Kamis, 19 November 2020

 SUMBER ENERGI LISTRIK

IPA KELAS 9, Kamis, 19 NOVEMBER 2020

KD : Memahami konsep dasar listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan : Peserta didik diharapkan memahami konsep dasar listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari


Energi Angin  (Kincir Angin)

Indonesia adalah negeri yang telah dianuegarahi oleh Tuhan YME dengan kekayaan alam yang luar biasa, terbentang dari Sabang sampai Merauke. Baik itu potensi kekayaan alam yang bersumber hayati maupun yang non hayati. Suatu keniscayaan jika kita sanggup menghitung kekayaan alam itu, baik itu kekayaan laut, darat, udara, dan kekayaan alam lainnya.

Kekayaan alam negeri ini yang sangat berlimpah merupakan anugerah dari Allah SWT yang di amanahkan untuk rakyat Indonesia untuk dijaga dengan sebaik baiknya dan dijalankan demi kemakmuran rakyat Indonesia. Banyak cara untuk menjalankan amanah tersebut, antara lain dengan mengelola kekayaan alam dengan baik dan benar, serta tidak merusak lingkungan. Dengan demikian maka tujuan penciptaan kekayaan itu sebagai rahmatan lil alamiin dapat terwujud.

Salah satu potensi besar yang dimiliki Indonesia dari kekayaan alamnya, serta bisa kita kelola demi kelangsungan negeri ini adalah sumber energi. Sampai saat ini, Indonesia masih menjadikan minyak bumi, batu bara, dan gas alam sebagai produsen utama, yang mana seperti kita ketahui secara perlahan-lahan persediaannya mulai menipis. Sedangkan kekayaan negeri ini bukan hanya hasil tambang. 

PictureDokumentasi ENJ Semarang Salah satu potensi sumber energi yang bisa dikembangkan adalah potensi angin yang melimpah di kawasan pesisir Indonesia. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), potensi angin yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber energ mempunyai kecepatan diatas 5 m/detik dan itu berada pada 120 lokasi dan tersebar di wilayah Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Pantai Selatan Jawa.

Untuk dapat memanfaatkan potensi angin tersebut, maka minimalnya kita mesti mengetahui prinsip dasar pembangkit listrik tenaga angin. Dengan mengetahui prinsip – prinsap dasar itu, maka kita akan dapat mengaplikasikan dan mengoptimalkan potensi angin yang kita miliki.

Konsep dasar pemanfaatan potensi angin
Angin yang bergerak memiliki energi kinetik. Suatu sistem pemanfaatan energi angin dibangun untuk merubah energi yang dikandung oleh angin tersebut menjadi bentuk energi yang bisa digunakan untuk kepentingan tertentu.Energi angin tersebut bisa diubah menjadi energi mekanik, misalnya untuk menjalankan pompa air.Lebih lanjut energi mekanik tersebut bisa dirubah menjadi listrik.Pada pembangkitan listrik dengan memanfaatkan tenaga angin, putaran turbin dipakai untuk menjalankan generator. Skema Pembangkit Listrik Tenaga Angin digambarkan pada skema berikut :









1.
Turbin Angin.
Turbin angin (kincir dan generator) merupakan komponen utama untuk menkonversi energi kinetik angin menjadi listrik.
2. Unit pengontrol (controller)
Controller berfungsi mengubah arus listrik AC menjadi arus listrik DC (jika menggunakan generator AC).Serta mengontrol pengisian arus listrik ke dalam baterai agar tidak merusak baterai karena pengisisan aki yang berlebihan (over charging).
3. Baterai (aki)
Baterai akan menyimpan arus listrik yang dihasilkan generator listrik agar bisa digunakan setiap saat.
4. Inverter
Inverter berfungsi mengubah tegangan listrik DC 12V dari aki menjadi tegangan listrik AC 220V / 110V untuk peralatan rumah tangga yang bekerja pada tegangan 220V / 110V.

Faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam mengoperasikan pembangkit listrik tenaga angin adalah memilih lokasi yang secara topografi memungkinkan akumulasi energi. Dengan memanfaatkan potensi angin yang kita miliki ini, setidaknya merupakan solusi alternatif yang bisa diambil mengingat sampai saat ini masih ada 30.000 desa belum teraliri listrik (antaranews.com/510154).

 

Dibaca dan dipahami ya nak

Terima kasih

30 komentar:

  1. Terimakasih Bu
    Sherly arpansa 9f

    BalasHapus
  2. Terimakasih bu
    Hagista pratiwi 9F

    BalasHapus
  3. Terimakasih buk materi penjelasan tsb
    Affan fazle mawla 9G

    BalasHapus
  4. Terimakasih bu
    Kamila Rahma Dyanti 9f

    BalasHapus
  5. Terimakasih bu
    Dimas Adjie wicaksono 9f

    BalasHapus
  6. Terimakasih buk atas materinya bagas fadhil haryanto 9F

    BalasHapus
  7. terimakasih bu
    dagista bilibina ogata 9f

    BalasHapus
  8. Trimakasih bu atas materinya hari ini
    Aditya zikri 9G

    BalasHapus
  9. Terima kasih bu
    Naila nayyara 9g

    BalasHapus
  10. Terima kasih Bu
    Muhammad Rafif fahrawi 9f

    BalasHapus
  11. Terimakasih bu
    Muhammad rahmad dani 9f

    BalasHapus
  12. Terimakasih bu atas materinya
    Gama thorfa riyadi 9f

    BalasHapus
  13. terima kasih bu atas materinya
    Nico Akbar N 9G

    BalasHapus
  14. Terimakasih Bu
    Adimas Sandy Aryobimo 9F

    BalasHapus
  15. terimakasih bu atas materinya
    raya aurelli 9g

    BalasHapus
  16. terimakasih bu atas materinya
    naqqia nur azzahra 9G

    BalasHapus