : Memahami konsep dasar kemagnetan dalammikehidupan sehari-hari
TUJUAN : Siswa dapat memahami konsep kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari
Gaya Lorentz
Kawat berarus dalam medan magnet akan mengalami Gaya Lorentz. Arus listrik sebanding dengan gaya yang ditimbulkan, demikian juga dengan perubahan medan magnet yang diberikan. Akibat dari arah arus (I) dan arah medan magnet (B) saling tegak lurus, secara matematis Gaya Lorentz dituliskan sebagai berikut :
Keterangan :
F = gaya lorentz (Newton)
B = medan magnet tetap (Tesla)
I = kuat arus listrik (Ampere)
L = panjang kawat berarus yang masuk medan magnet (meter)
Penentuan arah Gaya Lorentz, dapat dilakukan dengan menggunakan kaidah tangan kanan. seperti gambar berikut :
Penerapan gaya lorentz contohnya motor listrik. Motor listrik digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Contoh motor listrik dalam kehidupan sehari-hari yaitu motor listrik pada kipas angin yang berfungsi menggerakkan baling-baling.
Induksi Elektromagnetik
Induksi elektromagnetik adalah perubahan medan magnet yang dapat menghasilkan listrik. Menurut Faraday, arus listrik dapat dihasilkan dengan cara menggerakkan magnet batang keluar masuk kumparan, diterapkan pada generator, dinamo AC – DC dan Transformator.
Generator adalah alat yang digunakan untuk mengubah energi gerak (kinetik) menjadi listrik. Energi gerak diperoleh dari energi angin, air, dan sebagainya. Generator ada 2 yaitu generator AC (Alternating Current) dan DC (Direct Current).
Generator AC atau alternator dapat menghasilkan arus listrik bolak balik dengan menggunakan cincin ganda, generator DC dapat menghasilkan arus listrik searah dengan menggunakan komutator (cincin belah). Berikut contohnya :
Dinamo adalah generator yang relatif kecil seperti yang digunakan pada sepeda. Pada sepeda terdapat dinamo yang berfungsi mengubah gerak menjadi energi listrik untuk menyalakan lampu. Cara kerja dinamo dan generator hampir sama, perbedaannya dinamo memiliki dua komponen utama, yaitu rotor (bagian yang bergerak) dan stator (bagian yang diam).
Berikut contoh dinamo AC-DC :
Saat sepeda dikayuh dengan cepat, kumparan pada dinamo bergerak cepat sehingga gaya gerak listrik (GGL) induksi yang dihasilkan lebih kuat dan energi listrik lebih banyak. GGL induksi diperoleh dengan mempercepat putaran kumparan, penggunaan magnet yang kuat, memperbanyak jumlah lilitan, dan penggunaan inti besi lunak dalam dinamo.
Transformator adalah alat yang digunakan menurunkan atau menaikkan tegangan listrik, berdasarkan penggunaannya, ada 2 jenis yaitu transformator step-down untuk menurunkan tegangan listrik dan transformator step-up untuk menaikkan tegangan listrik. Berikut ilustrasinya :
Transformator terdiri atas lilitan primer dan sekunder yang dihubungkan menggunakan inti besi. Lilitan primer yang mendapat tegangan AC menginduksi inti besi hingga menjadi magnet. Perubahan arah arus AC membuat medan magnet yang terbentuk berubah-ubah, sehingga menghasilkan tegangan AC pada ujung-ujung kumparan sekunder.
Besar kecilnya tegangan yang dihasilkan transformator dipengaruhi oleh jumlah lilitan. Jika lilitan primernya lebih banyak daripada lilitan sekunder, tegangan kumparan sekunder juga lebih kecil daripada tegangan kumparan sekunder, transformatornya tersebut disebut transformator step down.
Jika jumlah lilitan primernya lebih sedikit daripada lilitan sekunder, maka tegangan kumparan sekunder lebih besar daripada tegangan kumparan primer, transformatornya disebut transformator step up.
Pada transformator ideal, energi listrik yang masuk ke kumparan primer akan dipindahkan seluruhnya ke dalam kumparan sekunder, ini mengakibatkan besar efisiensi transformator menjadi 100% atau secara matematis dituliskan sebagai :
Maka =
Keterangan : Wp = energi primer
Ws = energi sekunder
Ip = arus primer
Is = arus sekunder
Np = lilitan primer
Ns = lilitan sekunder
Vp = tegangan primer
Vs = tegangan sekunder
Pada kenyataannya, tidak pernah dibuat tranformator dengan efisiensi sebesar 100% (ideal), karena sebagian energi listrik yang masuk ke dalam kumparan primer akan diubah menjadi kalor. Perubahan energi listrik menjadi kalor ini salah satunya disebabkan oleh adanya arus Eddy pada inti besinya. Perhitungan trafo () tidak ideal dilakukan dengan menggunakan rumus :
keterangan : Pout = daya listrik kumpara sekunder
Pin = daya listrik kumparan primer
CONTOH SOAL
1. Seseorang ingin mengubah tegangan dari AC 220 volt menjadi 110 volt dengan sebuah transformator. Tegangan 220 volt tadi dikaitkan dengan kumparan primer yang mempunyai 1,000 lilitan. Kumparan sekundernya harus mempunyai jumlah lilitan ……
Jawab:
Diketahui:
- Vp = 220 volt
- Vs = 110 volt
- Np = 1.000 lilitan
Ditanya Ns = …..?
Pembahasan:
- Vp/Vs = Np/Ns
- Ns = Vs/Vp x Np
- Ns = 220/110 x 1.000 = 2.000 lilitan
2. Suatu trafo arus primer serta sekundernya masing – masing adalah 0,8 A dan 0,5 A. Jika jumlah lilitan primer serta sekunder masing – masing adalah 100 dan 800, maka berapakah efisiensi trafo?
Jawab:
Diketahui:
- Ip = 0,8 A
- Np = 1000
- Is = o,5 A
- Ns = 800
Ditanya: Berapakah efisiensi trafo (η) …..?
Pembahasan:
- η = (Is x Ns/ Ip x Np) x 100%
- η = (0,5 A x 800/ 0,8 A x 1000) x 100%
- η = (400/ 800) x 100%η = 0,5 x 100%
- η = 50%
Sehingga, efisiensi di dalam suatu trafo yaitu sebesar 50%.
3. Di dalam suatu transformator memiliki kumparan primer dengan 1200 lilitan serta kumparan sekunder dengan 1000 lilitan. Jika arus primer 4 A, maka berapa kuat arus sekunder tersebut?
Jawab:
Diketahui:
- Np = 1200 lilitan
- Ns = 1000 lilitan
- Ip = 4 Ampere
Ditanya: Kuat arus sekunder (Is) …..?
Pembahasan:
- Is/Ip = Np/Ns
- Is/4 = 1200/1000
- Is/4 = 1,2
- Is = 1,2 (4)
- Is = 4,8 Ampere
Sehingga, kuat arus sekunder yang dihasilkan sebesar 4,8 Ampere.
4. Efisiensi suatu trafo 60%. Jika energi listrik yang dikeluarkan sebanyak 300 J, berapakah energi listrik yang masuk ke dalam trafo?
Jawab:
Diketahui:
- η = 60%
- Ws = 300 J
Ditanya: Energi listrik yang masuk ke trafo (Wp)?
Pembahasan:
- η = (Ws/Wp) x 100%
- 60% = (300 J/Wp) x 100%
- 60% = (300 J/Wp) x 100%
- 6 = 3000 J/Wp
- Wp = 3000 J/6
- Wp = 3000 J/6
- Wp = 500 J
Jadi hasilnya 500 J
Setelah membaca materi silahkan kalian buat salah satu contoh soal dan penyelesainnya dibuku latihan diberi nama dan kelas dan dikumpul ke WA ibu
Terima kasih
baik bu,terima kasih
BalasHapusAina Niken R 9E
Baik bu terimakasih
BalasHapus-Abell Nadila zhra 9d
Baik Bu terima kasih
BalasHapusMelda Rizta Viola 9E
Baik Bu terimakasih
BalasHapusDecky Aprilian 9D
Baik Bu terimakasih
BalasHapusZaky Lutfi H 9e
Terima kasih bu
BalasHapusRizky Kurniawan 9d
Baik bu, terimakasih
BalasHapus-Annisa Lutfiah cessaria 9E
Terimakasih bu
BalasHapusM Adryan Syaputra 9D
Terimakasih bu
BalasHapusAlya syahara 9d
Terimakasih bu
BalasHapusSiti astiya zulfa 9D
Terima kasih Bu
BalasHapusGayoh asa mahaviro 9E
Trima kasih bu
BalasHapusM. Rashky zaid 9e
Terima kasih Bu
BalasHapusArya sheva 9D
Terimakasih bu
BalasHapusAmanda fitri Yani 9d
Terimakasih bu
BalasHapusNeza agnesia 9D
Terimakasih bu
BalasHapusSalsabila Elfaliyanti 9e
Terima kasih bu
BalasHapusBanyu laksana bimantara 9E
Terima kasih Bu
BalasHapusLingga diva s 9E
Baik Bu terimakasih
BalasHapusNur Arafah siano 9e
Terima kasih Bu
BalasHapusBalqis zahra fairus 9e
Terima kasih bu.
BalasHapusKlara Rahma 9e
Terimakasih bu
BalasHapusAyu maharani 9D
terimakasih bu
BalasHapushervan albariq f 9d
Terima kasih Bu
BalasHapusRiffa Yudika P 9D
Terima kasih buk
BalasHapusReyhan Pratama 9D
Terima kasih Bu
BalasHapusRifki Yudika 9D
Terima kasih Bu
BalasHapusDaffa satria reffandi 9d
Terima kasih bu
BalasHapusDedi setiawan 9d
Terima kasih Bu
BalasHapusNeli Rahma Wati 9e
Terimakasih bu
BalasHapusWiarya Winata 9e
Trimakasih Bu
BalasHapusM.Rafi fazli 9E
terimakasih bu
BalasHapusfarida febrian 9E
Baik bu terima kasih
BalasHapusAthallah Rafif A 9e
Terimakasih bu
BalasHapusChalista Marta a 9D
terimakasih bu
BalasHapusm.rasya adia c 9D
trimakasih bu atas materinya
BalasHapusBima cahya Ramadhan 9D
Terimakasih bu atas materi yg di sampaikan
BalasHapusM.PANDU ERZA K
9E
terimakasih bu
BalasHapusRestu Aprilian 9e
Terimakasih bu
BalasHapusRafli rahmat dani 9D
Terima kasih bu
BalasHapusM.Faqih rahman 9E
Terimakasih Bu
BalasHapusDzakwan richy9D
Terima kasih bu
BalasHapusNajwa Azzukhrufiah
Kelas 9D
Terimakasih bu
BalasHapusSalsabila 9E