Rabu, 30 November 2022

Nama Guru             : Septyana Fori

Pelajaran                : IPA

Kelas                      : 8

Hari                        : Senin- Jum'at , 28 November - 2 Desember 2022   


KISI-KISI PENULISAN SOAL PAS

Materi : 1. Sistem Gerak pada makhluk Hidup

              2. Gerak pada benda      

              3. Pesawat sederhana

              4. Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

              5.Sistem pencernaan pada manusia

KD : 3.1 Mengidentifikasi fungsi rangka pada manusia

         3.2 Menganalisis gerak lururs pada benda bergerak.

         3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari

         3.4 Mengidentifikasi struktur bunga dan fungsinya

         3.5 Menganalisis proses pencernaan yang terjadi pada setiap organ pencernaan 


  Assalamualaikum wr wb

Anak-anak ibu yang sholeh dan sholeha apa kabarnya......baik ya, sudah mengerjakan sholat dhuha dan murojoah pagi ini...... Alhamdullilah. Baiklah anak-anak pagi ini yang akan ibu sampaikan tentang memahami tentang Kisi-kisi PAS, Silahkan kalian baca kisi-kisi di bawah ini tetap semangat dan jaga kesehatan terima kasih.

KISI-KISI  PENULISAN SOAL IPA

PAS SEMESTER GANJIL  KELAS VIII

TAHUN PELAJARAN 2022-2023

 

Jenjang sekolah                     : Sekolah Menengah Pertama

Jumlah soal                            : 40 BUTIR

Mata pelajaran                      :  IPA

Bentuk Soal/tes                      :  Pilihan ganda

Alokasi waktu                        :  120 menit

 

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

7

8

1.

Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak

Mengidentifikasi fungsi rangka pada manusia

Tulang

Disajikan beberapa pernyataan terkait fungsi pada sistem gerak pada manusia, peserta didik dapat menentukan fungsi dari rangka

C2

PG

2

Mengelompokkan jenis tulang pada manusia berdasarkan ukuran dan bentuknya

Tulang

Ditampilkan gambar tulang , peserta didik dapat mengelompokan tulang berdasarkan bentuk dan fungsinya

C2

PG

4

Mengidentifikasi jenis sendi pada manusia

sendi

Ditampilkan gambar aktivitas seseorang, peserta didik dapat menganalisis sendi yang bekerja pada saat melakukan aktivitas tersebut

C4

PG

1

Mengidentifikasi jenis dna struktur otot pada manusia

otot

Disajikan data hasil pengamatan struktur suatu preparat, peserta didik dapat mengidentifikasi organ yang memiliki struktutur yang sama dengan yang diamati

C3

PG

3

Mengidentifikasi berbagai gangguan pada sistem gerak manusia

Penyakit pada sistem gerak

Disajikan data dan gambar mengenai ciri-ciri gangguan pada anggota gerak, peserta didik menganalis jenis gangguan tersebut

 

 

 

C3

PG

5

Menganalisis upaya menjaga kesehatan sistem gerak

Upaya menjaga kesehatan sistem gerak

Disajikan gambar poster untuk menjaga kesehatan anggota gerak, peserta didik dapat menyebutkan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan sistem anggota gerak

 

 

C2

PG

6

Menganalisis berbagai gerak pada hewan di darat

Gerak pada hewan

Disajikan beberapa data hasil analisis gerak pada hewan didarat, peserta didik dapat menganalsis perbedaan kecepatan gerak  hewan didarat

C4

PG

7

Mengidentifiksan struktur anggota gerak hewan

Gerak pada hewan

Disajikan gambar beberapa hewan di darat, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan  struktur tubuh anggota gerak hewan

C2

PG

8

Menjelaksan macam-macam gerak pada tubuhan

Gerak tumbuhan

Disajikan gambar salah satu tanaman, peserta didik mengidentifikasi jenis gerak yang terjadi pada tumbuhan tersebut

C2

PG

9

Disajikan hasil pengamatan gerakan salah satu organ pada tanaman, peserta didik dapat menyimpulkan jenis gerak pada organ tanaman tersebut

C2

PG

10

2

Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup

Mengidentifikasi macam gerak lururs

GLB dan GLBB

Disajikan salah satu data hasil percobaan tentang gerak, peserta didik dapat menyimpulkan macam gerak yang dihasilkan oleh data tersebut

C2

PG

11

Menganalisis gerak lururs pada benda bergerak

GLB dan GLBBB

Disajikan grafik dan data hasil pengamatan dari kompetisi balap sepeda, peserta didik dapat menarik kesimpulan berdasarkan data dan grafik yang disajikan

C4

PG

13

Menghitung kecepatan

GLB dan GLBB

Disajikan data kecepatan terbang bururng. Peserta didik dapat menghitung waktu seekor bururng menangakap mangsanya

 

 

C4

PG

12

Mengidentifikasi penerapan hukum newton dalam kehidupan sehari- hari

Hukum Newton

Disajikan beberapa pernyataan peristiwa dalam kehidupan, peserta didik dapat menyimpulkan peristiwa yang disajikan kedalam hukum newton

C3

PG

14

Disajikan suatu peristiwa dan gambar suatu aktivitas dalm kehidupan, peserta didik dapat menyimpulkan peristiwa yang disajikan ke dalam hukum newton

C3

PG

16

Menganalisis pengaruh gaya terhadap gerak benda

Menghitung gaya

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menyimpulkan pengaruh gaya terhadap gerak benda

C3

PG

15

Disajikan sebuah informasi mengenai berat benda dibumi akibat pengaruh gravitasi bumi, peserta didik dapat menghitung berat benda akibat pengaruh gravitasi di bulan

C3

PG

17

Disajikan gambar dengan gaya yang bekerja pada benda tersebut, peserta didik dapat menghitung percepatan yang terjadi pada benda

C3

PG

18

3

Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapnnya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia

Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari

Jenis-jenis pesawat sederhana

Disajikan gambar suatu peralatan dan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis pesawat sederhana pada peralatan tersebut

C2

PG

19, 20, 21, 23

Menjelaskan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan seari-hari

Menghitung besar gaya dan keuntungan mekanis  pada pesawat sederhana

Disajikan fenomena beserta gambar yang menggunakan pesawat sederhana, peserta didik dapat menghitung besar gaya yang di butuhkan

C2

PG

22 dan 25

Disajikan suatu gambar pesawat sederhana, peserta didik dapat menentukan keuntungan mekanis dari pesawat sederhana tersebut

C2

PG

24

Mengidentifikasi pesawat sederhana pada kerja otot dan struktur rangka manusia

Mekanisme kerja otot dan rangka manusia

Disajikan suatu gambar dan aktivitas manusia yang melibatkan kerja otot dan struktur rangka, peserta didik dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang bekerja pada aktivitas tersebut

C3

PG

26

4

Mendeskripsikan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan

Mengidentifikasi struktur bunga dan fungsinya

Jaringan pada organ bunga

Disajikan gambar putik bunga, peserta didik dapat menentukann struktur dan fungsi dari putik

C2

PG

27

Mengidentifikasi jaringan penyusun akar

Jaringan pada akar

Disajikan gambar potongan melintang akar, peserta didik dapat menentukan jenis tumbuhan yang memiliki akar tersebut

C3

PG

28

Mendeskripsikan jaringan penyusun batang

Jaringan pada batang

Disajikan suatu fenomena dan gambar melintang batang, peserta didik dapat mendeskripsikan fungsi dari jaringan dan pertumbuhan yang terjadi

C4

PG

29

Mendskripsikan jaringan penyusun daun

Jaringan pada daun

Disajikan gambar struktur jaringan daun, peserta didik dapat menunjukan fungsi dari salah satu jaringan pada daun

C2

PG

30

Mendeskripsikan teknologi yang terinpirasi oleh struktur tumbuhan

Teknologi yang terinspirasi dari struktur tumbuahan

Disajikan gambar suatu teknologi yang terinspisai dari struktur tumbuhan, peserta didik dapat menentukan dan mendeskripsikan  bagian struktur tumbuhan yang menginspirasi teknologi tersebut

C4

PG

31

5

Menganalisis sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan

Mengidentifikasi pencernaan mekanik dan kimiwai

Pencernaan mekanik dan kimiawi

Disajikan suatu pernyataan tentang pencernaan mekanik dan kimiawi di salah satu organ pencernaan, peserta didik dapat menentukan enzim yang terlibat dalam proses pencernaan kimiawi pada organ tersebut

C2

PG

32

Menganalisis proses pencernaan yang terjadi pada setiap organ pencernaan

Organ pencernaan

Disajikan gambar organ pencernaan serta data proses pencernaan yang terjadi pada setiap organ, peserta didik dapat mengelompokkan proses pencernaan yang terjadi pada organ yang ditunjuk dengan benar

C2

PG

33

Organ pencernaan

Disajikan gambar organ pencernaan, serta menu makanan pagi seseorang, Peserta didik dapat menganalisis proses pencernaan yang terlibat dalam mencerna kandungan makanan

C4

PG

35

Mengidentifikasi kandungan zat gizi pada makanan

Zat Gizi pada makanan

Disajikan grafik kandungan gizi susu pada hewan ternak, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan gizi tertinggi pada hewan ternak

C4

PG

34

Mendeskripsikan berbagai gangguan penyakita pada sistem pencernaan dan upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan

Gangguan dan penyakit dan sistem pencernaan

Disajikan suatu fenomena penyakit, peserta didik dapat mendeskripsikan jenis penyakit dan upaya yang dpat dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut

C3

PG

36

6

Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan

Menyelidiki pewarna alami dan buatan

Macam-macam zat aditif

Disajikan wacana penggunaan pewarna dalam makanan, peserta didik dapat menjelaskan kandungan yang terdapat pada pewarna alami

C2

PG

37

Menyebutkan jenis-jenis zat aditif

Disajikan beberapa gambar bahan-bahan makanan, peserta didik dapat menyebutkan bahan-bahan yang termasuk ke dalam zat aditif

 

C2

PG

38

Menjelaskan dampak penggunaan zat adiktif bagi kesehatan

Zat adiktif

Disajikan data pengaruh zat adiktif bagi kesehatan, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri psikis terhadap pengguna salah satu zat adiktif

C2

PG

39

Menjelaskan beberapa upaya untuk menjaga diri dari bahaya narkoba

Upaya pencegahan Narkotika

Disajikan beberapa data perilaku baik dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menjelaskan perilaku yang dapat menghindarkan diri dari dampak negatif narkoba

C3

PG

40

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar