Selasa, 05 Desember 2023

KISI-KISI PAS IPA GANJIL KELAS 8

MAPEL   :  IPA

KELAS    : 8

MATERI   : KISI-KISI PAS IPA GANJIL

GURU PENGAMPU   : SEPTYANA FORI

WAKTU PEMBELAJARAN   : SELASA, 5 DESEMBER  2023

 

KISI-KISI PENULISAN SOAL PAS GANJIL 2023

Jenis Sekolah               :  SMP

Kelas                           :  VIII (delapan)

Kurikulum                   :  Kurikulum 2013

Jumlah Soal                 :  40 butir

Mata Pelajaran            :  IPA

Bentuk Soal/Tes          :  Pilihan Ganda

Alokasi Waktu            :  2 Jam

 

Kisi-kisi Penulisan Soal

No

Materi Pokok

Indikator Soal

Bentuk Soal

Nomor

Soal

Ket

1

2

3

4

5

6

1

Gerak pada Makhluk

Hidup

 

 

Disajikan gamba rtulang, siswa dapat mengelompokkan jenis tulang berdasarkan bentuknya

Pilihan Ganda

1

 

Disajikan tabel, Siswa dapat menentukan perbedaan otot polos, otot lurik, dan otot jantung

Pilihan Ganda

2

 

Siswa dapat menentukan jenis sendi berdasarkan aktivitas yang dilakukan oleh manusia

Pilihan Ganda

3

 

Disajikan data ciri-ciri gangguan pada system gerak manusia, siswa dapat menganalisis jenis gangguan tersebut

Pilihan Ganda

4

 

Disajikan teks informasi mengenai upaya menjaga system gerak manusia, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar berdasarkan teks informasi yang disajikan

Pilihan Ganda

5

 

Disajikan gambar jenis tanaman, siswa dapat menentukan jenis gerak pada tumbuhan

Pilihan Ganda

6

 

Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan kecepatan gerak hewan di darat

Pilihan Ganda

7

 

2

Gerak pada Benda

Disajikan teks informasi, siswa dapat menghitung kecepatan rata-rata suatu benda

Pilihan Ganda

8

 

Disajikan gambar/data mengenai penerapan GLBB dalam kehidupan, siswa dapat menentukan jenis gerak tersebut

Pilihan Ganda

9

 

Siswa dapat menghitung percepatan suatu benda menggunakan prinsip GLBB

Pilihan Ganda

10

 

Disajikan gambar percobaan menggunakan ticker timer, siswa dapat menentukan jenis gerak lurus berdasarkan data hasil percobaan

 

 

Pilihan Ganda

11

 

 

 

Disajikan gambar dan teks informasi tentang penerapan hukum newton dalam kehidupan, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar berdasarkan teks informasi tersebut

 

Pilihan Ganda

 

12

 

Disajikan gambar hewan, siswa dapat menganalisis penerapan gerak pada benda dan gerak makhlu khidup

Pilihan Ganda

13

 

3

Pesawat Sederhana

Disajikan gambar tuas, siswa dapat menghitung gaya yang dibutuhkan jika diketahui lengan beban, lengan kuasa, dan beban.

Pilihan Ganda

14

 

Disajikan gambar beberapa jeni stuas, siswa dapat mengelompokkan jeni stuas pertama, kedua, atau ketiga berdasarkan gambar tersebut.

Pilihan Ganda

15

 

Disajikan gamba rbidang miring, siswa dapat menganalisis penerapan penggunaan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari

Pilihan Ganda

16

 

Disajikan gambar katrol, siswa dapat menentukan jenis katrol berdasarkan gambar tersebut.

Pilihan Ganda

17

 

Disajikan gambar aktivitas manusia yang melibatkan kerja otot dan struktur rangka, siswa dapat menganalisis jenis pesawat sederhana yang bekerja pada aktivitas manusia tersebut

Pilihan Ganda

18

 

4

Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Disajikan gambaran atomi struktu rakar, siswa dapat menentukan fungsi dari bagian yang ditunjuk pada gambar tersebut.

Pilihan Ganda

19

 

Disajikan gambar irisan melintang batang dikotil, siswa dapat menentukan fungsi dari bagian-bagian jaringan pada batang.

Pilihan Ganda

20

 

Disajikan gambar anatomidaun, siswa dapat menentukanfungsi dari bagian-bagian jaringan pada daun.

Pilihan Ganda

21

 

Disajikan gambar struktur bunga, siswa dapat menentukan fungsi dan bagian dari gamba rtersebut.

Pilihan Ganda

22

 

Disajikan gambar dan data hasil percobaan fotosintesis, siswa dapat menganalisis data hasil percobaan dengan benar.

Pilihan Ganda

23

 

 

 

Disajikan gambar suatu teknologi yang terinspirasi dari struktur tumbuhan, siswa dapat menentukan bagian struktur tumbuhan yang menginspirasi teknologi tersebut.

Pilihan Ganda

24

 

5

Sistem Pencernaan Manusia

Disajikan table kandungan nutrisi makanan (komposisi kandungan per 100 gram), siswa apat menghitung kebutuhan protein dalam satu porsi makanan.

Pilihan Ganda

25

 

Disajikan data hasil percobaan uji makanan, siswa dapat mengidentifikasi jenis kandungan makanan berdasarkan data tersebut.

Pilihan Ganda

26

 

Siswa dapat menentukan urutan organ pada system pencernaan

Pilihan Ganda

27

 

Disajikan gambar, siswa dapat menentukan bagian organ system pencernaan yang menghasilkan salah satu jenis enzim pencernaan

Pilihan Ganda

28

 

Disajikan data ciri-ciri gangguan penyakit pada system pencernaan manusia, sisw adapat menentukan jenis gangguan tersebut

Pilihan Ganda

29

 

Disajian data upaya menjaga kesehatan system pencernaan, siswa dapat menentukan upaya yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan system pencernaan

Pilihan Ganda

30

 

6

Zat aditif dan adiktif

Disajikan gambar kemasan makanan, siswa dapat mengidentifikasi kandungan zat aditif buatan pada komposisi makanan tersebut.

Pilihan Ganda

31

 

Disajikan table macam-macam zat aditif alami, siswa dapat mengelompokkan jenis zat aditif alami berdasarkan fungsinya.

Pilihan Ganda

32

 

Disajikan data upaya pencegahan diri dari bahaya narkoba, siswa dapat menentukan langkah yang harus dilakukan dalam upaya pencegahan tersebut.

Pilihan Ganda

33

 

Disajikan teks informasi, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang bahaya merokok berdasarkan teks tersebut.

Pilihan Ganda

34

 

Disajikan data, siswa dapat menentukan dampak penggunaan salah satu jenis zat adiktif terhadap kesehatan.

Pilihan Ganda

35

 

7

Sistem Peredaran Darah

Disajikan data, siswa dapat menentukan salah satu jenis komponen darah berdasarkan cirri dan fungsinya.

Pilihan Ganda

36

 

Disajikan diagram proses pembekuan darah, siswa dapat menganalisis urutan proses yang terjadi pada diagram tersebut

Pilihan Ganda

37

 

Disajikan data/gambar, siswa dapat menentukan perbedaan urutan

peredaran darah kecil dan peredaran darah besar

 

 

Pilihan Ganda

38

 

Disajikan data ciri-ciri gangguan pada system peredaran darah, siswa dapat menentukan jenis gangguan tersebut.

Pilihan Ganda

39

 

Disajikan data tindakan preventif dalam upaya pencegahan gangguan system peredaran darah, siswa dapat menentukan upaya yang harus dilakukan.

Pilihan Ganda

40

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar