Senin, 30 September 2024

KISI-KISI PTS IPA

MAPEL   :  IPA

KELAS   :  9

GURU PENGAMPU   :  SEPTYANA FORI

 

KISI KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)

TAHUN PELAJARAN 2024/2025

 

 

   Satuan Pendidikan    :  SMP Al Azhar 3 B. Lampung

   Mata Pelajaran          :  IPA

   Kelas/Semester         :  IX/1 (Ganjil)



     Alokasi Waktu          :  120 Menit

     Kurikulum                :  2013

     Bentuk Soal              :  40 PG

 

 

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

 


 

3.1

Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi, dan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi

Sistem reproduksi manusia

Disajikan data Peserta didik dapat menyebutkan organ reproduksi pada pria

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menjelaskan fungsi organ reproduksi pada pria

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menjelaskan tahapan perkembangan embrio

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menjelaskan fungsi organ reproduksi wanita

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menjelaskan fungsi organ reproduksi wanita

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menjelaskan fungsi organ reproduksi wanita

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menyebutkan fungsi organ reproduksi wanita

Pilihan ganda

 

 Peserta didik dapat menyebutkan istilah terhentinya proses menstruasi

Pilihan ganda

 

Pesrta didik dapat memahami terjadinya bayi kembar

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menganalisa tentang berbagai penyakit menular seksual (PMS )

 

Pilihan ganda

 

3.2

Memahami reproduksi pada tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup

Sistem Reproduksi Tumbuhan dan Hewan

Peserta didik dapat memahami perkembangbiakan aseksual pada tumbuhan

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menganalisa cara perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menjelaskan contoh Perkembangbiakan vegetative pada tumbuhan

Pilihan ganda

 

Disajikan data Peserta didik dapat menganalisa cara Perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan

Pilihan ganda

 

Disajikan data sekelompok hewan, Peserta didik dapat menentukan dapat menentukan jenis perkembangbiakan kelompok hewan tersebut

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menyebutkan ciri tumbuhan yg dapat melakukan penyerbukan secara generatif

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menyebutkan alat  perkembangbiakan generatif tumbuhan

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menentukan kelompok hewan yg mengalami metamorphosis sempurna

Pilihan ganda

 

Disajikan gambar sekolompok hewan, Peserta didik dapat menganalisa kelompok hewan yang perkembangbiakannya secara ovovivipar

Pilihan ganda

 

3.3

Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup

Pewarisan Sifat

Peserta didik dapat menyebutkan istilah dalam persilangan dengan dua sifat beda pada  pewarisan sifat

Pilihan ganda

 

Peserta didik dapat menentukan jumlah gamet dalam persilangan monohybrid

Pilihan ganda

 



 

Jumat, 27 September 2024

PERSILANGAN MONOHIBRID DAN DIHIBRID

MAPEL   :  IPA

KELAS   :  9

MATERI   : PERSILANGAN MONOHIBRID DAN DIHIBRID

PERTEMUAN   :  KE 2

GURU PENGAMPU   :  SEPTYANA FORI

WAKTU PEMBELAJARAN   : JUM'AT, 27 SEPTEMBER 2024

KD  :  3.3 Memahami konsep dasar tentang pewarisan sifat pada manusia yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya

TUJUAN   :  Siswa dapat memahami tentang pewarisan sifat

                      Siswa dapat memahami tentangperanan genetika bagi kehidupan

                      Siswa dapat memehami tentang persilangan monohibrid

                      Siswa dapat memahami tentang persilangan dihibrid

                      Siswa dapat memahami pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup

 

Alhamdulilah hari ini, kita bisa bertemu dalam pembelajaran IPA . Semoga dalam proses pembelajaran kita diberikan kemudahan dalam pemahaman amin …

Sebelum memasuki materi hari ini,  tak lupa ibu ingatkan untuk melaksanakan sholat dhuha dan marojaah .

Apa tujuan dari reproduksi nak, untuk melestarikan keturunannya

Agar kita terhindar dari penyakit reproduksi sebaiknya kita harus menjaga kebersihan, tidur teratur, tidak merokok, dan berolah raga  

Materi

Persilangan monohobrid adalah persilangan satu sifat beda. Contoh pada monohobrid adalah persilangan warna saja, bentuk saja atau ukuran saja. Persilangan dihibrid merupakan persilangan individu dengan dua sifat beda. Persilangan tersebut terdiri dari sifat warna-bentuk, warna-ukuran maupun bentuk-ukuran.  

Berikut ini Pada persilangan monohibrid

Keturunan mawar merah (MM) dan mawar putih (mm). jika keturunan pertaa saling disilangkan maka kemungkinan perbandingan genotip dan fenotip pada keturunan ke dua sebagai berikut:

Parental 1: merah  x  putih

Genotip: MM  x  mm

Gamet: M  x  m

Filial 1: Mm (merah)

Parental 2: merah  x  merah

Genotip: Mm  x  Mm

Gamet: M dan m  x  M dan m

Filial 2:

1 MM = merah

2 Mm = merah

1 m = putih

Maka dari persilangan tersebut dihasilkan perbandingan genotip:

MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1

Perbandingan fenotip:

Merah : putih = 3 : 1


Berikut ini contoh persilangan dihibrid

Bila jeruk berbuah manis kecil (MMbb) disilangkan dengan jeruk berbuah masam besar (mmBB). Maka keturunan ke dua jika keturunan pertama saling disilangkan adalah

Parental 1: manis kecil  x  masam besar

Genotip: MMbb  x  mmBB

Gamet: Mb  x  mB

Filial 2: MmBb (manis besar)

Parental 2: manis besar  x  manis besar

Genotip: MmBb  x  MmBb

Gamet: MB, Mb, mB, mb  x  MB, Mb, mB, mb

Filial 2:

1 MMBB = manis besar

2 MMBb = manis besar

2 MmBB = manis besar

4 MmBb = manis besar

1 MMbb = manis kecil

2 Mmbb = manis kecil

1 mmBB = masam besar

2 mmBb = masam besar

1 mmbb = masam kecil

Perbandingan genotipnya adalah:

MMBB : MMBb : MmBB : MmBb : MMbb : Mmbb : mmBB : mmBb : mmbb = 1 : 2 : 2 : 4 : 1 : 2 : 1 : 2 : 1

Perbandingan fenotipnya adalah:

Manis besar : manis kecil : masam besar : masam kecil = 9 : 3 : 3 : 1


Persilangan Dihibrid

Jika pada persilangan monohibrid kita hanya memperhatikan satu sifat beda saja, maka pada persilangan dihibrid kita akan memperhatikan dua sifat beda. Misalnya warna buah dan bentuk buah, warna buah dan rasa buah, dsb.

Pada persilangan dihibrid berlaku Hukum II Mendel karena pada saat pembentukan F2, alel-alel dari gen yang berbeda akan bergabung (mengelompok) secara bebas saat pembentukan gamet.

Perhatikan contoh berikut ini.

Persilangan antara biji bulat kuning (BBKK) dengan biji kisut hijau (bbkk). Biji bulat (B) dominan terhadap biji kisut (b) dan warna kuning (K) dominan terhadap warna hijau (k). Lakukan persilangan sampai mendapat F2!

Penyelesaian:

Persilangan Dihibrid dan Monohibrid pada Hukum Mendel - Biologi kelas 12-09
Sehingga, akan diperoleh F2 = bulat kuning (B_K_), bulat hijau (B_kk), kisut kuning (bbK_), kisut hijau (bbkk). 

Untuk perbandingan fenotipnya adalah sebagai berikut:

Perbandingan fenotip = bulat kuning : bulat hijau : kisut kuning : kisut hijau = 9 : 3 : 3 : 1. 

 

EVALUASI

Setelah mempelajari materi diatas silahkan jawab pertanyaan ini:

-Buatlah satu contoh persilangan monohibrid dan dihibrid

Dikerjakan dibuku latihan dan dikumpul

 

KESIMPULAN

- Penerapan teknologi adalah cara perkembangbiakan yang dilakukan dengan menggunakan peralatan tertentu untuk mendapatkan individu baru yang punya sifat dan karakter lebih baik dari pada induk secara cepat. 

- PEWARISAN sifat juga dikenal sebagai hereditas, merujuk pada penurunan karakter atau sifat-sifat dari orang tua atau induk kepada keturunan mereka. Pewarisan sifat melibatkan penyalinan sifat-sifat dari sel kelamin jantan dan sel kelamin betina ke keturunan mereka

 

 REFERENSI

-https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6069270/persilangan-monohibrid-dalam-hukum-mendel-i-pengertian-dan-contohnya 

- https://www.ruangguru.com/blog/biologi-kelas-9-persilangan-monohibrid-dan-dihibrid-pada-hukum-mendel

- https://mediaindonesia.com/humaniora/620324/pengertian-pewarisan-sifat-komponen-serta-prosesnya

- https://brainly.co.id/tugas/971296

 

 

INFORMASI NILAI GIZI

Mata pelajaran             : IPA

Fase/Kelas                   : D / VIII 

Materi                          :INFORMASI NILAI GIZI

Pertemuan                   : 5

Guru Pengampu          : SEPTYANA FORI

Waktu Pembelajran     : JUM'AT, 27  SEPTEMBER 2024


Capaian Pembelajaran :

Peserta didik mampu memahami proses identifikasi makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya, dan sistem organisasi kehidupan, fungsi, serta kelainan atau gangguan yang ada pada sistem organ mahkluk hidup


Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat memahami tentang 

- Kalori, nutrisi, dan zat aditif

- Menghitung besaran kalori yang dibutuhkan

- Mengidentifikasi jenis-jenis vitamindan informasi nilai gizi

- Menganalisis makanan yang dibutuhkan dan mengklasifikasikannya


Alhamdulilah hari ini, kita bisa bertemu dalam pembelajaran IPA . Semoga dalam proses pembelajaran kita diberikan kemudahan dalam pemahaman amin …

Sebelum memasuki materi hari ini,  tak lupa ibu ingatkan untuk melaksanakan sholat dhuha dan marojaah .

Sel merupaka unit terkecil dalam kehidupan

Bagian-bagian dari sel: vakuola, badan golgi, retikulum endoplasma, dan plastida 


Materi


Cara Membaca Informasi Nilai Gizi pada Kemasan - GGL

Informasi nilai gizi (nutrition facts) adalah label pada kemasan makanan atau minuman yang mencantumkan informasi terkait kandungan gizi produk tersebut. Label ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebagai konsumen untuk membeli suatu barang.

 

 Bagaimana cara membaca informasi nilai gizi?

Bagaimana cara membaca informasi nilai gizi?
Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Cara Membaca Informasi Nilai Gizi
Umumnya informasi nilai gizi suatu produk berdasarkan pada satu kali penyajian. Jika mengonsumsi produk tersebut lebih dari 1 kali penyajian, maka kontribusi jumlah asupan kalori dan semua nutrisi yang ada dalam produk tersebut akan lebih tinggi.

Kandungan lemak dalam satu kali penyajian

%AKG (Angka Kecukupan Gizi) memberikan informasi kontribusi produk tersebut terhadap kebutuhan sehari. Misalkan %AKG  menunjukkan nilai 20%, maka kebutuhan nutrisi tersebut sudah terpenuhi 20% bila dikonsumsi sesuai takaran saji.

Kandungan gula dalam satu kali penyajian

Kandungan natrium dalam satu kali penyajian

 

Untuk memudahkan dalam memahami cara membaca ING, simak tabel ING salah satu produk susu komersial berikut:

cara membaca label informasi nilai gizi

1. Takaran Saji

Takaran saji adalah jumlah produk pangan yang umumnya dikonsumsi dengan satu kali makan atau satu kali penyajian, serta dapat dinyatakan dengan satuan URT (Ukuran Rumah Tangga) yang sesuai dengan produk tersebut.

Contoh: Takaran saji 200 ml atau setara dengan 1 gelas

2. Jumlah Sajian per Kemasan

Jumlah sajian per-kemasan menunjukkan jumlah takaran saji yang terdapat dalam satu kemasan Pangan. Akan tetapi, pada kemasan produk pangan yang hanya berisi sajian tunggal, produsen tidak wajib mencantumkan jumlah sajian per-kemasannya

Contoh:

Isi bersih dalam satu kemasan produk susu di atas sebesar 1 liter atau 1000 ml susu, dengan takaran saji susu sejumlah 200 ml. Sehingga dalam satu kemasan susu tersebut ditujukan untuk 5 sajian per-kemasan.

3. Kandungan Gizi

Kandungan gizi yang dicantumkan pada label ING merupakan jumlah dalam satu kali penyajian.

Zat gizi yang wajib dicantumkan dalam ING diantaranya yaitu energi total, lemak total, protein, karbohidrat total, dan natrium.

Contohnya dalam satu sajian susu (200 ml), jumlah zat gizi yang akan kita peroleh yaitu 7 gram lemak dan 6 gram protein. Apabila kita mengonsumsi 2 sajian susu (400 ml), maka jumlah lemak dan protein yang kita konsumsi sebesar 14 gram dan 12 gram.

4. Angka Kecukupan Gizi (AKG)

%AKG adalah persentase kontribusi zat gizi dalam satu sajian produk, dibandingkan dengan jumlah kebutuhan zat gizi dalam sehari.

AKG dalam label ING umumnya dihitung berdasarkan kebutuhan energi untuk kelompok umum, yaitu 2150 kkal. Tentunya kebutuhan energi tersebut dapat berbeda-beda pada setiap individu, dapat lebih tinggi atau lebih rendah, sesuai dengan kebutuhannya.

Sebagai contoh, pada tabel di atas dituliskan bahwa persentase AKG kalsium 30%. Informasi tersebut dapat diartikan bahwa bagi seseorang dengan kebutuhan energi 2150 kkal, persentase kebutuhan kalsium harian sudah terpenuhi sebesar 30% ketika mengonsumsi 200 ml produk susu tersebut.

Manfaat Informasi Nilai Gizi bagi Konsumen

1. Untuk Masyarakat Umum

Beberapa manfaat adanya Label Informasi Nilai Gizi bagi konsumen, yaitu:

  • Konsumen memperoleh informasi yang terpercaya terkait dengan kandungan gizi dari setiap produk pangan kemasan.
  • Konsumen dapat membandingkan kandungan gizi dari produk yang berbeda
  • Konsumen menjadi lebih paham tentang produk yang akan dikonsumsi
  • Konsumen dapat mempelajari kandungan gizi dan informasi produk, serta dapat mengetahui apakah produk pangan tersebut sesuai dengan harga yang ditawarkan

Dengan adanya label tersebut, dapat memudahkan konsumen dalam membeli produk pangan kemasan yang ingin dikonsumsi sesuai dengan pilihan serta prioritas konsumen.

2. Konsumen dengan Kondisi Kesehatan atau sedang Menjalani Diet Tertentu

Bagi konsumen yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, atau sedang menjalani diet khusus, label Informasi Nilai Gizi dapat memudahkan para konsumen dalam memilih dan mengendalikan asupan zat gizi tertentu yang sedang dibutuhkan maupun dihindari. Konsumen dapat menggunakan informasi yang tertera pada label Informasi Nilai gizi untuk melindungi kesehatan tubuhnya.

Contohnya pada konsumen yang sedang membatasi jumlah asupan gula harian. Dengan membaca label Informasi Nilai Gizi, konsumen tersebut dapat mengetahui berapa jumlah sajian per-kemasan yang sebaiknya dikonsumsi, sehingga tidak melebihi batas maksimal asupan yang dibatasi setiap harinya.

 

EVALUASI

Setelah kalian membaca materi diatas silahkan menjawab pertanyaan dibawah ini 

- Jelaskan tentang klasifikasi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita

Dikerjakan dibuku latihan dan dikumpulkan


KESIMPULAN

- Kalori merupakan satuan energi yang kita gunakan untuk beraktivitas, sehingga besarnya kalori yang kita butuhkan harus disesuaikan dengan profil diri dan bagaimana pola kegiatan kita sehari-hari.

- kategori asupan harian dibagi menjadi tiga kategori, yaitu: 1) Kurang : di bawah 80% kebutuhan gizi per hari. 2) Baik : memenuhi 80-110% kebutuhan gizi per hari. 3) Lebih : di atas 110% kebutuhan gizi per hari.

- Kriteria Makanan Sehat

  • Karbohidrat. Kandungan karbohidrat bisa kita dapatkan dari beragam jenis makanan, seperti halnya kentang, ubi, gandum, beras merah dan jagung.
  • Protein. Tubuh manusia membutuhkan asupan protein 10-15% dari asupan protein harian.
  • Lemak.
  • Vitamin.
  • Kalsium.
  • Mineral.
  • Serat.
  • Air.

 

REFERENSI

- https://www.blogger.com/blog/post/edit/2406883864158330647/3519516015441112293

- https://gizigo.id/label-informasi-nilai-gizi/

- https://nilaigizi.com/